Adds
Adds
Sentuhan Warna Penuh Arti Pada Batik Madura
27 Oktober 2018
Bagikan :

Kota batik yang banyak dikenal oleh semua orang yang juga pastinya kamu tahu adalah kota Solo, Yogyakarta, Cirebon, dan Pekalongan. Namun di Jawa, juga ada salah satu kota yang menghasilkan batik yang indah dan patut untuk dikenal, yaitu Madura. Ya, tak hanya sate dan karapan sapi yang menjadi ciri khas Madura, namun ada juga batik Madura yang memiliki ciri khas yang menggambarkan budaya di Madura. Tentunya semua menggambarkan dan melambangkan budaya, etnik, sejarah, hingga kehidupan orang-orang Madura.Batik Maduradisebutkan mulai muncul pada abad ke-16 atau ke-17 masehi. Kerajaan Pamelingan di Pamekasan, Madura, tentunya memiliki peran yang cukup penting terhadap sejarah awal berkembangnya batik Madura. Ketika itu sedang terjadi perang antara Raden Azhar dengan Ke’Lesap. Dan kabarnya, Raden Azhar menggunakan baju batik bermotif leres sebagai pakaian kebesarannya.

Terlepas dari sejarahnya, batik Madura memiliki daya tariknya tersendiri yaitu dari warnanya yang bisa dibilang menggunakan warna yang berani, yang menjadi warna ungguklan yang pasti kamu temukan pada batik Madura adalah warna merah, hijau muda, dan juga kuning. Namun warna-warna batik pada batik Madura tersebut memiliki arti yang penting. Misalnya warna merah, melambangkan karakter masyarakat Madura yang kuat dan keras, warna kuning melambangkan padi yang ditanamkan oleh penduduk Madura, dan warna hijau muda melambangkan Madura sebagai kota religi mengingat ada beberapa kerajaan Islam yang didirikan dan berkembang di Madura. Warna-warna ini pun dibuat dari bahan-bahan alami, seperti mengkudu, tingi, daun tarum, kulit mundu, dan tawas.

Batik madura juga memiliki motif batik andalan loh, yaitu motif batik gantongan. Batik gantongan ini diberi nama gantongan karena proses pembuatannya melalui proses rendam-merendam yang dilakukan di dalam gentong-gentong. Motif batik Madura ini memiliki ciri khas melentang simetris yang disebut dengan leres. Tak hanya itu, motif-motif lainnya juga banyak menggambarkan hewan dan tumbuhan yang dikombinasikan oleh kreativitas pengrajinnya.

Hinga saat ini semakin banyak perkembangan terbaik yang dihadirkan oleh batik Madura yang membuatnya menjadi batik khas yang memiliki nilai seni tinggi dan sepatutnya dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia dan luar negeri seperti halnya batik Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon, dan lain-lain. Kita semua juga memiliki peran penting untuk membuat batik Madura semakin dikenal dan semakin berkembang lagi, yaitu salah satunya adalah mulai mencintai, memperkenalkan, dan memamerkan batik Madura ini pada dunia. Dengan itu, dimata dunia tentunya akan semakin terlihat keanekaragaman budaya Indonesia yang dapat menghasilkan karya seni bernilai tinggi seperti batik dari beragam daerah di Indonesia dengan ciri khas dan budaya yang mewakilkan daerahnya masing-masing.

 

Komentar (0)

ads article