22 Agustus 2017
Bagikan :

Aktivitas olahraga yang kamu lakukan secara rutin pasti membuatmu semakin bugar dan bersemangat. Kamu pun makin termotivasi berolahraga bila memiliki aneka pakaian olahraga yang nyaman, karena pakaian olahraga akan membuat gerakanmu semakin leluasa.

Pakaian olahraga berkualitas biasanya dibanderol dengan harga mahal, karena menggunakan bahan khusus yang elastis dan menyerap keringat. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh sembarangan saat mencucinya ya, ladies. Ikuti cara-cara ini agar baju olahraga kesayanganmu tidak mudah rusak:

Jangan Dibiarkan Terlalu Lama

Pakaian olahraga yang sudah basah oleh keringat harus segera dicuci, agar pakaianmu tidak menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur. Keringat yang menempel lama pada pakaian juga bisa membuat warnanya berubah jadi kuning hingga akhirnya sulit dibersihkan.

 

Boleh Direndam Sebentar

Jika pakaian olahragamu sangat kotor dan bau, kamu bisa merendamnya dengan larutan air sabun selama 10 menit. Jangan merendamnya terlalu lama agar tekstur bahannya tidak rusak. Setelah 10 menit, kotoran yang melekat pada pakaian olahraga pun akan lebih mudah dibersihkan.

 

Cucilah dengan Air Dingin

Biasanya pakaian olahraga terbuat dari bahan elastis yang tidak tahan dengan air panas. Penggunaan air panas untuk mencuci pakaian olahraga justru bisa membuatnya jadi mudah melar dan rapuh. Cucilah pakaian olahragamu dengan air dingin yang temperatur maksimalnya kurang lebih 20 derajat Celcius. Cara sederhana ini akan membuat pakaian olahragamu senantiasa bersih dan tidak mudah rusak.

Selain itu, pakaian olahraga juga hanya perlu dicuci dengan tangan, sebab penggunaan mesin cuci beresiko membuat pakaian olahraga jadi sobek atau mudah melar.

 

Tidak Perlu Disetrika

Pakaian olahraga juga tidak perlu disetrika setelah kering. Tidak hanya anti kusut, bahan pakaian olahraga justru bisa rusak bila terkena setrika panas. Lipatlah pakaian olahraga dengan rapi agar nanti bisa kamu gunakan kembali saat beraktivitas fisik. Asalkan kamu sudah mencucinya dengan benar, kamu tidak perlu khawatir dengan keberadaan bakteri pada pakaian olahraga.

 

Kalau kamu berencana rutin berolahraga, berarti kamu sebaiknya menyiapkan budget khusus untuk pakaian olahraga. Nanti kamu tidak akan boros karena kamu sudah bisa merawat pakaian olahraga dengan cara yang benar.

Komentar (0)

related article