Adds
Adds
Kenali Batik Papua Dengan Ragam Motif dan Warna yang Indah
27 Oktober 2018
Bagikan :

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar Cendrawasih? Tentunya yang akan kamu ingat adalah nama burung yang berasal dari Papua. Namun bukan hanya sekedar burung yang berasal dari Papua, Cendrawasih juga merupakan salah satu motif batik Papua pertama yang memiliki keindahan khas Papua. Yap, untuk kamu yang mengira batik hanya ada dari pulau Jawa, tentunya kamu salah. Selain dari berbagai daerah di pulau Jawa, salah satunya di Papua juga memiliki batik khasnya sendiri yang berbeda dari batik Indonesialainnya. Bedanya ada pada pola masing-masing batik, seperti misalnya batik Jawa lebih memiliki pola simetris, lurus atau diagonal, namun untuk batik Papua memiliki pola asimetris dengan aksen-aksen khas etnik sana. Batik Papua ini juga memiliki ragam motif batik yang menggambarkan etnik dan ciri khas dari Papua yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Motif Batik Cendrawasih

Motif Batik Cendrawasih

Dari namanya saja sudah sangat menggambarkan motif batik ini. Motif ini menggambarkan burung Cendrawasih yang merupakan burung yang melambangkan keindahan yang berasal dari Papua.motif batik Cendrawasih ini biasanya dipadukan dengan gambar tumbuhan dan bunga-bunga cantik khas Papua. Siapa pun yang menggunakan motif batik ini akan membuat pemakainya terlihat elegan dengan keindahan gambar serta warnanya. Dan siapapun yang melihatnya pasti dapat melihat jelas bahwa batik Cendrawasih ini adalah batik khas Papua.

Motif Batik Tifa Honai

batik hanoi

Selain motif burung Cendrawasih yang menjadi motif batik khas Papua, ada pula motif batik dengan makna yang mendalam yaitu motif batik tifa honai. Motif batik ini diterjemahkan sebagai rumah kebahagiaan, atau rumah sebagai tempat untuk pulang dan tempat untuk berlindung. Tak hanya rumah adat papua yang menjadi inspirasi dari batik tifa honai ini, namun juga kondisi sekitarnya seperti sumber air, pemandangan, dan lain-lain.

Motif Batik Asmat

batik asmat

Jika Kalimantan dikenal dengan suku dayaknya, Papua juga dikenal memiliki suku asmat yang sudah sejak dulu mendiami daerah-daerah di Papua. Kebudayaan dari suku asmat pun sudah mengakar di Papua yang membuat motif batik Papua juga memiliki pengaruh besar dari suku asmat. Gambar motifnya biasanya berupa patung-patung kayu khas suku asmat dan alat-alat musik khas kebudayaan asmat. Motif batik asmat ini juga memiliki ciri warna yang khas, yaitu warnanya coklat yang dipadukan dengan warna terakota atau yang dikenal warna batu bata.

Motif Batik Sentani

batik setani

Motif batik Sentani ini berasal dari Sentani kabupaten Jayapura. Motif batik ini memiliki gambar alur melingkar seperti alur batang kayu yang melingkar-lingkar dengan satu atau perpaduan dua warna.

Motif Batik Kamoro

Motif Batik Kamoro

Selain suku asmat, ada suku kamoro yang dikenal mendiami daerah di Papua. Dan motif batik kamoro ini menggambarkan keindahan alam serta keunikan seni ukir suku kamoro. Motif batik kamoro biasanya hadir berupa simbol patung berdiri yang setiap pembuatan biasanya memiliki perbedaan dari gaya, ekspresi, baju dan aksesoris, serta tambahan gambar tumbuhan khas Papua.

 

Komentar (0)

ads article