05 Mei 2017
Bagikan :

Masa-masa haid memang kerap membuat perempuan merasa tak nyaman. Selain mengalami bad mood, keluhan lain seperti kram perut, tubuh pegal-pegal, dan nyeri pinggang pun tak dapat dihindari. Jika kamu kerap mengalami hal tersebut, jangan menyerah dengan kondisi tubuhmu ya, ladies.

Kini kamu bisa mengatasi keluhan haid dengan mengonsumsi 7 jenis makanan bergizi nan lezat ini :

Cokelat

Mayoritas perempuan menyukai cokelat. Tak sekadar lezat, cokelat juga mengandung magnesium dan jenis mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh. Bahkan cokelat juga dapat meningkatkan produksi serotonin yang bisa membuat mood jadi lebih stabil.

 

Buah Pisang

Kebutuhan mineral bagi tubuh juga dapat dipenuhi jika kamu rajin mengonsumsi pisang. Karena pisang mengandung vitamin B6, potassium, dan kalium yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi pisang dengan porsi seimbang juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga: Olahraga yang Dapat Meringankan Nyeri Haid

 

Aneka Jenis Ikan

Kalau kamu menyukai aneka jenis ikan, maka kamu mesti melanjutkan kebiasaan menyantapnya saat haid. Kandungan omega 3 dalam ikan sangat bermanfaat untuk relaksasi otot. Risiko kram perut pun dapat diminimalkan jika kamu rutin mengonsumsi ikan dengan porsi seimbang.

 

Kacang-Kacangan

Camilan berupa kacang-kacangan adalah pilihan tepat saat menstruasi. Kandungan vitamin E pada kacang-kacangan akan menjaga keremajaan kulit dan meminimalkan risiko sakit kepala akibat perubahan hormon. Agar tidak menimbun kalori berlebihan, sebaiknya kamu mengonsumsi kacang yang dipanggang atau dikukus ya, ladies.

 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan sumber zat besi terbaik bagi kaum perempuan. Selama masa haid, tubuh membutuhkan asupan zat besi untuk menggantikan zat besi yang keluar bersama darah haid. So, mengonsumsi sayuran hijau yang segar bisa menjadi solusi untuk mencegah kekurangan zat besi.

 

Buah Berry

Keluarga buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry ternyata juga baik untuk dikonsumsi selama haid. Kandungan anti oksidan pada buah berry membuat daya tahan tubuh tetap baik. Kamu pun tak mudah merasa lelah atau terserang penyakit ketika haid bila kamu rajin mengonsumsi buah berry.

 

Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, domba, atau jenis daging lainnya juga merupakan sumber zat besi terbaik bagi tubuhmu. Kamu tak perlu khawatir menimbun lemak berlebihan jika mengonsumsi daging merah. Asalkan kamu mengonsumsinya dengan porsi seimbang dan menyingkirkan bagian lemaknya terlebih dahulu, daging merah tak akan menimbulkan gangguan kesehatan.

 

Kaum perempuan modern yang pandai merawat diri tentu bisa menghindar dari gangguan kesehatan saat haid. Mari menjalani masa haid dengan tubuh bugar dan semangat prima agar rutinitasmu tidak terganggu!

Komentar (0)

related article