Adds
Adds
Cara Menghilangkan Insomnia Dengan Mudah
29 November 2018
Bagikan :

Sangat wajar jika orang yang tinggal atau bekerja di wilayah perkotaan mempunyai tingkat stres yang lebih tinggi daripada di pedesaan. Dengan jenis pekerjaan yang mempunyai tekanan tinggi ditambah dengan macetnya ibukota, pasti membuat kamu stres hampir setiap hari. Salah satu efek samping dari stres berkepanjangan ini adalah insomnia. Insomnia adalah keadaan dimana seseorang mengalami masalah kesulitan untuk tidur di malam hari. Bisa dikatakan, penyakit insomnia ini sebagai salah satu masalah psikologi, yang sebenarnya hanya bisa disembuhkan dengan cara psikologi sendiri. Tetapi selain dengan cara psikologi, ada juga loh cara menghilangkan insomnia dengan mudah, seperti berikut ini :

Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang sebenarnya memiliki manfaat positif jika dilakukan dengan benar, yaitu hanya 30 menit saja. Tetapi jika berlebih, tidur siang akan menjadi penyebab kamu menjadi insomnia, karena tubuh merasa cukup istirahat, sehingga belum butuh istirahat lagi.

Menghindari Kafein

Mengkonsumsi kafein bisa membuat kamu insomnia loh. Kafein mempunyai fungsi untuk meningkatkan tingkat dopamin tubuh, sehingga pada akhirnya akan membangunkan fungsi otak dan menginduksi keseluruhan saraf untuk siap bekerja. Kemudian, kafein dapat meningkatkan laju aliran darah ke otot, sehingga mampu membuat si peminum tetap terjaga.

Hindari Makan Terlalu Malam

Sebaiknya kamu makan malam maksimal jam 7 malam, sehingga kamu memberikan waktu kepada sistem pencernaan kamu untuk bekerja setelahnya. Jika memang kamu merasa sangat lapar di malam hari, kamu bisa menggantinya dengan buah saja agar tidak memberatkan kinerja sistem pencernaan kamu. Lalu hindarilah makan makanan yang pedas, karena makanan pedas akan membuat sistem pencernaan kamu tidak nyaman, sehingga akan mengganggu waktu tidur kamu.

Mengganti Baju Tidur Yang Nyaman

Bagi kamu yang males ganti baju tidur, lebih baik ubah kebiasaanmu dari sekarang. Menggunakan baju yang tidak nyaman untuk tidur bisa membuat kamu tersugesti akan rasa tidak nyaman setelahnya. Kamu bisa mengganti baju kamu dengan pakaian yang cenderungademdan menyerap keringat. Hanya karena masalah baju yang kurang nyaman saja bisa menjadikan kamu insomnia loh.

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara menghilangkan insomnia dengan tepat. Olahraga yang ringan ataupun berat dapat membuat kualitas tidur kamu menjadi baik secara signifikan. Disamping itu, rasa lelah yang diciptakan setelah melakukan kegiatan olahraga, dapat membantu mensugesti tubuh dan otak agar mereka beristirahat.

Mengkonsumsi Pisang

Asal kamu tahu, mengkonsumsi pisang setiap harinya merupakan salah satu cara menghilangkan insomnia secara mudah loh. Kamu benar-benar hanya mengkonsumsi pisang tanpa campuran lainnya. Asal kamu tahu, pisang memiliki kandungan yang membuat tubuh memproduksi hormon Melatonin. Apakah hormon Melatonin itu? Melatonin merupakan hormon yang mengatur tubuh mengetahui siklus malam, siang, waktu tidur, dan waktu bangun. Jika kadar melatonin kamu rendah, pasti kamu akan mengalami insomnia. Perbaiki yuk!

Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kedelai

Pernah dengan hormon Serotonin? Serotonin merupakan hormon yang membantu tubuh untuk memberikan rasa nyaman. Sugesti rasa nyaman sangat dibutuhkan oleh otak ketika kita akan tidur, sehingga dapat memancing diri kita untuk mengantuk. Makanan atau minuman yang mengandung hormon Serotonin adalah kedelai atau olahan kedelai seperti tempe, tahu, kecap, dan susu kedelai. Cara menghilangkan insomnia dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kedelai ini sangat ampuh untuk membantu pola tidur kamu.

Komentar (0)

ads article