#MemesonaItu, Diriku pun Bisa !

by Sista Widya Ratnaningsih / 10 April 2017

Manusia diciptakan memang tidak ada yang sempurna, akan tetapi di antara ketidaksempurnaan itu terdapat beberapa hal yang menjadikan seorang manusia lebih memikat dan memesona di antara yang lain. Begitu pula dengan saya. Dan menurut saya, #MemesonaItu tidak bisa didapatkan karena keturunan atau bawaan lahir. Diperlukan upaya-upaya khusus untuk bisa memancarkan pesona kita. Upaya yang bagaimana kah itu?


SECARA FISIK

Tidak bisa dipungkiri, hal yang pertama kali kita perhatikan ketika bertemu dengan orang yang baru adalah penampilan fisiknya. Akan tetapi, apakah #MemesonaItu harus berparas cantik dan berbadan langsing nan molek bak model Victoria Secret? Nope. Semua wanita bisa tampil memesona, tak memandang bentuk badan dan warna kulit mereka. Kalau begitu, apa sih yang masuk di kriteria memesona secara fisik?

1. Kebersihan Badan

Pernah menganggap orang yg kumal dan berbau badan yang menyengat itu memesona? Pasti tidak, Maka dari itu, kita harus menjaga kebersihan badan kita setiap waktu. Jangan pernah malas untuk mandi dan keramas setiap harinya, sikat gigi minimal 2 kali sehari, membersihkan wajah setelah memakai make up, dan untuk yang bermasalah dengan bau badan bisa memakai deodoran atau parfum seperlunya. Sesekali ke salon untuk perawatan badan, wajah, dan rambut bisa juga kita lakukan agar penampilan kita lebih menarik lagi tentunya, tetapi bukanlah merupakan suatu keharusan.

2. Kesehatan

Badan yang enerjik dan fit tentu akan terlihat lebih menarik. Lalu, bagaimana dengan orang berbadan gemuk? Well, saya juga memiliki badan gemuk. Tapi menurut saya, yang terpenting adalah bagaimana kita terlihat sehat dan melakukan kegiatan sehari-hari kita dengan penuh semangat. Memang orang yang langsing / kurus sudah berarti sehat? Atau orang yang gemuk sudah pasti sakit-sakitan? Tidak, bukan? Itu semua tergantung dari lifestyle kita. Berolahraga, memperbanyak makan sayuran dan buah, tidak merokok, dan tidak meminum alkohol adalah beberapa hal yang dapat membuat kita hidup lebih sehat. Mau kurus atau gemuk, kalau kita menyayangi tubuh kita dengan hidup sehat, kita akan mendapatkan manfaat yang lebih dari apa yang kita lakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan badan kita.

3. Cara Berpakaian

Baju yang kita pakai tidak harus bermerk terkenal dan berharga mahal. Sesuaikan dengan kemampuan kita. Bisa juga dengan mix n match baju-baju yang sudah kita punya. Atau mungkin sedikit me-reform baju lama sehingga lebih terlihat trendy dan tidak terkesan jadul kalau kita kenakan sekarang. Jangan takut mencoba style baru, tapi harus juga sesuaikan dengan bentuk badan dan kenyamanan kita masing-masing. Tiap orang pasti punya beberapa bagian tubuh yg ingin ditutupi, misal saya sendiri memiliki panggul dan lengan yang besar. Saya pun menyiasatinya dengan menggunakan rok / baju dengan panjang menutup panggul serta outer untuk menutupi bagian lengan. Fashion itu sendiri juga harus perhatikan TPO ya! ("Time, Place, Occasion). Jangan sampai kalian mau tampil fashionable tapi karena tidak cocok dengan TPO, jatuhnya malah salah kostum.

4. Make Up


Make up memang berfungsi untuk mempercantik wajah kita, namun untuk menambah pesona dalam diri, kita tidak perlu dandanan yang menor dan norak. Cukup gunakan make up yang simple dan natural untuk sehari-hari. Pelembab, bedak tipis dan lipstik atau lip balm sudah cukup untuk membuat wajahmu tidak kusam. Kalau punya alat make up lebih, bisa pakai produk tambahan seperti sunblock, bb / cc cream, blush on, dsb nya. Asal, pakai make up sesuai kebutuhan (TPO) dan juga gunakan style make up yang cocok dengan wajah kita. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan make up sampai bersih agar kulit wajah tidak bermasalah.


