Adds
Adds
Yuk Coba Cara Menabung Unik Dengan Cara Ini
07 November 2018
Bagikan :

Lupakan sejenak menabung dalam bentuk deposito, reksadana, atau jenis tabungan lain yang kamu kenal, terutama bagi kamu yang sering gagal dalam hal menyisihkan uang untuk menabung. Menyisihkan sejumlah uang untuk keperluan di masa yang akan datang, bisa jadi hanya menjadi impian belaka. Sebenarnya beberapa cara di bawah ini bukan hal baru, tetapi cara menabung unik berikut ini layak untuk kamu tiru:

Menabung berdasarkan tanggal

Ini adalah cara menabung yang nominalnya mengikuti tanggal. Tanggal 1 Kamu harus menyisihkan Rp1000, tanggal 2 Kamu menyisihkan Rp2000, dan seterusnya hingga akhir bulan.

“Seru, lho, menabung dengan cara ini. Saya sudah mulai cara ini sejak awal tahun 2016 lalu. Agar tidak lupa, saya buat kertas penunjuk hari di depan stoples/ kotak penyimpanan. Tandai kalau sudah menyisihkan uang setiap hari. Saya sarankan agar konsisten dan tidak boleh ‘bolong-bolong’ dalam menaruh uangnya. Setiap bulan, saya mendapat tabungan dengan jumlah yang pasti sebesar Rp465 ribu atau Rp496 ribu. Kalau sampai akhir tahun, jumlahnya bisa mencapai Rp5 juta lebih.” (There, Depok)  

Simpan uang receh kamu

Baru saja kita mendengar berita seseorang yang membeli motor seharga Rp33,425 juta dengan uang koin pecahan Rp1000 yang ia kumpulkan selama lima tahun. Jadi, masih mau meremehkan uang receh?


“Saya punya stoples khusus, masing-masing untuk menyimpan koin dengan pecahan Rp200, Rp500, dan Rp1000. Kalau stoples sudah penuh, saya rapikan koin-koin tersebut dengan cara mengelompokkannya menjadi nilai yang lebih besar. Penggunaan koin-koin tersebut juga tergantung situasi dan kondisi. Kadang saya gunakan untuk membayar parkir atau saya tukarkan di supermarket yang biasanya membutuhkan uang receh untuk kembalian. Kalau lagi kepepet juga sering saya gunakan untuk naik ojek ke kantor.” (Vey, Bandung)

Membuat jadwal setiap bulan

Caranya dengan menyisihkan sejumlah uang setiap gajian. Cara ini mudah karena kamu hanya perlu melakukannya sekali dalam sebulan.

“Saya menjadwalkan transfer uang secara berkala menggunakan internet banking. Satu hari setelah tanggal gajian, bank secara otomatis melakukan transfer ke rekening yang saya buat khusus untuk menabung dan tidak pernah saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menyisihkan uang saat menerima gaji.” (Jimmy, Tangerang)

#ThePowerOf20
The power of 20 pernah menjadi viral di media sosial. Ya, berkomitmen untuk menyisihkan setiap pecahan 20 ribu yang kamu miliki dan menyimpannya. 


Tahu-tahu sudah sebanyak ini. Wow.

“Saya tahu cara menabung ini dari rekan kerja, lalu saya mulai menerapkannya bersama suami. Kami selalu menyimpan setiap pecahan 20 ribu yang kami dapatkan dari transaksi apapun. Triknya adalah dengan menyimpannya dalam wadah transparan supaya makin semangat melihatnya.

Bagimana? Menarik kan? Yuk coba di rumah mulai dari sekarang ladies.

Komentar (0)

ads article