Adds
Adds
5 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Perut Secara Alami
05 Agustus 2017
Bagikan :

Gangguan kesehatan sekecil apa pun pasti bisa mempengaruhi produktivitasmu. Salah satunya adalah sakit perut. Meskipun kerap dianggap sepele, sakit perut biasanya membuat konsentrasimu hilang dan moodjadi tidak stabil.

Jangan panik dulu saat mengalami sakit perut, ladies. Kamu bisa mengatasinya secara efektif agar penyakit yang satu ini tidak mengganggu rutinitasmu. Selain minum obat atau menggunakan minyak gosok hangat, 5 makanan ini juga dapat membantu meredakan sakit perut secara alami:

Pisang

Menurut asisten gastroenterologi di Georgetown University Hospital, Robynne Chutkan, M.D., pisang adalah makanan yang baik untuk diare, karena kandungan potasium dalam pisang sangat dibutuhkan saat tubuhmu kekurangan cairan akibat diare atau muntah. Jangan ragu menyantap pisang untuk mengembalikan daya tahan tubuh ketika sakit perut.

 

Sup Hangat

Bila sakit perut mulai terasa menyiksamu, segeralah konsumsi semangkuk sup hangat. Kandungan air dan garam pada sup dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Temperatur hangat juga dapat mencegah kram perut dan gejala gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga: Makanan Ini Bisa Mengganggu Pencernaan

 

Nasi

Penelitian lain yang dilakukan oleh Amit Bhan, M.D., kepala pelayanan gastroenterologi di Henry Ford Health System, menemukan fakta bahwa nasi juga efektif menenangkan perut. Tubuh tidak butuh waktu lama untuk mencerna karbohidrat sederhana pada nasi. Bahkan nasi juga tidak memicu timbulnya asam lambung berlebihan.

 

Pepaya

Buah yang satu ini mengandung enzim proteolytic, papain,dan chymopapainyang baik untuk sistem pencernaan. Tidak hanya membuat perut terasa lebih nyaman, resiko sembelit pun dapat diminimalkan karena organ pencernaan bisa memproses zat makanan secara optimal tanpa menimbulkan tumpukan zat sisa pada usus besar dalam waktu lama.

 

Yoghurt

Bukan rahasia lagi kalau yoghurt, baik untuk sistem pencernaan. Kandungan probiotik pada yoghurt terdiri dari bakteri baik yang memperlancar sistem pencernaan. Yoghurt juga kaya kandungan protein dan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Varian produk yoghurt dengan aneka rasa juga tidak membuat kamu mudah bosan saat menyantapnya.

 

Yuk siap-siap ucapkan selama tinggal pada sakit perut yang menyiksa. Tubuh yang fit sepanjang hari akan membuat kamu semangat beraktivitas meski sudah ditunggu setumpuk kewajiban.

Komentar (0)

ads article