13 Februari 2016
Bagikan :

Seringkali kita memfokuskan diri pada perawatan wajah agar selalu tampak cantik, tapi sedikit sekali yang memperhatikan kulit leher. Padahal, bagian leher adalah bagian pertama yang lebih cepat keriput, elastisitasnya menurun, serta menampakkan tanda penuaan lain yang lebih cepat dari area mana pun. Hal ini disebabkan karena kulit pada area leher lebih tipis dibandingkan dengan kulit wajah, yang rentan akan kerusakan.

Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit leher :
1. Lakukan pijatan pada leher
Pijit leher menggunakan telapak tangan dan bergerak vertical dari bawah ke atas. Memijat dengan gerakan memutar atau turun ke bawah dapat merusak kulit leher kamu. Gunakan minyak saat memijat agar kulit leher dapat beregenerasi dengan baik. Memijat leher cukup 10 sampai 15 menit saja karena lebih dari itu mampu membuat kulit leher kaku.

2. Gunakan masker di leher
Gunakan masker leher 2-3 kali seminggu agar tetap bersih dan kencang. Masker dari bahan pisang, apel dan alpukat bekerja baik untuk kulit leher kamu. Saat memakai masker leher, jangan biarkan sampai mengering sepenuhnya karena mampu membuat kulit leher ikut menjadi kering. Tapi kalau Ladies memakai masker dari bahan buah-buahan, lebih baik dibiarkan hingga kering.

3. Pengelupasan dan scrubbing
Biasakan mengeksfoliasi (melakukan pengelupasan) serta menggosok kulit area leher sebanyak 2-3 kali seminggu untuk membuang sel-sel kulit mati. Selain itu, perawatan ini bermanfaat meningkatkan daya serap kulit terhadap bahan perawatan leher tersebut. 

4. Perhatikan bahan pakaian
Hindari bahan kain wol, sequin, atau rajutan yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan merusak jaringan kulit. Leher kerap gatal, iritasi atau kemerahan karena pakaian yang memicu alergi atau sensitivitas kulit.

5. Perhatikan posisi tidur
Saat tidur cukup gunakan satu bantal saja untuk menjaga posisi leher agar tetap lurus sepanjang malam sehingga terhindari dari kerutan permanen. Menumpuk dua bantal akan menyebabkan leher tertekuk dan menimbulkan lipatan di area leher.

Mulai sekarang biasakan merawat kulit daerah leher ya, Ladies. Kamu juga bisa menggunakan pelembab wajah dan sunscreen ke kulit leher agar tetap lembab dan terlindung dari sinar matahari. (NP/ES)

Komentar (0)

related article