Adds
Adds
Terungkap! 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Bisa Memicu Migrain
03 April 2017
Bagikan :

Pernahkah kamu mengalami migrain yang menyiksa, ladies?

Migrain atau sakit kepala sebelah memang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Saat migrain sudah menyerang, maka kamu jadi kesulitan untuk beraktivitas dengan penuh konsentrasi. Hal ini bisa menyebabkan rutinitasmu jadi terbengkalai dan moodpun menjadi tidak stabil.

Faktanya, migrain tidak hanya disebabkan oleh stres atau penurunan daya tahan tubuh. Lima jenis makanan berikut ini juga bisa memicu timbulnya migrain :

Produk Olahan Daging

Produk olahan daging siap santap seperti kornet, sosis, atau daging asap memang sedap dan praktis. Namun menurut penuturan seorang ahli syaraf di Columbia Doctors, Rebecca Traub, MD., produk olahan daging bisa memicu migrain, karena biasanya produk-produk tersebut menggunakan sodium nitrat sebagai salah satu bahan pengawet. Zat pengawet tersebut diduga menyebabkan perubahan zat kimia di otak sehingga dapat menimbulkan sakit kepala.

 

Keju yang Sudah Berumur Tua

Zat tiramin yang terkandung dalam keju adalah penyebab timbulnya migrain. Semakin tua umur keju, maka semakin banyak pula kandungan tiraminnya. Ternyata tiramin bukan hanya ditemukan pada keju saja, melainkan juga terdapat pada aneka jenis makanan yang diawetkan seperti acar, kismis, dan sup dalam kaleng.

 

MSG

Kamu tentu tidak merasa asing dengan MSG (Monosodium Glutamat). Zat yang satu ini memang kerap digunakan sebagai bahan pelezat makanan. Berdasarkan studi tentang makanan yang dilakukan pada tahun 2008, 2,5% kondisi sakit kepala bisa dipicu oleh konsumsi MSG. Untuk mencegah sakit kepala akibat MSG, sebaiknya kamu mulai memasak sendiri makananmu, sehingga kamu bisa membuat aneka makanan sehat dan lezat tanpa tambahan MSG.

 

Kafein

Bukan hanya kopi saja yang mengandung kafein. Ada pula jenis minuman lain yang juga terdiri dari kafein, yaitu teh dan minuman bersoda. Batas toleransi tubuh seseorang terhadap kafein tentu berbeda dengan orang lain. Ada orang yang mudah mengalami migrain saat mengonsumsi kafein dalam porsi kecil, tetapi ada pula yang tidak. Kini kamu wajib mengenali dirimu sendiri agar tidak mudah mengalami migrain karena minuman kesukaanmu.

 

Alkohol

Orang-orang yang sensitif terhadap kandungan alkohol juga memiliki sensitivitas yang sama terhadap cokelat atau makanan lain yang mengandung alkohol. Jadi, sebaiknya kamu menghindari makanan yang diproses dengan cara fermentasi, karena jenis-jenis makanan tersebut juga bisa memicu migrain.

 

Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Mulai sekarang, kamu pasti lebih sigap mencegah migrain akibat pengaruh makanan agar tubuhmu senantiasa dalam kondisi prima. Semangat beraktivitas pun akan bikin kamu makin produktif dan kreatif!

Komentar (0)

ads article