Adds
Adds
Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat
30 November 2018
Bagikan :

Ketombe merupakan kulit mati yang terkelupas dari kulit kepala. Buat sebagian besar orang, ketombe adalah musuh terbesar penampilan mereka. Ketombe pun sangat mudah dilihat apabila kita menggunakan pakaian berwarna gelap, jadi kalau lagi berketombe lebih baik hindari pakaian berwarna gelap ya. Penyebab adanya ketombe bermacam-macam, seperti penggunaan produk shampoo dan conditioner yang gak cocok, jarang mencuci rambut, terlalu sering mencuci rambut, atau terkena infeksi jamurmalassezia.Tapi apapun itu penyebabnya, kamu pasti akan risih kan kalau si salju putih ini udah ngotorin baju? Nah berikut adalah cara menghilangkan ketombe dengan cepat dengan menggunakan bahan alami atau kimia.

Cuka Apel

Cuka apel merupakan cuka yang terbuat dari fermentasi buah apel, bukan cuka dapur terus kamu campur dengan apel loh ya. Banyak yang belum familiar dengan jenis cuka yang satu ini, tapi cuka apel sudah mudah didapat dipasaran. Cuka ini sudah lama dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Kadar PH pada cuka apel yang seimbang dapat mengeringkan kulit kepala yang berminyak, melembabkan kepala yang kering, menangkal pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Cuka apel memiliki aroma yang cukup menusuk, jadi harus bersabar ya kalau kamu menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan ketombe mu. Tapi untuk penggunaannya, kamu bisa menggunakan cuka apel cukup sering karena kandungan PH yang netral tersebut aman bagi kulit kepala kita.

Baking Soda

Bumbu untuk pembuat kue ini bisa dijadikan salah satu cara untuk menghilangkan ketombe loh. Baking soda memiliki sifat basa yang berfungsi untuk menyeimbangkan PH kulit kepala, menghilangkan sebum pada kulit kepala, dan juga menangkal pertumbuhan jamur. Tetapi untuk pemakaiannya jangan terlalu berlebihan ya, karena baking soda akan membuat kulit kepala kamu menjadi kering. Untuk penggunaannya, lebih baik 2 kali dalam seminggu ya, agar kulit kepala kita gak dehidrasi.

Jeruk Nipis

Dari jaman nenek buyut, jeruk nipis sudah menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dengan efektif. Kandungan asam pada jeruk nipis dapat menyerap sebum pada permukaan kulit. Kandungan B1, B2, B3, B5 dan lainnya dapat membantu melembabkan dan merawat permukaan kulit kepala tanpa menjadikannya terlalu kering atau berminyak. Tetapi perlu diingat, karena kandungan asam pada jeruk nipis ini cukup tinggi sehingga lebih baik digunakan hanya 3 kali dalam satu minggu, agar kulit kepala kita tidak kering dan iritasi.

Garam

Tekstur garam yang tidak halus menjadikannya sebagai eksfoliator alami yang aman untuk kulit. Kandungan mineral alami yang terdapat pada garam amat sangat bermanfaat untuk kulit kepala kita. Selain bisa menghilangkan ketombe, garam juga memiliki fungsi meningkatkan sirkulasi peredaran darah di area kepala. Ketika peredaran darah di area kepala sudah lancar akan mengakibatkan pertumbuhan rambut yang maksimal. Jadi, ketika kita menggunakan garam sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe, kita akan mendapatkan fungsi ganda. Enak bukan?

Bawang Merah

Bawang merah yang sudah digoreng pasti enak banget kan? Nah, tapi untuk menghilangkan ketombenya bukan pakai bawang merah yang digoreng ya. Kandungan sulfur dalam bawang merah dapat mematikan jamur pada kulit, menyerap sebum berlebih, dan juga menutrisi kulit kepala. Bawang merah juga merupakan salah satu resep menghilangkan ketombe dari jaman leluhur kita. Selain bisa menghilangkan ketombe, kandungan sulfur dalam bawang merah dapat membantu pertumbuhan rambut dan juga menghentikan masalah rambut rontok. Wah, kecil-kecil ajaib bukan?

 

Komentar (0)

ads article