Adds
Adds
5 Alasan yang Membuatmu Harus Membatasi Konsumsi Garam
23 Desember 2016
Bagikan :

Beberapa tahun belakangan ini jumlah penderita hipertensi di Indonesia kian meningkat. Selain disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, penyakit yang satu ini juga diakibatkan oleh konsumsi garam yang berlebihan. Konsumsi garam berlebihan tidak hanya menyebabkan hipertensi saja. Lima alasan ini juga membuat kamu harus membatasi konsumsi garam mulai sekarang.

Mau tahu apa saja alasannya? Ini dia ulasannya!

Risiko Stroke Semakin Besar

Kondisi hipertensi yang dibiarkan berlarut-larut ternyata dapat memicu timbulnya stroke. Biasanya stroke diakibatkan oleh penyumbatan atau kebocoran pembuluh darah sehingga fungsi syaraf terganggu. Demi menghindari penyakit ini, penderita hipertensi harus menjaga tekanan darahnya agar tetap stabil setiap saat.

 

Kelebihan Garam Juga Berhubungan dengan Jantung

Kelebihan garam yang menyebabkan hipertensi juga erat kaitannya dengan penyakit jantung, karena tekanan darah tinggi membuat darah menjadi lebih kental dari biasanya. Untuk mengatasi hal ini, jantung mesti bekerja ekstra keras ketika memompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Lama-kelamaan, fungsi jantung akan melemah karena bekerja terlalu keras. Penyakit jantung koroner dan gangguan jantung lainnya pun akan menghampiri.

 

Sistem Pencernaan Juga Bisa Terganggu

Kadar garam berlebihan pada tubuh ternyata juga dapat mengurangi jumlah pepsin (enzim pencernaan) pada lambung. Akibatnya, tingkat keasaman lambung akan meningkat dan berpotensi menyebabkan gangguan lambung hingga diare.

 

Osteoporosis

Orang dewasa membutuhkan kalsium untuk mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Sayangnya, konsumsi kalsium akan sia-sia jika jumlah garam yang masuk ke tubuh tergolong berlebihan, karena garam akan menghambat proses penyerapan kalsium pada tubuh. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka risiko penyakit osteoporosis pun akan meningkat. Tulang jadi keropos dan mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan seperti rentan patah tulang, sukar bergerak, hingga tubuh bungkuk.

 

Gangguan Fungsi Ginjal

Ketika tubuh mengalami kondisi kelebihan garam, maka ginjal akan kesulitan untuk menyaring cairan tubuh karena pengaruh kadar garam tersebut. Bila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, maka ginjal akan mengalami penurunan fungsi dalam menyaring cairan tubuh. Lebih parahnya lagi, risiko penyakit gagal ginjal bisa menjadi dampak paling buruk dari kondisi ini.

 

Untuk menjaga kesehatan diri sendiri, sebaiknya kamu mulai membatasi konsumsi garam dari sekarang. Nantinya kamu akan terbiasa menyantap makanan dengan kadar garam rendah. Masih ada aneka jenis rempah yang bisa kamu andalkan untuk melezatkan makanan lho, ladies.

Komentar (0)

ads article