Mengisi Dunia dengan Sinarmu

by Mulia Endriyana / 10 April 2017

You’re braver than you believe, and stronger than you seem, and smarter than you think


Bagi pembaca yang yang pernah menonton “Pooh’s Most Grand Adventure” pasti tahu bahwa kalimat itu dikatakan Winne the Pooh. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya “Kamu berani dari yang kamu percayai, dan lebih kuat dari yang kamu lihat dan lebih cerdas daripada yang kamu pikirkan.” Kutipan pada film itu saya jadikan sebagai motto hidup saya.


Sebut saja saya gadis “Kupu-kupu Betina”, kenapa dengan kupu-kupu? Saya sangat menyukai kupu-kupu, mereka sangat indah, warna-warni dan hidupnya sangat bermanfaat bagi mekarnya bunga. Jika dianalogikan sama halnya dengan wanita yang berparas cantik dan bermanfaat bagi diri dan sekitarnya. Jika saya diminta memilih menjadi hewan, saya akan memilih menjadi kupu-kupu karena tak hanya indah dipandang namun juga punya pesona.


#MemesonaItu “?”


Argumentasi orang perihal memesona tentunya berbeda-beda, sebelum saya berpendapat perihal memesona, saya ingin bernostalgia perihal diri saya sewaktu duduk di bangku SMP dan SMA, saya adalah gadis pemalu dan tidak percaya diri, sehingga jujur saja saya sangat kecewa dengan sikap saya yang pemalu itu, mungkin saat SMA jika saya tak pemalu, saya sangat populer di Sekolahan. Mengurung diri memang tak baik untuk dilanjutkan hingga saya ke jenjang mahasiswa, karena jika saya masih seperti itu tak ada hal yang menjadikanku terlihat memesona. Akhirnyapun saya tersadarkan oleh diri, saya harus berubah menjadi sosok yang percaya diri, hingga saya merubah perlahan-lahan kebiasaan pada diri saya. Saya memulainya dengan menjadi mahasiswa yang aktif di kelas dan mengikuti organisasi kampus yang bergerak di bidang sosial masyarakat, lalu memperbaiki cara berjalan saya yang sebelumnya selalu menundukkan kepala dan cuek dengan orang sekitar menjadi berjalan yang memandang sekitar dan menyapa orang-orang yang saya kenal dan banyak senyum, walalupun kesannya seperti tebar pesona tapi ini sangat asyik dan nyaman. Hal-hal yang saya lakukan itu telah membuatku terlihat memesona, karena semasa kuliah ini saya selalu terlihat cerah di wajahku dan juga terlihat energik, dan saya juga kerap kali dipanggil adik angkatanku dengan sebutan “Kakak Cantik”, wah sungguh saya merasa perubahan ini sangat drastis. Dengan kita bersikap ramah, sering tersenyum dan menyapa, hal itu akan membuatmu terlihat memesona.


“Ajininng raga soko busono” dalam bahasa Indonesia artinya berharganya badan (raga) kita dari cara berpakaian kita. Ungkapan itu berasal dari pepatah orang jawa, karena saya juga gadis jawa jadi meneladani ungkapan tersebut hingga saya pun menjaga cara berpakaian atau bergaya, gaya pakaian yang rapi dan indah akan menjadikan terlihat menarik. Keanggunan dan keindahan wanita akan terlihat dari busana yang dikenakan pula.


Potensi pada diri individu sangatlah penting, saya juga ingin mengembangkan potensi bakat yang saya miliki. Saya menambah wawasan mengenai pembuatan kreasi tangan melalui buku-buku perpustakaan, saya pelajarinya kemudian saya praktikkan, lalu ilmu yang saya peroleh diimplimentasikan pada adik-adik asuh komunitas Sahabat Tenggang Semarang dan Komunitas Rubbik, kegiatan tersebut tidak berlangsung lama karena waktu kuliah saya yang bertambah padat sekali, hingga akhirnya sudah tidak berjalan lagi. Walaupun hanya sebentar paling tidak saya sudah berbagi ilmu pada adik-adik. Kegiatan ini pun membuatku terinspirasi pada diri saya untuk selalu menjadi orang yang bermanfaat.


Menginspirasi diri dan orang-orang menjadi salah satu elemen yang membuat diri menjadi memesona. Sosok yang menginspirasi tentunya selalu menunjukkan aura positif dan melahirkan  diri memiliki kepribadian menawan. Orang-orang terinspirasi melaui tindakan-tindakan yang telah kita lakukan pada mereka, hingga akhirnya banyak yang mengagumi diri kita, sungguh kau memesona.


Harapku kini dan nanti, saya ingin selalu terlihat menyegarkan sepanjang hari, menggairahkan sepanjang waktu, menginspirasi diri dan sekitarku, menjadi diri yang kerap bermanfaat, dan selalu memiliki kepribadian menawan, terpancar selalu aura positif dari dalam diri, mengisi dunia dengan pancaran pesona dari sinarku.


#MemesonaItu berawal dari percaya diri, lalu harus berani berubah, menjadi sosok yang energik, memiliki bakat, lalu menginspirasi sepanjang perjalanan hidup dan menggairahkan sepanjang waktu. Terakhir yakin dan percaya, diri saya sungguh “Memesona”, Kau sungguh Memesona !