WAHAI PUAN, #MEMESONAITU TANPA SYARAT

by Intan Larasati / 10 April 2017

Berlomba-lomba kini tak menunggu peringatan merdeka, karna saat ini setiap saat kita berada dalam berbagai kompetisi. Para Puan memiliki kiblat sendiri untuk dunianya, dari fashion hingga pendidikan. Terutama dalam hal fashion, begitu banyak yang mengikuti gaya hidup idolanya. Hai, Puan apa kau salah satu yang berdoyong-doyong merubah fisikmu untuk sebuah persaingan? sebuah kiblat yang kau sebut trend? apa hidungmu kini menjadi ramping? perutmu sudah terlihat rata? kulitmu sudah mulai seputih susu? atau kau merubah pola hidupmu setelah mengikuti sosial media idolamu? tasmu berjuta-juta kelihatannya? baju yang kau kenakan terlihat sama seperti si idola di layar kaca? nampaknya kartu kreditmu mulai bermekar bunga-bunga. Tempat yang kau kunjungi bukan lagi kedai kopi di persimpangan jalan, itu lebih seperti secangkir kopi, yang seharga satu set cangkir kopi itu sendiri. Puan tidaklah salah caramu menikmati hidup, dan jika mimpimu adalah menikmati hal yang seperti itu maka simpanlah dengan baik untuk motivasi diri.

Tapi mari kita sederhanakan. Jika saat ini yang mampu kau lakukan perawatan di salon dekat gang, yang mampu kau beli hanya brand kw super, yang mampu kau kenakan gaun setengah harga dan yang mampu kau makan dan minum saat cengkerama dengan temanmu hanya kafe kecil di pinggir jalan maka jangan paksakan. Sungguh kau memiliki hal lain yang lebih menarik untuk dilakukan. Tak melulu menjadi yang orang lain pikirkan, karena kita berpijak di atas kaki kita sendiri. Tak perlu kau khawatirkan tampilanmu ketika kau memiliki kecerdasan dan ketulusan hati.

IMG_20161122_003722

Para Puan kini bukan hanya berparas cantik tapi juga cerdas dan bertalenta, sebagai bukti ada banyak kompetisi kecantikan yang melahirkan seorang yang mengagumkan namun sayangnya kompetisi tersebut terbatas usia, jumlah dan waktu. Kau tak selalu berkesempatan dalam mengikutinya, maka temukan cara lain karena kompetisi kecantikan bukanlah satu-satunya cara untuk unjuk diri. Ketahuilah ada hal lain tuk menitihnya, lalu apa sebenarnya #MemesonaItu? Ketika kau menjadi diri sendiri, bersinar dengan caramu sendiri. Karena pada dasarnya kita adalah bintang-bintang yang bersinar dan berperan utama dikehidupan kita masing-masing. Jadi kau tak memerlukan patokan yang dibuat orang lain, kau akan menemukan memesona itu dalam dirimu sendiri. Lalu bagaimana caranya menjadi #MemesonaItu ?

  1. Ciptakan, temukan bakatmu atau hal yang menarik bagimu dan bisa dijadikan lebih dari sebuah hobi, mengenali potensi diri adalah awal yang baik untuk memulai tujuanmu.
  2. Kembangkan, ketika kau mulai tertarik dan mencintainya maka gelutilah dunia yang kau cintai, kau bisa mencari tahu lebih banyak tentang hal-hal baru. Memperluas wawasan sangatlah penting sebagai keberlanjutan tujuanmu dan menjadi alat untuk berlatih.
  3. Berkarya, mulailah debutmu karena tidak ada yang tahu jika suatu saat kau sendirilah yang menjadi inspirasi di dunia yang kau cintai itu sendiri. Begitupun dengan kegiatan positif lain, kau bisa melakukan hal yang sama untuk mewujudkannya. Ingatlah perjuanganmu takkan menghianati hasil, gagalpun tak masalah kau hanya perlu bangkit dan mencoba lagi, kegagalanmu lah yang nantinya membawamu pada kemenangan. Karena kegagalanmu akan menjadi guru yang mengoreksi kesalahan untuk diperbaiki.

Jadi, Puan mulailah mencoba menemukan memesonamu dan ingatlah selalu menebar kebahagiaanmu dan kebaikan hatimu dengan orang di sekitarmu. Senantiasa percaya pada dirimu karena pada dasarnya kita yang melahirkan daya tarik itu sendiri, jadi untuk #MemesonaItu kau tak perlu terpaku sebuah fisik atau tampilan semata karena #MemesonaItu tanpa syarat.