Adds
Adds
Rini Sugianto Sosok Perempuan Indonesia Di Balik Film Animasi Kelas Dunia
08 Maret 2018
Bagikan :

Siapa yang tidak tahu film “The Adventure of Tintin?”, “The Hobbit: An Unexpected Journey” dan “The Desolation of Smaug”? Hampir sebagian besar orang mengenal film-film tersebut. Kamu juga harus tahu, Ladiesbahwa ternyata salah satu animator (seseorang yang menggerakkan karakter digital atau karakter 3D menjadi hidup) dari film-film tersebut adalah seorang perempuan yang berasal dari Indonesia, lho! Perempuan cantik kelahiran 3 Januari 1980 asal Lampung ini bernama Rini Sugianto.

 

Rini Sugianto adalah lulusan sarjana arsitektur di Universitas Parahyangan, Bandung. Setelah Rini lulus, ia bekerja di suatu perusahaan pada bidang arsitektur. Melalui pekerjaannya saat itu, Rini diharuskan untuk mempelajari animasi digital3D untuk membuat bangunan. Saat mempelajari animasi digital3D, Rini mulai merasa tertarik pada bidang animasi sehingga ia memilih untuk melanjutkan kuliah jurusan animasi di Academy of Art University, San Fransisco, USA.

Pada awal memulai kuliahnya di jurusan animasi, Rini sempat ragu karena ia belum memiliki pengalaman yang mendalam di bidang animasi digital. Namun, setelah beberapa waktu mengikuti perkuliahan, Rini mulai benar-benar menyukai ilmu kreatif visual tersebut. Rini lulus kuliah jurusan animasi di tahun 2005 dan memulai karirnya sebagai Character Animator di Weta Studio, New Zealand milik Peter Jackson, sutradara dari film-film terkenal seperti “The Avengers”, “Iron Man 3” dan “Hunger Games: Catching Fire”.

 

Menurut Rini, memberikan kesan hidup pada karakter animasi tidak mudah. Seorang animator harus mampu memperhatikan hal-hal detil pada sebuah karakter. Untuk mampu memperhatikan hal-hal yang mendetil pada sebuah karakter, seorang animator harus bisa mengasah kemampuannya hingga akhirnya terbiasa.

 

Rini berhasil melewati masa-masa sulit bekerja sebagai Character Animator.Ia juga berhasil mengasah kemampuannya dan menjadi seorang yang sukses di bidang animasi digital. Kesuksesannya dapat dilihat dari beberapa animasi film terkenal yang dikerjakannya seperti film Ted 2 di Tippet Studio. Menurut Ben Von Zastrow, Technical Director Tippet Studio, keberadaan Rini dianggap membawa warna lain dalam dinamika bekerja.

 

Melalui kisah hidup Rini Sugianto, kita dapat menarik kesimpulan bahwa tidak ada suatu hal yang tidak mungkin. Kamu bisa raih mimpimu. Kuncinya adalah selalu berusaha, bekerja keras, terus berlatih dan jangan pernah menyerah.

 

Sumber gambar: voaindonesia

Komentar (0)

ads article