Ketika #MempesonaItu menjadi teladan bagi orang lain

by Yosi Rima Riana / 10 April 2017

Menurut saya #MempesonaItu adalah ketika seseorang dapat menjadi teladan dimanapun dia berada. Seperti sesuatu yang menjadi terang didalam kegelapan.

Terkadang seseorang tidak percaya diri akan dirinya seperti minder akan kondisi fisik ataupun ekonomi, tanpa dia sadari ia tetap memiliki kelebihan yang dapat dipandang dan mempesona orang lain ketika ia bisa memberi pengaruh pada lingkungannya bahkan masyarakat yang melihatnya.

Kisah saya dimulai ketika saya masih menjadi seseorang obesitas, tak saputup orang yang mempercayai saya. Saya merasa begitu tidak berguna bagi orang lain. Disekolah misalnya, tak ada orang yang berharap dapat satu kelompok dengan saya, dirumah saya seperti sebuah batu yang hanya diam karena saya sangat ceroboh dan mereka tak ingin merepotkan diri karena ulah saya, terlebih digereja saya sangat minder jika disuruh pelayanan.. bukan karena tak bisa, namun saya memang malu dengan keadaan fisik saya. Saya pikir boro-boro saya memimpin acara.. saya datang saja mungkin orang lain jijik melihat saya. Ilusi ketidak percayaan diri itu selalu membayangi diri saya bahkan ketika bersama teman-teman saya terus saja merasa dipermalukan oleh fisik saya sendiri.

Hingga ketika suatu hari saya memutuskan untuk melakukan olahraga dan mulai berdiet. Saya mengurangi porsi makan dan mulai membiasakan diri dengan hidup sehat. Hari-hari saya jalani dengan semangat dan berharap saya bisa menjadi seperti yang saya inginkan. Dan benar saja, tak lebih dari 2 bulan, saya telah mendapatkan tubuh yang ideal dan indah. Kepercayaan diri saya memuncak, bahkan banyak teman disekitar saya yang termotivasi dari kegigihan saya. Tak sedikit dari mereka mencob program diet saya dan benar saja, mereka dapat memiliki tubuh yang mereka inginkan. Yang membuat saya sedih adalah ketika banyak juga dari mereka yang berkata bahwa mereka tak menuntut saya harus seperti apa, mereka dari dulu telah menerima saya apa adanya dan telah iklas melihat diri saya. Namun saya rasa tak ada salahnya, saya justru senang bisa seperti sekarang dan menginspirasi banyak orang disekitar saya. 

Dan ketika percaya diri saya meningkat, saya kembali tak sengaja menulis sebuah puisi dan mengirimnya kepada guru saya. Tanpa persiapan saya iseng saja dengan niat menghibur diri. Dan ternyata dari sekian banyak siswa ia menunjuk saya untuk mengikuti loma kabupaten dan lagi-lagi saya beruntung dapat memenangkannya. Saya berangkat mewakili kabupaten saya dan Puji Tuhan dapat meraih juara 2 tingkat provinsi. Dan sepulangnya saya, kembali saya mendapat sambutan hangat teman-teman saya. Mereka merasa benar-benar banyak dapat memetik hal positiv dari saya, sebagian merekapun menggilai sastra begitu mendengar cerita saya tentang ilmu dan sastra yang saya dapati setelah mengikuti lomba. Banyak mereka yang berbondong - bondong mengajak saya belajar bersama mengenai sastra. Dan itu bukan karna kekuatan dan kemampuan saya, saya yakin itu berkat anugrah yang Tuhan berikan kepada saya sehinggga sosok saya dapat menjadi sosok yang menginspirasi banyak orang saat ini. 

Digereja , saya juga telah aktiv dalam berbagai pelayanan, saya tak segan-segan memimpin acara beberapa kali dalam event besar yang dihadiri oleh lebih dari 500an orang, demikian pula disekolah. 

Saya juga aktif dalam penyiaran radio pelajar setiap minggunya. Saya sangat senang bukan karena apa yang saya dapafkan saat ini. Saya senang karena dapat memberi dampak positif bagi lingkungan saya. Saya sangat bahagia jika banyak orang yang dapat belajar dari pengalaman hidup saya dan menjadikan motivasi kepada mereka untuk terus berjuang.

Jadi untuk sobat-sobat semua yang membaca, jangan pernah minder akan apa yang ada pada diri kita. Kita diciptakan berbeda dari orang lain, dan tentunya pasti ada suatu hal dalam diri kita yang dapat membuat kita bercahaya ditengah kegelapan atau ilusi ketakutan itu sendiri. Saya merasa #MempesonaItu adalah ketika hidupmu dapat menjadi insprirasi bagi banyak orang, #MempesonaItu adalah hal yang indah bagi saya dalam hidup, ketika kehidupan kita menajdi teladan bagi orang lain, disitulah pesona itu akan bersinar dari dalam diri tanpa perlu kita tunjukan. 

Dan #MempesonaItu ketika cahaya kehidupan kita dapat menyinari banyak sudut dalam dunia ini. Sehingga kita menjadi berguna bagi orang lain dan bermanfaat bagi lingkungan kita. Trimakasih.