Adds
Adds
Cara Menghilangkan Dahak Tanpa Obat
24 November 2018
Bagikan :

Adanya cairan yang melapisi saluran pernafasan merupakan hal yang normal pada tubuh, karena pada dasarnya bagian dalam tubuh manusia dilapisi oleh cairan untuk melindungi organ tertentu. Dahak terbentuk karena adanya infeksi yang menyerang saluran pernafasan. Dahak mempunyai kandungan protein, enzim, dan antibodi yang diproduksi oleh organ pernafasan itu sendiri. Yang perlu dikhawatirkan adalah ketika dahak tersebut sudah mengental hingga menghalangi jalan pernafasan. Selain itu, adanya dahak bisa dijadikan salah satu indikator ketidaksehatan tubuh, seperti radang atau terdapat partikel asing yang masuk hingga akhirnya menyebabkan iritasi pada bagian  tenggorokan.

Banyak penyebab dahak berubah menjadi berlendir, seperti merokok, perubahan suhu tinggi ke rendah secara ekstrim, obat-obatan yang membuat area mulut kering, seringnya meminum minuman yang dapat membuat kehilangan cairan (kopi, teh, minuman beralkohol). Jika kamu kurang begitu suka dengan obat kimia dalam menyembuhkan dahak mengental ini, cara menghilangkan dahak tanpa obat ini dapat membantu kamu.

Minum Air Hangat

Minumlah air hangat yang banyak, air hangat dapat membantu untuk menghancurkan dahak yang berlendir. Tetapi jangan terlalu panas, karena akan mengakibatkan bagian dalam tenggorokan kering dan sakit. Pastikan takaran air yang kamu konsumsi sudah cukup, sehingga air tersebut dapat membantu memperbaiki metabolisme yang ada.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C bisa membantu menghancurkan lendir yang mengental loh. Kamu bisa mengkonsumsi Vitamin C dalam bentuk tablet hisap atau cair. Tetapi, kamu bisa juga mengkonsumsi Vitamin C alami seperti jeruk nipis, jeruk lemon, bahkan cabai. Konsumsi Vitamin C pun dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh saat sakit, juga membantu tubuh untuk melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh.

Berkumur Dengan Garam

Bisa jadi penyebab tenggorokan kamu memproduksi dahak yang berlendir karena adanya kuman didalamnya. Untuk itu, kamu bisa membersihkan kuman tersebut dengan cara berkumur dengan air garam yang dicampur dengan air hangat. Usahakan berkumur hingga mengenai daerah tenggorokan ya. Kandungan yang ada pada garam dapat membantu untuk menghilangkan lendir berlebih tanpa menyebabkan kekeringan.

Hindari Susu

Mengkonsumsi susu akan membuat parah keadaan disaat dahak kamu sedang berlendir, karena kandungan lemak pada susu dapat membuat dahak yang berlendir semakin lebih kental. Tetapi, mengkonsumsi susu tidak akan membuat dahak yang berlendir menjadi semakin banyak ya.

Terapi Uap

Sudah tidak dipungkiri jika terapi uap sangat efektif sebagai cara menghilangkan dahak berlendir dari jaman dahulu. Ini sangat membantu ketika kamu mengalami kesulitan dalam bernafas. Terapi uap dapat menghancurkan dahak tersebut loh. Kamu juga bisa menambahanessential oilyang kamu suka agar merelaksasi tubuh kita.

Hindari Paparan Asap dan Polusi

Asap dan polusi dapat membuat dahak menjadi lebih berlendir dan kental. Itu terjadi karena dahak yang ada menangkap polusi atau asap sebagai benda asing yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dahak terbentuk karena lendir di saluran pernafasan berusaha untuk memproteksi saluran pernafasan itu sendiri. Hal yang lebih parah disaat asap dan polusi sudah mengiritasi bagian organ pernafasan, sehingga membuat tubuh memproduksi lebih banyak dahak hingga pada akhirnya membuat kamu sulit bernafas.

Konsumsi Bawang

Cara menghilangkan dahak lainnya adalah dengan mengkonsumsi bawang. Bawang memiliki kandungan anti virus, anti parasit, antioksidan yang dapat membantu menyembukan dahak yang mengganggu. Kamu bisa mengkonsumsi bawang merah, bawang putih, atau keduanya. Untuk mengkonsumsinya dalam keadaan mentah ya.

Konsumsi Kunyit

Kunyit bisa dijadikan cara menghilangkan dahak lainnya. Kunyit mengandung antiseptik yang dapat menghilangkan virus dan jamur penyebab dahak berlendir. Cara pembuatannya sangat mudah, rebus kunyit dengan air mendidih. Jika dirasa sudah kental, angkat dan diamkan hingga dingin. Kamu bisa mengkonsumsi rebusan kunyit yang kamu buat setelahnya.

 

Komentar (0)

ads article