05 Mei 2018
Bagikan :

Diskusi dalam lingkungan pekerjaan adalah sesuatu hal yang lumrah dan lazim terjadi. Diskusi seputar pekerjaan antara rekan kerja, atau atasan dan bawahan umum terjadi untuk mencari solusi atau merumuskan sebuah rencana pekerjaan. Tetapi, tidak semua orang pandai berdiskusi. Tidak sedikit orang yang memilih diam dalam sebuah rapat kerja yang sibuk membahas sebuah permasalahan, karena alasan dia tidak bisa berdiskusi. Cemas, grogi dan tidak percaya diri adalah beberapa permasalahan yang biasanya membuat orang sulit berdiskusi dengan orang lain. Berikut adalah beberapa tips dan cara menerapkannya:

Ketahuilah Tujuanmu

Ladies, Pertama dan terpenting adalah cari tahu mengapa kamu melakukan percakapan atau diskusi ini. Niat kamu harus lebih dari sekadar mengeluarkan sesuatu dari perasaan kamu, yang menyiratkan dialog satu-sisi. Sebaliknya, kita harus menyertakan orang lain juga. Sehingga diskusi bisa sejalan dengan tujuan, dan tetap berfokus pada hasil dari percakapan. Buat garis besar apa yang ingin kamu capai dari diskusi dan alasan kamu untuk itu.

Memperhatikan Pesan Yang Disampaikan

Setelah kamu siap untuk melakukan percakapan, pastikan kamu tetap mendengarkan pada pesan-pesan kunci tersebut dan jangan biarkan diri kamu terpancing oleh emosi atau reaksi orang lain.

Dengarkan Secara Aktif

Artinya mengawasi apa yang sedang dikomunikasikan baik secara lisan maupun non-verbal. Misalnya, apakah bahasa tubuh mereka sesuai dengan apa yang mereka katakan? Saat merespons, pastikan kamu mempertimbangkan seluruh aspek.

Ajukan Pertanyaan

Dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sudut pandang mereka dengan mengajukan pertanyaan. Pertanyaan terbuka adalah yang terbaik untuk menarik tanggapan yang mendalam, sementara pertanyaan "mengapa" dapat memprovokasi sikap defensif dan harus dihindari.

Tunjukkan Empati

Cobalah untuk menempatkan diri kamu pada posisi orang lain dan berempati pada perasaan mereka. Hindari berbicara tentang diri kamu dan pengalaman kamu dan fokuslah pada dampak situasi untuk mereka secara khusus.

Nah ladies, itulah beberapa tips berdiskusi di tempat kerja sehingga menunjang karirmu. Yang paling penting adalah tetap percaya diri dan tampil cantik dalam menjalani hari. Hal tersebut penting untuk membantumu meraih mimpi setiap hari

Komentar (0)

related article