KEPRIBADIAN

Selain tampilan secara fisik, pesona seseorang juga tergantung pada kebribadian yang ia miliki. Sering saya temui orang-orang dengan kepribadian yang baik terlihat jauh lebih memesona. Apa sajakah itu?

1. Ramah dan murah senyum

Pasti ada teman kalian yang memiliki kriteria seperti ini. Ramah, murah senyum, selalu menyapa, dan sebagainya. Kita pun merasa nyaman dan senang berada di sekitarnya. Orang-orang dengan kepribadian tersebut menurut saya sangat memesona dengan cara membawa kebahagian dan kenyaman kepada orang lain di sekitarnya. Tak semua orang mampu melakukan hal ini tiap harinya, terutama bila kita sedang dalam tekanan stress atau kelelahan. Tapi kita sendiri bisa mengubahnya sedikit demi sedikit dan menjadikan diri kita lebih ramah dan murah senyum kepada orang lain. Saya pun begitu.

2. Rendah hati dan menghargai sesama

Berdasarkan pengalaman saya, orang yang rendah hati lebih banyak memiliki teman, disenangi orang sekitar, dan selalu dihargai dimanapun mereka berada. Setinggi apapun jabatan kita, tidak berarti memperbolehkan kita untuk berbuat semena-mena dan meremehkan orang lain. Besikap congkak dan angkuh justru akan membuat orang-orang sekitar menaruh benci terhadap diri kita. Hargai pendapat dan usaha orang lain, jangan pernah menilai buruk pada hasil yang tidak kita senangi, karena semuanya ada proses yang perlu kita apresiasi.

3. Jadi teman yang baik


Punya banyak teman memang baik, tapi apa kita sudah jadi teman yang baik buat mereka? Menjadi pendengar yang baik, selalu siap bantu teman yang sedang kesusahan, selalu ada di samping mereka ketika dibutuhkan, dan walaupun kita secara fisik tidak bisa menemani mereka, pastikan kita selalu ada untuk mendukung mereka. Hal ini sebenarnya bercermin pada sahabatku sendiri, dimana dia selalu ada buat saya. Ketika ia selalu ada ketika saya butuh bantuan, saya merasa dia orang yang sangat bisa diandalkan. Dan menurut saya, #MemesonaItu salah satunya orang yang bisa dipercaya dan diandalkan.

4. Tambah wawasan

Jangan pernah berhenti belajar. Belajar tidak harus berada di kelas saat sekolah atau kuliah, kan? Dan menambah wawasan di berbagai bidang dapat membantu kita ketika bertemu orang-orang baru dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai topik. Orang yang berwawasan luas akan membuat orang lain lebih senang berbincang dengan mereka, dan itu sangat memesona.

5. Percaya diri


Terakhir, percaya diri. Menurut saya ini hal terpenting untuk membuat diri kita lebih memesona. Dengan percaya diri, kita dapat melakukan apapun semampu kita dan berani menunjukkan diri kita apa adanya di depan orang lain. Dukungan orang terdekat seperti keluarga dan sahabat tentu bisa membuat kepercayaan diri kita semakin kuat. Jangan takut untuk mengekspresikan diri kita, karena belum tentu juga mereka lebih baik dari kita.


-


Berbadan tinggi dan besar (tb: 174cm, bb: 120kg), membuat saya minder dan tidak percaya diri. Saya sering merasa menjadi raksasa di antara teman-teman perempuan saya. Akan tetapi pada usia 20 tahun,  sahabat-sahabat hebat saya membuat saya membuka pikiran saya. Sejak saat itu, sedikit demi sedikit saya mulai mengubah penampilan saya untuk lebih menarik, belajar dandan, memberanikan diri untuk tampil di depan umum dan sebagainya. Memang tidak mudah melakukan hal yang belum biasa kita lakukan. Sampai sekarang pun, saya masih terus berupaya untuk melakukan hal-hal yang saya sebutkan di atas. Dan yang terpenting, lakukan apapun yang bisa membuat kalian bahagia.


Kita memang tak terlahir sempurna, tapi kita bisa berusaha untuk membuat diri kita lebih memesona. #MemesonaItu, Diriku pun Bisa! Begitu juga kalian. Selalu pancarkan pesona dimanapun kalian berada. Mari kita memesona bersama !