Adds
Adds
Liburan ke Gunung, Cek Dulu Tips Ini
28 September 2018
Bagikan :

Salah satu kegiatan asyik yang dilakukan saat liburan adalah naik gunung. Selain memacu adrenalin, keindahan di puncak gunung dan bentangan panorama yang eksotis di sekitarnya jadi daya tarik tiada dua. Sebelum berlibur ke gunung ada baiknya kamu perhatikan dulu beberapa tips.

 

  1. Pelajari lokasi gunung yang akan didaki

Satu persiapan penting sebelum mendaki gunung adalah mempelajari medan dan lokasi gunung tujuan Anda. Sebab, tiap-tiap gunung punya jalur pendakian yang berbeda-beda. Di Gunung Kerinci misalnya, mayoritas medan pendakian di sana adalah pasir dan lumpur. Di Gunung Rinjani, Anda harus jalan menanjak dengan medan perjalanan yang hampir 45 derajat. Anda bisa mempelajari lokasi pendakian dari berbagai sumber di internet, situs seperti yang pernah dikatakan pendaki yang sudah mencobanya. Dengan mengetahui medan perjalanan, kamu dapat mempersiapkan logistik dan stamina dengan tepat.

 

  1. Berolahraga sebelum naik gunung

Jangan anggap terlalu mudah ataupun terlalu suli perjalanan mendaki gunung. Karena dibutuhkan stamina yang fit dan kondisi badan yang baik bagi traveler untuk bisa mencapai puncaknya. Ada baiknya kamu berolahraga beberapa minggu sebelum hari pendakian, seperti jogging ladies. Jalur pendakian yang menanjak, udara yang dingin, dan oksigen yang menipis akan jadi halangan terberat. Lakukanlah olahraga dengan rutin dan teratur, jangan lupa juga untuk menyeimbangkan waktu istirahat kamu.

 

  1. Sediakan peralatan dengan cermat dan tepat

Peralatan yang umum dibawa para pendaki adalah tas carrier, sepatu hiking, jaket, pisau lipat, jas hujan, alat masak portabel, senter, peluit, kompas, dan perlengkapan obat P3K. Kalau kamu berkemping di gunung, jangan lupa untuk membawa matras, tenda, dan sleeping bag. Tas carrier harus disesuaikan dengan durasi perjalanan. Jika perjalanan panjang, kamu bisa membawa tas carrier dengan ukuran 80 liter. Untuk alat masak portabel terdapat dua jenis, yaitu nesting ataupun trangia. Bedanya, nesting menggunakan kompor dengan gas mini hi-cook dan kalau trangia menggunakan spirtus. Tinggal pilih sesuai kebutuhan kaum, ladies! Soal sleeping bag, ada baiknya kamu memakai yang jenis mummy daripada tipe selimut. Sleeping bag jenis mummy ini adalah mengikuti alur tubuh, mengecil di bagian kaki dan memiliki resleting di pinggir. Hal ini membuat kamu lebih hangat saat kemping di gunung.

 

  1. Mendaftar terlebih dulu

Biasanya, beberapa gunung memiliki tempat perizinan yang mengharuskan para pendaki mengisi data diri dan lama perjanan. Jangan acuhkan tempat tersebut, karena para petugas di sanalah yang nantinya akan membantu kamu. Beberapa gunung yang populer dan mengharuskan prndakinya untuk membuat izin mendaki adalah, Gunung Kerinci, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Argopuro, dan Gunung Semeru. Jika Anda tidak turun gunung pada hari yang sudah ditulis, para petugas setempat akan sigap mencari kamu. Mereka akan menyisiri gunung untuk menemukan kamu. Merekalah orang pertama di garis depan untuk menolong Anda.

 

  1. Ketahui perbekalan dan logistic

Perbekalan makanan memegang peran penting dalam pendakian gunung. Siapkan perbekalan makanan secukupnya, sehingga kamu tidak akan kekurangan makanan atau sia-sia membuang makanan yang tidak termakan. Bawalah makanan seperti beras, mie instan, atau kornet yang bisa menjadi menu makan kamu. Selain itu, siapkan juga biskuit, cokelat dan roti yang bakal mengisi tenaga sembari kamu berjalan mendaki.

 

semoga bermanfaaatya ladies.

 

Komentar (0)

ads article