Adds
Adds
Usir Sembelit Sampai Tuntas dengan 5 Cara Ini
18 Agustus 2016
Bagikan :

Sepele tetapi menyiksa sepanjang hari. Itulah yang kamu rasakan ketika mengalami sembelit. Sembelit atau sulit buang air besar memang menyebalkan. Karena rasanya perutmu jadi penuh dan tidak nyaman. Bahkan lebih parahnya lagi, moodbisa terganggu sepanjang hari hanya karena mengalami sembelit.

Tetapi tidak perlu khawatir, ladies. Karena rupanya kamu bisa mengusir sembelit sampai tuntas dengan 5 cara ini :

Minum Air Dalam Jumlah yang Cukup

Minum air memang sangat penting. Karena air bisa membantu melunakkan tekstur zat-zat sisa dalam tubuh. Jika kamu merasa bosan minum air 2 liter sehari, kamu bisa menyiasatinya dengan beragam cara. Kamu bisa menambahkan air perasan lemon dalam air minummu. Atau bisa juga dengan mengonsumsi aneka buah-buahan kaya kandungan air serta sayuran yang direbus.

Mengonsumsi Aneka Jenis Sayuran Berserat

Serat merupakan nutrisi alami yang membantu memperlancar buang air besar. Sistem pencernaanmu akan lebih mudah mengolah zat-zat makanan yang kamu konsumsi berkat bantuan serat. Semua jenis sayuran hijau berdaun mengandung banyak serat untuk kebutuhan gizi harianmu. So, jangan malas makan sayur setiap hari, ya. Kombinasikan menjadi sup, sayur tumis, atau salad supaya cita rasanya lebih menggugah selera.

Menikmati Makanan Berbahan Dasar Gandum

Gandum utuh mengandung serat tak larut yang tidak bisa dicerna tubuh. Ketika ada serat tak larut pada sistem pencernaanmu, maka serat ini akan mendorong sisa-sisa makanan lain untuk keluar dari tubuh. Sekarang banyak sekali varian makanan berbahan dasar gandum utuh mulai dari roti hingga smoothie bowlyang lezat.

Jongkok, Yuk!

Jacqueline Wolf, salah seorang ahli sistem pencernaan dari Harvard Medical School, menyarankan satu cara mudah untuk mengatasi sembelit. Cara tersebut ialah berjongkok. Faktanya, berjongkok dapat membantu meluruskan posisi usus sehingga feses pun bisa keluar secara cepat. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa WC jongkok sebenarnya lebih baik daripada WC duduk.

Jangan Malas Berolahraga

Olahraga juga memegang peranan penting untuk meminimalkan risiko sembelit. Bergerak aktif ketika sedang berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau olahraga lainnya ternyata sangat berkhasiat. Produktivitas sistem pencernaanmu akan menjadi lebih baik dan kamu pun bisa buang air besar dengan lancar.

Apakah sekarang kamu siap menangkis serangan sembelit yang menyiksa pencernaanmu, ladies?

Komentar (0)

ads article