Adds
Adds
Menangkal Lapar Berlebihan Saat Puasa dengan 5 Makanan Ini
05 Juni 2017
Bagikan :

Bulan Ramadan adalah bulan berkah dan ibadah bagi umat Muslim. Menahan lapar dan dahaga sepanjang hari akan membuat metabolisme tubuhmu lebih stabil. Tetapi jangan sampai kamu kalap saat berbuka puasa, ya. Berbukalah secara perlahan-lahan agar tubuh beradaptasi dengan makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Terkadang rasa lapar berlebihan memang bisa membuat orang kalap saat berbuka. Tetapi jika kamu menyantap 5 makanan ini, rasa lapar berlebihan tersebut bisa teratasi dengan efektif :

Oatmeal

Bukan rahasia lagi kalau oatmealmengandung serat beta glucandan karbohidrat kompleks yang baik untuk sistem pencernaan. Jika kamu berbuka puasa dengan oatmeal, kamu pasti merasa lebih cepat kenyang dan tidak kalap menyantap makanan dalam jumlah banyak. Varian olahan oatmealjuga semakin beragam, mulai dari overnight smoothies,biskuit, bubur oatmealdengan rasa gurih, dan smoothies bowldengan buah.

 

Telur

Penelitian yang dilakukan di Amerian Society of Nutrition menyatakan bahwa makan telur akan membuatmu kenyang lebih lama. Hal ini dapat terjadi karena kandungan protein yang terdapat dalam telur. Protein tersebut akan dicerna dalam waktu lama sehingga kamu tidak cepat merasa lapar.

Baca Juga: Hal Kecil untuk Menambah Pahala Puasamu

 

Ikan

Ada kabar baik bagi kamu yang gemar makan ikan, karena ikan juga termasuk makanan yang mengenyangkan. Selain itu, ikan juga kaya akan omega 3 dan vitamin A yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan konsentrasi. Aneka olahan ikan laut atau ikan air tawar adalah pilihan menu berbuka puasa yang tepat. Agar lebih rendah lemak, kamu bisa mengolah ikan kesukaanmu menjadi hidangan panggang atau sup yang lezat.

 

Cokelat Hitam

Tidak sekadar lezat dan dapat mencegah bad mood, cokelat hitam juga kaya akan senyawa yang membuatmu kenyang lebih lama. Jangan ragu mencampurkan cokelat hitam dengan kadar gula rendah ke dalam aneka menu berbuka. Lebih hebatnya lagi, cokelat hitam dapat membantu menstabilkan nafsu makan dan menekan keinginan untuk menyantap makanan tinggi kalori. Wah, hebat sekali, ya.

 

Aneka Sayuran Hijau

Aneka jenis sayuran hijau seperti bayam, sawi, brokoli, dan kangkung kaya akan serat dan mineral. Jika tubuhmu mendapatkan asupan serat seimbang, maka kamu tidak akan cepat lapar. Bahkan sistem pencernaan pun akan terbebas dari sembelit karena kandungan serat tak larut pada sayur dapat membersihkan usus besar.

 

Nah, menangkal lapar berlebihan saat puasa ternyata mudah ya, ladies. Kamu pun akan tetap sehat dan tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan setelah bulan Ramadan. Selamat menjalani ibadah puasa dengan tubuh yang sehat!

Komentar (0)

ads article