Adds
Adds
Mengenal Lebih Dalam Batik Indonesia Kebanggaan Indonesia
13 Oktober 2018
Bagikan :

Salah satu warisan budaya dari Indonesia yang wajib kita banggakan dan pamerkan pada dunia adalah batik. Batik adalah hasil seni berupa kain yang penuh dengan motif yang digambarkan dengan nilai seni yang tinggi dan menunjukkan ciri khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Batik yang juga menjadi identitas Indonesia ini sudah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Curtural Organization) sebagai warisan budaya asli Indonesia yang diakui oleh dunia pada tanggal 2 Oktober 2009. Inilah asal mula Hari Batik Nasional yang kita peringati setiap tanggal 2 Oktober.  Pentingnya batik untuk Indonesia ini mewajibkan kamu untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta pada batik. Hal ini tentunya akan tercipta ketika kamu benar-benar mengenal batik Indonesia itu sendiri. Terkadang, meskipun selalu menggunakan pakaian berbahan batik pada berbagai kesempatan, namun masih banyak hal yang belum kamu ketahui tentang batik. Berikut ini beberapa fakta mengenai batik yang harus kamu ketahui untuk semakin mencintai batik Indonesia.

Asal Mula Nama Batik

asal mula batik

Disebut sebagai batik, tentunya kamu bertanya-tanya asal usul terciptanya nama batik. Batik ini berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu amba dan tik yang kemudian digabungkan menjadi batik. Amba memiliki arti menulis, dan tik artinya titik kecil. Jadi batik dapat diartikan dengan menulis sebuah karya seni berupa titik kecil pada media kain.

Batik Sebagai Mata Pencaharian

Batik Sebagai Mata Pencaharian

Karena menjadi salah satu kerajinan tangan dengan nilai seni yang tinggi, pada zaman dahulu batk dijadikan sebagai mata pencaharian dan dikenal sebagai pekerjaan yang hanya dilakukan oleh para wanita Jawa yang memiliki keterampilan membatik.

3 Jenis Batik


Batik memiliki 3 jenis yang berbeda, yang dibedakan dari cara pembuatannya. Ada batik tulis, batik lukis, dan batik cap. Batik tulis merupakan cara pembuatan yang paling rumit dan sulit, itulah mengapa harga batik lukis lebih tinggi dibandingkan dengan batik tulis dan batik cap.

Kenali dan cintai lebih dalam batik sebagai sebuah karya seni warisan budaya asli Indonesia yang menjadi kebanggaan negara kita tercinta ini.  Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tunjukkan rasa bangga dan rasa cintamu pada batik, salah satunya adalah menggunakan baju atau barang lainnya tang terbuat dari kain batik.

Selain kelima batik diatas indonesia juga memiliki beragam batik yang autentik dengan model khas daerahnya tersendiri seperti batik mega mendung dari kota cirebon, batuk pekalongan dari daerah jawa tengah, batik solo dari jawa tengah juga, batik jumputan dari banjarmasin, batik khas kalimantan, batik garutan dari jawa barat, batik papua dari daerah timur Indonesia papua, batik sasirangan daerah khas kalimantan, batik sogan dari yogjajarta jawa tengah, batik toraja dari sulawesi dan lain-lain

 



Komentar (0)

ads article