22 Mei 2017
Bagikan :

Batik kini tidak lagi identik dengan kesan kuno dan ketinggalan zaman. Sudah banyak sekali variasi batik khas nusantara yang dipadukan dengan gaya busana modern. Sehingga kamu akan semakin memesona jika mengenakan batik ketika beraktivitas.

Kegemaranmu pada batik tentu membuatmu ingin memiliki batik dengan kualitas terbaik. Sayangnya, tidak sedikit batik kualitas rendah yang keberadaannya mengecoh pecinta batik. Agar kamu bisa mendapatkan batik kualitas terbaik yang kamu butuhkan, jangan lupa memperhatikan 5 hal ini ketika hendak membeli batik :

Batik Berbahan Katun

Batik berbahan katun adalah pilihan terbaik untukmu. Karena bahan katun terasa sangat nyaman dan mudah menyerap keringat. Jika kamu membeli batik berbahan katun, maka kamu tidak aka merasa kegerahan ketika mengenakannya. Namun kamu juga bisa memilih batik berbahan sutra yang penampilannya mewah dan cocok untuk acara pesta.

 

Potongan dan Jahitan Batik yang Rapi

Batik yang berkualitas memiliki potongan dan jahitan yang rapi. Bagian potongannya juga akan membentuk pola yang menyambung satu sama lain. Jangan sampai kamu membeli batik yang potongan dan jahitannya kurang rapi. Sebab hal ini juga bisa membuat batikmu jadi tidak awet ketika digunakan.

 

Jangan Lupa Mengecek Warna Kain Batik

Sebaiknya kamu memegang kain batik sesaat sebelum membelinya. Kain batik dengan kualitas unggul memiliki tekstur yang halus dan warnanya tidak menempel pada tangan. Sebaliknya, warna batik yang menempel pada tanganmu justru menunjukkan bahwa kualitas pewarna kain tersebut sangat rendah. Kamu tentu tidak mau kan batikmu mengalami luntur yang hebat ketika dicuci.

 

Melihat Kedua Sisi Batik Secara Keseluruhan

Pola batik yang sama pada bagian depan dan bawah menunjukkan bahwa batik tersebut memiliki kualitas yang baik. Batik tersebut dibuat dengan proses yang detail sehingga tingkat ketahanannya tentu lebih awet. Jika kamu menemukan batik yang pola kedua sisinya berbeda, alangkah lebih baik jika kamu mengurungkan niat untuk membeli batik tersebut.

 

Membeli batik tidak akan bikin kamu kapok lagi karena kini kamu sudah lebih mahir memilihnya. Mulai sekarang, lengkapi koleksimu dengan batik berkualitas agar kamu lebih hemat karena tak perlu sering membeli batik baru.

Komentar (0)

related article