Adds
Adds
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Mudah
30 November 2018
Bagikan :

Komedo bisa dibilang sebagai sahabat sejati wajah kita, baik yang berkulit kering ataupun berminyak. Walaupun dia sahabat sejati, tetapi kita pasti gak suka banget sama si komedo ini. Sebenarnya, apa sih komedo? Komedo adalah gabungan dari kulit mati dan sekresi minyak berlebih yang menutupi pori-pori wajah. Ada 2 jenis komedo pada kulit, yaitu komedo yang terbuka (blackhead), yang terlihat pada permukaan pori-pori dan mempunyai warna coklat atau hitam. Ada juga komedo tertutup (whitehead), yang terlihat hanya seperti benjolan kecil pada wajah. Nah komedo ini yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat pada kulit. Tapi jangan panik, banyak sekali cara menghilangkan komedo ataupun mencegahnya dengan bahan alami, bahan kimia, dan produk yang dijual di pasaran.

Air Hangat

Air hangat mempunyai sifat untuk membuka pori-pori. Jika kamu mengaplikasikan air hangat pada wajah, kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya Tetapi perlu dicatat, penggunaan air hangat terlalu sering juga akan menimbulkan kulit kekurangan kadar minyak alaminya dan berakhir dengan iritasi. Untuk wajah berminyak, kamu bisa mencuci wajah 3-4 kali dalam satu minggu dengan air hangat, sedangkan untuk wajah kering dianjurkan hanya 1-2 kali dalam satu minggu. Jangan lupa, aplikasikan toner wajah agar pori-pori yang membesar akan tertutup kembali.

Baking Soda

Pemakaian baking soda pada kulit merupakan salah satu cara menghilangkan komedo yang unik tetapi ajaib. Kandungan natrium pada baking soda berfungsi untuk mempercepat pengelupasan kulit mati pada kulit. Kalau kulit mati sudah terangkat,sopasti gak ada kulit mati yang terendap. Selain itu, baking soda mempunyai kandungan anti inflamasi dan anti bakteri loh, jadi bisa untuk meredakan jerawat yang membandel. Ajaib kan?

Garam

Bumbu dapur yang pasti kamu miliki ini amat sangat berfungsi loh untuk mengusir komedo yang membandel. Untuk penggunaannya bisa dijadikan sebagai eksfoliator pada wajah. Untuk butiran garamnya pilih lah yang memiliki tekstur halus, sehingga tidak akan melukai kulitmu pada saat penggunaannya.

Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon yang cukup tinggi diketahui dapat membersihkan pori-pori dan melunakan komedo membandel. Aplikasikan perasan air lemon ke wajah dalam waktu 15 menit. Komedo tersebut secara bertahap akan perlahan terkikis hingga akhirnya habis tak bersisa. Kalau kamu gak sabar buat nungguin hasilnya selama itu, kamu juga bisa memencet area yang ada komedo secara perlahan. Dijamin, komedo yang sudah lunak tadi pasti gampang banget buat dikeluarin. Untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan air lemon 2-3 kali dalam satu minggu, tetapi untuk kulit kering dianjurkan untuk menggunakan air lemon hanya satu kali saja dalam seminggu. Lemon terhitung sangat efektif sebagai salah satu cara menghilangkan komedo tanpa rasa sakit.

Pepaya

Untuk kamu si kulit kering, kamu bisa menjadi pepaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo. Kandungan enzim pada pepaya dapat meregenerasi kulit lebih cepat, sehingga akan mengeksfoliasi kulit mati perlahan. Kandungan lainnya dalam pepaya bahkan dapat menutrisi kulit dengan baik tanpa menyebabkan kekeringan, sehingga aman digunakan untuk untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering atau sensitif. Pengaplikasiannya seperti memakai masker alami pada umumnya ya, mengoleskan pepaya yang sudah dihaluskan pada wajah yang bersih, dan tunggu dalam waktu 15 menit.

Pore Pack

Cara menghilangkan komedo yang mudah lainnya bisa menggunakan pore pack yang saat ini sudah banyak dijual dipasaran. Fungsi pore pack untuk mencabut komedo yang muncul pada permukaan kulit, sehingga bisa dikatakan lebih berfungsi untuk mencabut komedo yang terbuka (blackhead). Cara penggunaannya pun gampang banget, hanya tinggal ditempelkan pada bagian yang terdapat komedo Tetapi sebelum penggunaan pore pack jangan lupa untuk membasahi wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat, agar pori-pori lebih terbuka dan komedo lebih lunak, sehingga akan mempermudah penggunaan komedo dengan menggunakan pore pack ini.



Komentar (0)

ads article