Adds
Adds
Miliki Waktu Tidur yang Cukup Demi Mendapatkan 5 Manfaat Ini
08 Mei 2017
Bagikan :

Sesibuk apapun rutinitasmu, jangan sampai kamu mengabaikan waktu tidurmu setiap hari. Sebab tidur bukan sekadar istirahat belaka, melainkan salah satu cara alami untuk memulihkan kebugaran tubuhmu. Kurang tidur bisa membuat kualitas kesehatanmu menurun. Sehingga kamu jadi merasa kurang fit dan kurang bersemangat.

Jadi, kamu mesti memiliki waktu tidur yang cukup demi mendapatkan 5 manfaat berikut ini :

Membantu Mempertajam Daya Ingat

Ketika kamu tidur, otak akan bekerja untuk memilah memori yang penting untuk disimpan. Itulah sebabnya tidur dengan waktu yang cukup akan membuat daya ingatmu senantiasa baik. Kamu akan lebih fokus untuk mengingat hal-hal penting yang pernah kamu lakukan atau kamu alami.

 

Suasana Hati Senantiasa Stabil

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, waktu tidur yang cukup memang erat kaitannya dengan suasana hati. Orang yang kekurangan waktu tidur cenderung kesulitan mengatur suasana hati. Sehingga risiko marah dan bad moodmenjadi semakin besar kalau kamu kurang tidur. Hanya dengan waktu tidur yang cukup, suasana hati menjadi stabil dan membuatmu bersemangat sepanjang hari.

Baca Juga: 5 Cara Unik Lebih Mudah Tidur Nyenyak

 

Mudah Mengontrol Nafsu Makan

Tubuhmu membutuhkan banyak energi jika kamu kurang tidur. Hal ini akan membuat nafsu makanmu jadi sulit terkontrol. Sampai akhirnya risiko obesitas jadi meningkat. Sebaliknya, tidur dengan waktu yang cukup membuat tubuhmu lebih bugar dan siap beraktivitas. Kamu lebih mudah mengontrol nafsu makan karena tubuhmu tidak kekurangan energi.

 

Meminimalkan Risiko Kecelakaan Saat Beraktivitas

Manfaat yang satu ini erat kaitannya dengan konsentrasi. Ketika kamu memiliki waktu tidur yang cukup dan lebih mudah berkonsentrasi, maka kamu akan terhindar dari risiko kecelakaan. Kamu tidak akan mengalami kecelakaan kerja, kecelakaan saat berkendara, atau bentuk kecelakaan lainnya. Karena kamu senantiasa fokus saat bekerja dan lebih waspada terhadap gangguan yang muncul.

 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah penelitian tentang kaitan waktu tidur dan sistem kekebalan tubuh, ternyata orang-orang yang memiliki waktu tidur yang cukup cenderung punya sistem kekebalan tubuh yang baik. Risiko serangan penyakit menjadi lebih rendah jika kamu memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari. Kamu pun akan merasa lebih bugar dan semakin produktif saat beraktivitas.

 

Masih mau merelakan waktu tidurmu sampai tidak mendapatkan kelima manfaat tersebut?

Mulai hari ini sebaiknya kamu berkomitmen untuk memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari. Kalau kesehatan dan suasana hati terjaga, kamu pasti senantiasa produktif dan merasa bahagia ketika menjalani rutinitasmu.

Komentar (0)

ads article