Adds
Adds
Panduan Praktis Merawat Busana Batik Kesayangan
31 Juli 2016
Bagikan :

Apakah kamu mempunyai busana batik kesayangan?
Variasi busana batik kini makin beragam saja, ya. Gaya formal, casual, atau elegan semuanya bisa diwujudkan dengan busana batik. Senang rasanya jika mempunyai busana batik dengan corak istimewa dan warna favorit. Kira-kira bagaimana ya caranya supaya busana batik kesayangan tetap awet dan tampak seperti baru?

Mencuci Batik Secara Manual
Batik biasanya tidak akan mudah kelihatan kotor seperti baju putih. Oleh sebab itu, mencuci batik bisa dilakukan secara manual yaitu dengan tangan. Batik yang tidak terlalu kotor tidak perlu dibilas. Cara ini membuat serat-serat kain batik akan tetap kuat. Biasanya putaran mesin cuci yang kencang berisiko membuat batik jadi mudah rapuh.

Jangan Menggunakan Deterjen Biasa
Kandungan deterjen biasa terlalu keras untuk batik. Sejak dahulu, proses pencucian batik selalu menggunakan buah lerak sebagai bahan pembersih alami. Namun kini ada pula sabun cair khusus batik yang dibuat dengan formula khusus untuk mempertahankan warna dan tekstur kain batik.

Menjemur Batik dengan Benar
Menjemur batik tidaklah sulit. Peraslah batikmu perlahan-lahan kemudian jemur di tempat yang teduh dengan cara digantung. Batik akan kering dengan sendirinya karena hembusan angin tanpa berada di bawah terik matahari. Sinar matahari yang terik berisiko membuat warna batik jadi cepat memudar dan kelihatan lusuh.

Ketika Hendak Menyetrika Batik
Agar warna batik tidak memudar karena setrikaan panas, cobalah untuk membalik batik sebelum menyetrikanya, sehingga bagian dalam batik yang bersentuhan langsung dengan permukaan setrika panas. Cara lain yang bisa kamu coba adalah menggunakan sehelai kain untuk menutupi permukaan batik. Tujuannya sama dengan membalik baju yaitu menghindarkan kontak langsung antara setrika panas dengan batik.

Menyimpan Batik dengan Benar
Batik yang sudah selesai disetrika bisa didiamkan sejenak sehingga uap panasnya hilang sebelum disimpan di lemari. Simpanlah dengan menggunakan gantungan baju tanpa tambahan parfum apapun. Lemari pakaian yang sejuk dan kering membuat baju batik terhindar dari serangan ngengat atau jamur.

Lain kali kamu pasti tidak kesal karena batik kesayangan yang mudah rusak. Koleksi batikmu pun siap ditambah jika kamu sudah mahir merawatnya.

 

Sumber Images:
https://www.solusiibuattack.com/

Komentar (0)

ads article