Adds
Adds
4 Motif Batik Solo yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
16 Oktober 2018
Bagikan :

Batik Indonesia memang memiliki banyak ragamnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Namun dari satu daerah juga terkadang terdapat beberapa jenis motif batik yang membuat keindahan dari batik semakin bertambah. Seperti batik dari kota Solo. Motif batik yang paling banyak dikenal di Indonesia dan di dunia yang berasal dari kota Solo adalah batik parang dengan motif menyerupai huruf “S”dan berpola miring, serta batik kawung dengan motif buah arena tau buah kawung yang penuh makna. Kedua motif batik Solo ini banyak sekali digunakan dimana-mana. Namun sebenarnya, masih ada banyak ragam motif batik Solo lainnya yang mungkin tidak se-populer batik parang dan batik kawung. Meskipun begitu, akan sangat bagus jika kita semua juga mengetahui dan mengenal 4 motif batik Solo yang mungkin belum banyak diketahui.

Batik Semen Rante

Motif batik semen rante ini dikenal sebagai bahan atau kain batik yang digunakan oleh calon mempelai wanita dalam prosesi lamaran. Makna dari nama motif batik ini pun dangat dalam. Kata semen yang mengartikan cinta kedua pasangan calon mempelai yang selalu bersemi dan rante yang mengartikan ikatan hati calon mempelai wanita dengan calon mempelai pria untuk selamanya. Katanya, calon mempelai wanita yang menggunakan motif semen rante ini sebagai kain sudah pasti menerima lamaran dari calon mempelai pria. Jadi motif batik ini cocok sekali untuk digunakan oleh kamu para wanita yang akan melangsungkan prosesi lamaran.

Batik Satrio Manah

batik satrio manah

Sepasang dengan batik semen rante, batik Solo motif satrio manah ini digunakan oleh calon emmpelai pria ketika prosesi lamaran dengan harapan lamarannya akan diterima oleh pihak calon mempelai wanita. Motif batik satrio manah ini menggambarkan seorang ksatria yang berusaha memanah hati wanita yang diidamkannya. Jangan lupa gunakan motif batik ini ketika akan melamar pacarmu! Dan pastikan juga wanita yang akan kamu lamar membalasnya dengan menggunakan batik Solo motif semen rante ya.

Batik Truntum

batik tantrum

Batik truntum ini biasanya memiliki warna dasar hitam dihiasi dengan motif bunga kecil seperti bunga kemuning dan melati. Arti kata truntum pada motif batik ini adalah tumbuh kembali, yang melambangkan rasa sayang atau rasa cinta yang bersemi kembali baik untuk kamu yang masih berpacaran maupun yang sudah menikah. Truntum juga dapat diartikan sebagai panutan. Meskipun Namanya jarang disebutkan diantara daftar motif batik populer di Indonesia, batik truntum sebenarnya sangatlah terkenal di Solo maupun sekitar Jawa Tengah.

Batik Sawat

batik sawat

Tak hanya batik kawung, batik sawat ini juga digunakan oleh keluarga kerajaan. Alasannya adalah karena motif batik sawat ini dianggap sakral. Dapat terlihat bahwa motif batik sawat ini menyerupai sayap burung garuda yang dimaknai sebagai symbol kekuasaan dan kekuatan sang raja.



Komentar (0)

ads article