Adds
Adds
Batik Garutan Dari Kota Dodol yang Wajib Kamu Kenali
20 Oktober 2018
Bagikan :

Batik adalah salah satu warisan budaya dari Indonesia yang juga menunjukkan jati diri Indonesia yang memiliki ragam budaya di hadapan dunia. Dan di Indonesia, banyak sekali kota dan provinsi yang memiliki motif batik khas yang mewakili daerah asalnya. Di pulau Jawa ada banyak kota yang menghasilkan batik dengan beragam motif yang berbeda-beda yang mewakilkan masing-masing kota, dan yang paling banyak diketahui adalah dari Jawa Tengah seperti Yogyakarta dan Solo. Namun dari Jawa Barat juga memiliki kota yang memiliki batik khasnya sendiri, yaitu kota Garut. Kota Garut ini memang umumnya dikenal sebagai kota dodol karena menghasilkan dodol sebagai oleh-oleh khas sana. Namun tak hanya dodol, Garut juga dikenal memiliki motif batik yang memiliki ciri khas tersendiri yang disebut dengan batik garutan. Di Garut, daerah yang memiliki tradisi membatik yang sudah dimulai sejak lama, yaitu sejak tahun 1800-an hingga pertengahan tahun 1980-an mulai semakin berkembang.

Proses pembuatan batik garutan ini menggunakan teknik batik tulis sehingga tentunya memakan waktu lama untuk membuatnya. Dan hal ini pula yang menjadikan harga batik tulis garutan terbilang tinggi. Namun semakin berkembangnya zaman, batik garutan kini juga dibuat dengan teknik batik cetak dan juga batik cap. Namun untuk motifnya, batik garutan selalu menghadirkan warna cerah dan lembut yang cocok untuk digunakan oleh semua kalangan usia.

Ada banyak jenis motif batik garutan yang dihadirkan seperti flora dan fauna, bulu hayam, lereng calung, cupat manggu, merak ngibing, serta motif-motif lainnya yang menggambarkan kehidupan sehari-hari serta keadaan disekitar kita.

Batik garutan dibuat dengan proses yang menjalani beberapa tahap. Yang pertama adalam menggambarkan pola pada kain yang nantinya akan digambarkan ulang menggunakan lilin (nyanting), dan setelahnya melewati proses pewarnaan. Namun sebelum memulai proses pewarnaan, pola yang sudah diberi warna tadi, ditutup  atau yang disebut dengan penembokan untuk mencegah motif-motif yang telah diberi warna dari timpaan warna lainnya. Dan yang terakhir adalah proses menghilangkan lilin-linlin yang menempel di kain. Semua tahapan ini tentunya sudah dilakukan dari zaman dahulu dan secara turun temurun. Dan tahapan ini pula yang membuat batik garutan memiliki nilai budaya yang sangat tinggi yang patut untuk kamu pelajari.

Jadi sudah tahu kan bahwa selain dengan dodolnya sebagai oleh-oleh khas asli Garut, kamu juga bisa menjadikan batik garutan yang merupakan warisan budaya dair Garut sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk kamu berikan pada keluarga atau kerabat terdekat. Motif batik garutan serta paduan warna cerah membuat batik garutan ini menunjukkan keindahan budaya dari kota Garut yang patut kamu tunjukkan dengan bangga pada dunia.



Komentar (0)

ads article