17 September 2016
Bagikan :

Tren baju brokat sepertinya tidak pernah berlalu di kalangan perempuan Indonesia. Maklum saja, baju yang dihiasi brokat memang tampak elegan dan mewah ketika dikenakan. Kini variasi brokat modern yang bergaya muda juga kian digandrungi.
Jika kamu punya baju brokat kesayangan, tentu kamu ingin merawatnya dengan baik supaya tidak lekas rusak. Jangan bingung mengenai cara merawat baju brokat tersebut. Lakukan 5 hal praktis ini untuk menjaga baju brokatmu.


Membersihkan Noda pada Baju Brokat
Baju brokat yang terkena noda memang sukar dibersihkan. Namun kamu bisa menggunakan air perasan jeruk nipis untuk menyiasatinya. Teteskan air perasan jeruk nipis pada bagian yang terkena noda. Diamkan selama beberapa saat sebelum kamu mencucinya seperti biasa dengan deterjen. Kandungan asam alami dari air jeruk nipis akan membuat noda di baju jadi mudah hilang.


Jangan Merendam Baju Brokat Terlalu Lama
Merendam baju brokat terlalu lama bisa mengakibatkan tekstur brokat menjadi rapuh. Oleh sebab itu, kamu hanya butuh waktu 10 menit saja untuk merendamnya. Setelah 10 menit, segera cuci baju brokatmu hingga bersih.


Tidak Perlu Menggunakan Mesin Cuci
Perputaran mesin cuci yang terlalu kencang bisa membuat baju brokat menjadi rentan sobek. Hal ini bisa terjadi karena serat-serat baju semakin rapuh. Untuk mencegah hal ini, cucilah baju brokatmu dengan menggunakan tangan. Kamu cuma perlu menguceknya secara perlahan-lahan hingga seluruh bagian baju menjadi bersih dan siap dibilas.


Cara Tepat Menjemur Baju Brokat
Karena teksturnya yang tipis, kamu tidak butuh waktu lama untuk mengeringkan baju brokat. Gantunglah baju brokat dengan gantungan baju dan jemurlah di tempat yang teduh. Mengangin-anginkan baju brokat akan membuat baju tersebut jadi kering sempurna dan tidak rapuh karena sengatan sinar matahari.


Menghalau Ngengat Pengganggu
Serangan ngengat pengganggu membuat baju brokatmu jadi mudah rapuh bahkan bolong. Solusinya, gunakan kapur barus khusus pakaian pada lemari bajumu. Selain itu, kamu juga bisa mengeluarkan baju-baju brokatmu setiap sebulan sekali untuk mengangin-anginkannya di luar lemari.

Kendala perawatan baju brokat pasti tidak akan lagi menyusahkanmu mulai sekarang. Koleksi baju brokat kesayangan pun akan tahan lama dan siap melengkapi tampilanmu yang gorgeous!

Komentar (0)

related article