Adds
Adds
Penyebab Umum Rambut Rontok dan Cara Mencegahnya
30 Oktober 2018
Bagikan :

Rambut sehat dan kuat tentunya idaman setiap orang. Namun ada banyak masalah rambut yang tentunya membutuhkan perawatan khusus agar rambut indahmu kembali sehat. Salah satu masalah rambut yang banyak dialami oleh orang-orang adalah rambut rontok. Penyebabnya pun bermacam-macam mulai dari penyebab dari dalam dan penyebab dari luar. Penyebab rambut rontok dari dalam contohnya adalah stres, perubahan hormon, efek samping obat, dan kurangnya asupan nutrisi. Stres disebutkan dapat mempercepat siklus pertumbuhan rambut sehingga rambut akan lebih cepat terlepas dan itulah yang disebut dengan rambut rontok. Perubahan hormon terutama banyak terjadi pada wanita ketika sedang dalam masa kehamilan, persalinan, mengkonsumsi pil KB, hingga ketika memasuki menopause. Jika kamu sedang mengkonsumsi obat tertentu, biasanya salah satu efeknya adalah kerontokan rambut. Nutrisi penting seperti zat besi, protein, dan vitamin D yang kurang juga bisa menyebabkan rambutmu rontok.

Untuk penyebab dari luar yang dapat membuat rambutmu rontok adalah salah satunya jika kamu suka mengecat rambutmu. Kerasnya bahan kimia yang ada pada cat rambut bisa membuat rambutmu kering dan rontok, bahkan juga bercabang. Jika kamu suka menggunakan alat styling rambut seperti hair dryer, catokan, dan lain-lain, jangan kaget jika rambutmu rontok. Panas yang berlebih dari alat styling rambut tersebutlah yang dapat merusak rambutmu. Selain itu, penggunaan perawatan rambut seperti shampo yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Namun kamu tak perlu khawatir, meskipun ada banyak penyebab baik dari dalam maupun dari luar yang dapat membuat rambut kita menjadi rontok, tetapi juga ada banyakcara merawat rambut rontokdan cara untuk mencegah semua itu. Pastikan kamu melakukan pencegahan rambut rontok berikut ini ya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati!

Hindari Stres, Tenangkan Pikiran, dan Hibur Dirimu

Stres sebagai salah satu penyebab rambut rontok tentu harus dihindari. Caranya adalah dengan selalu berpikir positif, jangan biarkan pikiranmu merasa lelah, carilah kegiatan yang dapat menyenangkan hati dan membuat harimu terasa ringan.

Rajin Makan Buah dan Sayur

Ada banyak buah dan sayur yang mengandung vitamin D serta nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan rambutmu. Nutrisi dari buah dan sayur ini bisa menjadi cara merawat rambut rontok serta pencegahannya yang tepat. Pastikan untuk tidak melewatkan cara yang satu ini agar rambutmu mendapatkan nutrisi dari dalam.

Hindari Cat Rambut dan Kurangi Penggunaan Alat Styling Rambut

Cat rambut memang dapat membuat penampilanmu terlihat berbeda dan lebih menarik, namun jangan lupa untuk menyayangi rambutmu ya. Sama halnya dengan alat styling rambut. Namun keduanya dapat membuat rambutmu kering, patah, bercabang, hingga rontok. Sebaiknya kamu menghindari keduanya, atau paling tidak mengurangi intensitas pemakaiannya. Namun jika kamu tetap ingin cat rambut dan menggunakan alat styling rambut, gunakan pula vitamin rambut dengan rutin serta rajinlah creambath dan menggunakan hair mask untuk membantu mengurangi kerusakannya.

Gunakan Shampo dan Perawatan Rambut Untuk Cegah Rambut Rontok

Shampo ada banyak pilihannya dengan fungsinya yang berbeda-beda. Untuk mencegah rambut rontok, gunakanlah shampo khusus mencegah rambut rontok serta gunakan hair tonic yang mengandung ginseng yang sangat bagus untuk pencegahan rambut rontok. Cara merawat rambut rontok yang satu ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan sehari-hari.



Komentar (0)

ads article