Adds
Adds
SADARI, Langkah Sederhana Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini
20 Desember 2016
Bagikan :

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menakutkan bagi kaum perempuan. Biasanya penyakit mematikan yang satu ini baru disadari setelah mencapai stadium lanjut. Padahal sebenarnya perubahan kondisi tubuh yang disebabkan oleh kanker payudara sudah bisa dideteksi sedini mungkin. Namun sayangnya, kaum perempuan Indonesia masih belum mendapatkan informasi memadai tentang deteksi kanker payudara sejak dini.

Sebuah gerakan sederhana untuk memperhatikan kesehatan payudara dikenal dengan sebutan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). SADARI bisa dilakukan oleh semua perempuan dalam kurun waktu 7 hingga 10 hari setelah masa menstruasi :

Berdasarkan rekomendasi oleh Yayasan Kanker Indonesia, prosedur SADARI terdiri dari beberapa langkah sederhana berikut ini :

Berdiri Tegak dan Mengamati Bentuk Puting

Cobalah untuk berdiri tegak dengan kedua tangan sejajar di samping tubuh. Amati bentuk payudara dan putingmu. Pada umumnya bentuk payudara perempuan memang tidak simetris pada bagian kiri dan kanan. Tetapi kamu bisa mengamati bentuk putingmu. Lihatlah apakah ada perubahan pada puting misalnya bentuk yang tidak beraturan, timbul benjolan, atau warna puting yang berbeda dari biasanya.

 

Mengecek Payudara Saat Mengangkat Lengan

Selanjutnya, angkatlah kedua lenganmu ke atas dan arahkan ke belakang kepala hingga sikumu terlihat menonjol. Lalu amati otot-otot di sekitar kedua payudaramu. Payudara yang sehat tentu memiliki bentuk yang bulat seimbang tanpa benjolan, tidak berkerut, dan tidak memiliki ruam. Kamu harus waspada jika terdapat benjolan pada salah satu atau kedua sisi payudaramu.

 

Meraba Payudara dengan Kedua Tanganmu

Setelah mengamati bentuk payudara dalam kondisi berdiri tegak dan mengangkat lengan, jangan lupa pula untuk mengecek kondisi payudara dengan cara merabanya. Gunakan kedua tanganmu untuk meraba payudara secara perlahan-lahan. Cermati apakah ada perbedaan bentuk atau benjolan pada tekstur payudaramu. Kemunculan benjolan atau bentuk payudara yang tidak merata adalah salah satu indikasi penyakit kanker payudara stadium awal. Jika kamu menemukan perbedaan bentuk yang ganjil pada payudaramu, sebaiknya kamu lekas memeriksakan kondisi kesehatanmu ke dokter secara intensif.

 

Kriteria Puting Payudara yang Sehat

Dalam kondisi tidak hamil dan tidak menyusui, puting payudara yang sehat tidak akan mengeluarkan cairan atau darah. Ketika kamu menekan putingmu saat memeriksakan kesehatan payudara, pastikan bahwa tidak ada cairan yang keluar dari puting. Selain itu, puting yang sehat juga tidak akan mengalami ruam, rasa sakit, atau perubahan bentuk jika ditekan secara lembut.

 

Langkah-langkah pemeriksaan payudara secara sederhana ini sangat mudah untuk dipraktikkan di rumah. Bila kamu tidak ingin langsung memeriksakan kondisi kesehatan payudaramu di dokter, maka sebaiknya kamu berinisiatif melakukan SADARI di rumah ya, ladies.

Risiko kanker payudara yang membahayakan kesehatan bisa diatasi jika sudah terdeteksi sedini mungkin.

Komentar (0)

ads article