Adds
Adds
5 Cara Ampuh Ini Membuat Temanmu Segera Membayar Utang
21 September 2016
Bagikan :

Sesekali kesal dengan teman itu wajar, ladies. Apalagi jika perangai temanmu memang menyebalkan. Salah satu perangai menyebalkan yang bisa bikin kamu gerah adalah kebiasaan sulit bayar utang.
Rasanya susah sekali menagih utang dengan teman. Tetapi kamu tidak perlu resah. Mari mencoba 5 cara ampuh ini supaya pinjaman yang kamu berikan bisa dikembalikan oleh si teman menyebalkan.


Tidak Perlu Ragu untuk Mengingatkannya
Jangan berburuk sangka dulu terhadap temanmu. Siapa tahu dia memang pelupa sampai ia lalai membayar utang. Jika ini baru pertama kalinya, maka kamu bisa mengingatkannya tentang utang tersebut secara halus. Orang yang benar-benar lupa akan merasa bersalah dan bukan mustahil segera membayar utangnya saat itu juga.


Meminta Traktiran Darinya
Bila selama ini kamu sudah putus asa dengan temanmu yang tidak kunjung bayar utang, masih ada cara lain. Sewaktu kamu pergi makan, berbelanja, atau jalan-jalan dengannya, mintalah dia untuk membayarkan makanan atau belanjaanmu. Nanti kalau dia menagih pengeluarannya, katakan saja bahwa dia juga masih punya utang kepadamu. Mungkin terdengar agak kejam ya, tetapi hal ini cukup efektif lo, ladies.


Curhat Tentang Kondisi Keuanganmu
Cara menagih utang yang satu ini terbilang halus dan sopan. Kamu bisa menceritakan kondisi keuanganmu yang sedang tidak stabil dan membutuhkan banyak dana. Kalau temanmu tampak tidak sadar juga dengan maksudmu, kamu bisa menagihnya dengan kalimat yang terdengar sopan.
“Kira-kira uang yang kamu pinjem waktu itu udah bisa aku pake blom, ya?”


Menyapanya Setelah Gajian
Sambutlah wajah sumringah teman yang baru gajian dengan senyum dan sapaanmu.
“Wah, kamu lagi banyak duit nih kayaknya abis gajian.”
Jika temanmu berniat baik untuk membayar utang, sudah pasti dia tidak akan lupa dengan kewajibannya. Tetapi kalau sekiranya dia malah cuek kepadamu, kamu bisa melanjutkan kalimat tersebut untuk menagih utang secara halus.


Jika Kamu Merasa Benar-Benar Kehabisan Cara
Masih ada satu cara terakhir bila kamu sudah hampir putus asa menagih utang. Katakan saja kepada temanmu bahwa kamu akan menagih utangnya ke orang-orang terdekatnya, bisa kepada pasangan, orang tua, atau kakak. Jika temanmu khawatir dengan tindakanmu, dia pasti akan segera mencegahmu dan memutuskan untuk langsung bayar utang.

So, jangan sampai utang teman malah membuatmu terbebani dan merasa kesal, ya. Sebaiknya kamu berpikir masak-masak sebelum meminjamkan uang kepada temanmu. Sehingga kamu tidak perlu merasa kerepotan menagih utang di kemudian hari.

Komentar (0)

ads article