20 Februari 2016
Bagikan :

Tidak ada manusia normal yang senang dengan patah hati. Namanya juga patah hati, maka hati kita seperti benar-benar dipatahkan dari segala kebahagiaan. Rasanya sangat menyakitkan, bahkan saat mengambil nafas sekalipun. Kamu akan merasa tak berdaya dan tidak bisa melewatinya. Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tidak terus terpuruk dalam kesedihan :

1. Luapkan kesedihan kamu
Putus cinta adalah hal yang sangat menyedihkan. Jangan ragu untuk mengeluarkan kesedihan dari diri kamu. Semakin lama kamu mengingkari kesedihan, semakin lama juga kamu terperosok di dalamnya. Kamu bebas menangis sampai kamu merasa cukup. Curhat kepada keluarga atau sahabat terdekatmu jika itu dapat membuatmu lebih tenang. Buang perasaan kesedihan kamu agar perasaan sedih segera tergantikan dengan perasaan yang lebih menyenangkan. 

2. Putuskan hubungan
Berikan dirimu sendiri jarak dari orang tersebut. Hapus kontak si dia dari handphone kamu agar tidak tergoda untuk mengiriminya pesan. Block atau hindari media sosialnya agar kamu tidak tergoda untuk stalking si dia. Kelihatannya memang seperti anak-anak, tapi inilah cara terbaik agar kamu tidak teringat dengannya terus menerus. Jangan menanyakan kabarnya dan menghindarlah dari segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Dengan begini kamu bisa melupakannya secara perlahan-lahan.

3. Ikhlas memaafkan
Ikhlas dan belajarlah menerima segala sesuatu yang telah terjadi. Belajarlah memaafkan apa yang telah dilakukan atau tidak dilakukan oleh si dia. Jangan pula menyalahkan diri kamu atas apa yang terjadi dalam hubungan. Semuanya sudah berlalu, daripada menyalahkan diri sendiri lebih baik memperbaiki hal-hal negatif yang pernah dilakukan. Apa yang terjadi telah terjadi , tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk mengubahnya. Jadi terimalah apa saja yang telah terjadi, move on dan pikirkan hal-hal kedepannya.

4. Cintai dirimu sendiri
Jika bukan kamu yang mencintai dirimu sendiri, lalu siapa lagi? Belajarlah mencintai dirimu sendiri, Ladies. Lakukan apa saja yang bisa membuatmu bahagia. Hang out dan shopping bersama teman-teman, makan kue sebanyak-banyaknya atau berlibur juga bisa kamu lakukan. Lakukan hal baru yang belum pernah kamu lakukan. Kamu juga bisa ambil kursus atau mencari hobi baru yang akan kamu senangi. Isilah kebahagiaan dalam hatimu yang sempat kosong karena patah hati.

Hidup selalu berputar dan tidak selamanya selalu senang, tapi begitu juga dengan kesedihan, tidak selamanya kita merasakan sedih. Percayalah semuanya akan berlalu dan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Seorang psikolog di Washington, DC, Marsha Lucar berkata  "Setelah putus cinta, Anda akan menemukan kembali hal-hal tentang diri Anda yang mungkin sempat Anda lupakan," Jadi segeralah bangkit dan jangan patah semangat ya, Ladies! (NP/ES)

Komentar (0)

related article