Adds
Adds
Mengenal Lebih Dalam Batik Kalimantan Dengan Motifnya yang Khas
19 Oktober 2018
Bagikan :

Kebanyakan batik di Indonesia emang dikenal berasal dari daerah-daerah di Jawa. Namun tahukah kamu bahwa selain jawa, masih ada banyak daerah lainnya di Indonesia yang juga menghasilkan batik dengan motif khas daerahnya, salah satunya adalah Kalimantan. Paduan warna dari batik Kalimantan sangat menarik, dengan menghadirkan warna terang atau warna berani membuat batik Kalimantan menjadi unik. Batik Kalimantan juga memiliki ragam motif yang berbeda-beda karena juga berasal dari daerah yang berbeda pula. Seperti dari Kalimantan Selatan ada batik sasirangan, dari Kalimantan Tengah ada batik benang bintik, batik Pontianak dari Kalimantan Barat, serta batik shaho dari Kalimantan Timur. Semua batik dari berbagai daerah di Kalimantan ini juga memiliki ciri-ciri dan motif yang khas dari masing-masing daerah.

Berikut ini beberapa jenis motif batik yang melambangkan segala sesuatu yang ada di Kalimantan.

Motif Batik Benang Bintik

batik benang bintik

Batik benang bintik ini merupakan Batang garing memiliki bentuk seperti mata tombak yang dipercaya oleh para suku dayak sebagai sumber segala kehidupan, sehingga barang garing diartikan pula sebagai pohon kehidupan. Batang garing juga melambangkan keharmonisan hubungan antara sesama manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan Tuhan.

Motif Batik Sasirangan

Batik Sasirangan

Batik sasirangan memiliki 3 jenis motif yaitu motif lajur, motif ceplok, dan motif variasi. Batik sasirangan ini adalah kain khas adat suku Banjar yang mayoritas menetap di Kalimantan Selatan. Batik sasirangan juga memiliki ragam warna yang masing-masing memiliki arti yang berbeda-beda, seperti warna kuning mengartikan penggunanya mengalami penyakit kuning dan sedang dalam proses penyembuhan. Warna hijau mengartikan penggunanya sedang menjalani proses penyembuhan dari penyakit stroke. Warna ungu untuk proses penyembuhan penyakit perut, dan masih ada banyak warna-warna lainnya.

Motif Batik Pontianak

Batik Pontianak

Pada batik Pontianak yang berasal dari Kalimantan Barat, terdapat banyak sekali motif atau corak yang berbeda-beda yang memiliki pengaruh dari budaya lain seperti melayu dan juga suku dayak. Dan beberapa motif pada batik Pontianak yang banyak digunakan adalah motif insang yang memiliki ragam jenis lain seperti insag delima, insang awan, dan lain-lain. Selain insang, motif-motif lainnya yang ada pada batik Pontianak adalah awan berarak, dayak, dan tidayu.

Motif Batik Shaho

batik shaho

Satu lagi batik Kalimantan yang merupakan batik khas dari daerah Kalimantan Timur tepatnya Balikpapan, yaitu batik shaho. Batik shaho ini menghadirkan kain dengan motif ukiran khas Kalimantan yaitu melengkung yang terinspirasi dari liukan akar dan ranting pohon, spiral, lingkaran, dan juga patung manusia. Ciri khas lainnya yang bisa kamu temukan pada batik shaho adalah bahwa batik ini diwarnai dengan bahan alami yaitu serbuk kayu ulin yang merupakan tumbuhan khas Kalimantan.

 

Komentar (0)

ads article