Adds
Adds
Ini Dia Cara Hidup Hemat yang Bisa Kamu Terapkan Sehari-hari
02 November 2018
Bagikan :

Kecanggihan teknologi saat ini kerap menjadi media alternatif para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Mereka juga tidak kehabisan akal untuk berusaha mendekatkan diri dengan para calon konsumen melalui berbagai akun sosial media yang kini tengah menjadi pusat perhatian di kalangan anak muda Indonesia. Hal ini tentu sama-sama mempermudah kedua belah pihak, baik dari para penjual maupun calon konsumen. Para pemilik produk menjadi lebih mudah untuk menawarkan produknya dengan informasi detail mengenai produk, cara pemesanan, hingga pilihan cara pembayaran. Konsumen menerima informasi dengan cara lebih mudah dan fleksibel karena tidak perlu mengunjungi toko konvensionalnya sehingga dapat menghemat lebih banyak waktu dan biaya.

Tetapi, kemudahan seperti ini bukan berarti sepenuhnya baik dan sama-sama saling menguntungkan dari kedua belah pihak. Dari sisi konsumen, ketidakmampuan untuk mengendalikan diri saat menginginkan sebuah barang yang sebenarnya bukan sebuah kebutuhan bisa mengarahkan seseorang pada belenggu hutang kartu kredit dan tidak mampu memenuhi kebutuhan primernya sendiri. Celakanya lagi jika para konsumen akhirnya memilih alternatif untuk berhutang kepada keluarga, rekan, bank dengan alasan tertentu sehingga mendapatkan ‘jawaban sementara’ untuk penyelesaian masalah ekonominya. Padahal, alternatif ini nantinya juga akan menimbulkan permasalahan yang sama: hutang  yang harus dibayar.

Untuk menghindari kejadian seperti ini, jawaban yang paling tepat adalah pengendalian diri. Pengendalian diri tidak hanya soal bagaimana mengatur nafsu lapar mata, namun juga mengatur masa depan dengan berbagai kegiatan yang sebetulnya penting dan krusial. Kebiasaan preventif yang harus dibangun sejak dini ini memiliki efek menghindarkan kamu dari kebiasaan hutang yang mungkin kamu miliki saat menghadapi masalah keuangan yang mendesak. Unexpected event sangat mungkin terjadi dan resiko ini cukup besar risikonya bila kamu tidak memiliki persiapan, misalnya dari segi finansial.

Maka, penting untuk memiliki kebiasaan berhemat sebagai salah satu bentuk pengendalian diri kamu. Selain itu kebiasaan berhemat juga memiliki manfaat lain, misalnya kamu jadi memiliki dana cadangan untuk membangun masa depan karir, modal wirausaha, sebagai dana pensiun, serta tidak perlu bergantung pada asuransi kesehatan.

Mengingat pentingnya berhemat sebagai salah satu bentuk pengendalian diri ini, berikut  cara untuk hidup hemat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Prioritas: Kebutuhan dan keinginan

prioritas

Hal ini merupakan salah satu cara yang ampuh dalam menekan pengeluaran kamu. Jadwalkan belanja dengan daftar yang pasti akan kamu gunakan setiap bulannya. Jangan memasukkan barang atau hal-hal yang bersifat keinginan ke dalam daftar prioritas. Ingat, kamu bisa hidup tanpa harus nonton film di bioskop satu bulan sekali, tetapi kamu tidak bisa hidup dengan hanya makan satu bulan sekali, minum satu bulan sekali, mencuci baju satu bulan sekali. Jelas sekali perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yang sifatnya hanya kepuasan sementara.

Pengeluaran < Pendapatan

pengeluaran < pemasukan

Merasa pengeluaran kamu tidak seberapa? Kalau begitu jelas kamu tidak diperkenankan untuk secara semena-mena menghambur-hamburkan uang demi kepentingan yang sifatnya sebuah keinginan, bukan keperluan. Usahakan kamu tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan yang setiap waktunya mempengaruhi kelangsungan hidup kamu. Dilihat dari sisi psikologis, kebiasaan berhutang juga tidak baik karena menimbulkan perasaan tidak tenang, selalu cemas, dan gelisah.

Menjaga Kesehatan 

menjaga kesehatan

Salah satu cara hidup hemat adalah dengan senantiasa menjaga kesehatan. Lalu, apa hubungannya kesehatan dengan pola hidup hemat? Pola hidup sehat akan meminimalisir kamu terkena penyakit yang membutuhkan bantuan dokter untuk menanganinya. Jelas saat kamu menggunakan jasa dokter, kamu akan membutuhkan pengeluaran yang jumlahnya relatif tidak sedikit. Hal ini akan berpengaruh pada jumlah pengeluaran kamu yang bisa jadi lebih tinggi daripada pendapatan kamu. Saat hal ini menjadi sebuah kebiasaan, pada akhirnya kamu akan selalu merasa kekurangan untuk memenuhi hal-hal yang sifatnya memang sebuah kebutuhan.

Bijak Dalam Berbelanja 

bijak dalam berbelanja

Perlu disadari bila kamu lebih menyukai belanja di supermarket yang terkenal bersih dan sejuk, karena mereka menggunakan jasa pemasaran yang selalu bisa mengundang kamu untuk masuk dan berbelanja di toko mereka dengan teknik-teknik tertentu. Bila kamu telah masuk dalam toko, kecenderungan kamu untuk membeli barang-barang yang bukan kebutuhan akan semakin tinggi. Hal yang perlu disadari, di sisi lain ialah dengan menjual jasa, mereka mematok harga yang lebih tinggi untuk sebuah barang yang sebenarnya bisa kamu dapatkan dengan lebih murah di tempat lain, misalnya di pasar.

Fasilitas Berlibur Murah

fasilitas berliburan

Setiap orang pasti membutuhkan rekreasi untuk refreshing dari kepenatan bekerja. Akan tetapi, perhatikan bahwa pengeluaran kamu untuk berlibur tidak perlu mencapai angka fantastis. Ingat, kamu perlu berlibur untuk melepas kepenatan kamu dari rutinitas bekerja, bukan menambah beban dan masalah finansial akibat tidak selektif dalam memilih fasilitas berlibur. Kamu bisa berhemat saat berlibur dengan membeli tiket penerbangan dengan harga promo, hotel yang tidak perlu berbintang lima, atau bahkan kamu tidak perlu mengharuskan diri berlibur hingga ke luar negeri. Jangan memaksakan hal yang kamu rasa tidak mampu dan tidak perlu.

Bagaimanaladies?yuk, mulai untuk terapkan cara hidup hemat dari sekarang!

Komentar (0)

ads article