Adds
Adds
3 Posisi Tidur yang Ampuh Redakan Nyeri Punggung
18 September 2017
Bagikan :

Saat bekerja, tubuh seringkali berada dalam posisi yang salah dalam waktu yang cukup lama, baik posisi duduk maupun berdiri. Terkadang tanpa sadar kita juga mengangkat beban dengan cara yang salah, seperti membawa tas atau barang-barang lainnya. Kegiatan tersebut dapat menyebabkan cedera otot yang kemudian menimbulkan rasa nyeri pada punggung. Posisi tidur yang kurang tepat juga dapat memperparah nyeri punggung.

Berikut ini posisi tidur yang sebaiknya diterapkan untuk menghindari dan mengurangi nyeri punggung.

Posisi Telungkup

Tidur dengan posisi ini akan memberikan dampak langsung pada nyeri yang dialami punggung. Kamu bisa menopang badan dengan meletakkan bantal pada perut bagian bawah dan di bawah panggul. Jika masih kurang nyaman, kamu bisa tidur tanpa bantal di bawah kepala. Dengan posisi ini kamu dapat merasa lebih relax karena berat badan ditumpukan ke bantal yang kamu letakkan sebagai penyangga. Bantal tersebut juga dapat mendukung tubuh agar tidur dengan postur yang sesuai.

Baca Juga: Cara Unik agar Mudah Tidur Nyenyak

 

Posisi Menyamping

Dengan posisi tidur menyamping, punggung tidak akan tegang karena beban dari berat badan, sehingga punggung tidak akan terasa nyeri. Menempatkan bantal di antara sela lutut dan paha juga akan membuat posisi menyamping lebih maksimal dalam mengurangi nyeri punggung. Sebaiknya, tempat tidur memiliki permukaan yang tidak terlalu empuk. Permukaan yang terlalu empuk cenderung mengikuti postur tubuh, akibatnya walaupun posisi tidur sesuai postur tubuh yang keliru akan menimbulkan dampak pada bagian tubuh lainnya saat menyamping.

 

Posisi telentang

Ladies, jika kamu terbiasa tidur dengan posisi ini, cobalah menempatkan bantal di bawah paha sebagai gantinya. Pastikan juga penggunaan bantal untuk kepala diposisikan tepat di bawah leher.  Dengan dukungan bantal tersebut kurva normal dari punggung bagian bawah akan terbentuk dan bertahan lama sehingga punggung tidak akan terasa sakit. Kamu juga bisa menggunakan handuk kecil untuk penyangga paha sebagai alternatif bantal.

Selain mengoleskan balsem atau menempelkan koyo, memperhatikan postur tubuh dan posisi tidur juga penting untuk mengatasi nyeri punggung. Istirahat dan aktivitas yang seimbang juga dapat membantu menghindari nyeri pada punggung.

Komentar (0)

ads article