#MemesonaItu Memahami Banyak Peran Sebagai Seorang Wanita

by Primastuti Suryani / 10 April 2017

#MemesonaItu …

Berkesempatan untuk menuliskan tentang arti #Memesonaitu menjadi sesuatu yang istimewa untuk Manda, terlebih dalam perjalanannya menjadi seorang anak perempuan yang beranjak dewasa dan kini sudah memasuki usia kepala 3. Perempuan manapun tentu ingin tetap tampil memesona sebagai bentuk apresiasi diri terhadap sebuah citra diri yang melekat pada dirinya. Tak terkecuali Manda, melalui tulisan ini, Manda akan berbagi pandangan tentang arti #MemesonaItu.

Wanita, wani ditoto, yang artinya berani ditata dan berani diatur. Didalamnya terdapat makna-makna luhur, yaitu: taat aturan agama, patuh pada suami dan hukum, dan mampu berkomitmen. Tentunya masih banyak lagi makna yang lebih luas dari kata wanita. Seorang anak perempuan yang menjadi kesayangan dari ayahnya, ketika masanya sudah harus berumah tangga, akan berperan menjadi anak, istri dan ibu.


#Memesonaitu memahami peran seorang wanita di banyak hal di kehidupannya.

Banyak artikel yang mengakui bahwa perempuan memiliki kekuatan yang luar biasa. Salah satuya karena dianugerahi air mata oleh Tuhan. Dan memang terbukti, kekuatan seorang perempuan saat melahirkan yang mampu menahan rasa sakit, sungguh luar biasa.

Lalu, apa yang membuat Manda merasa memesona? Menjadi diri sendiri adalah sebuah kebahagiaan yang bisa menjelaskan arti #memesonaitu sendiri.

#Memesonaitu berperan menjadi anak perempuan bagi orang tua dan mertua.

Memilih menikah dengan Panda, artinya menikahi seluruh keluarga. Mengenal baik orang tua dan saudaranya. Menyadari bahwa keluarga lebih dari apapun di dunia ini. Mengenalnya lebih dari 10 tahun, membuat saya dan keluarga Panda begitu dekat. Alhamdulillah, berada di keluarga mertua tidak merasa asing, bahkan Manda lebih dekat ke keluarga Panda dibanding Panda sendiri. Hihihihi.

Tidak ada tips khusus untuk menjaga hubungan dengan keluarga mertua, yang Manda lakukan hanya berusaha menjadi diri sendiri dan melakukan segala sesuatu tanpa paksaan. Dan berkomitmen dengan Panda untuk berumah tangga adalah berkomitmen juga dengan seluruh keluarga besarnya.


Di keluarga Manda, Panda sudah seperti anak sendiri. Disamping papa tidak punya anak laki-laki, Panda juga tipe orang yang menghormati keluarga Manda sehingga mudah baginya untuk bisa diterima dan menerima orang lain.


Alhamdulillah, perjalanan pernikahan kami sudah 9 tahun dan selama ini, kami berdua berusaha adil kepada kedua orang tua kami. Maklumlah, kami berada di kota yang sama, sehingga 1x seminggu untuk berkunjung pun harus dibagi-bagi, ditambah hobi traveling kami berdua yang kadang tidak cocok dengan jadwal mama papa kalau mau mengajak. Ketika kami harus bepergian, yang menjadi alasan silaturahmi adalah oleh-oleh. Dan sudah menjadi hafalan, setiap  bepergian mampir di dua tempat untuk mengantarkannya.


Bahagia itu sederhana dan #memesonaitu sesuatu yang berawal dari bahagia bersama orang-orang yang kita sayangi.

#Memesonaitu berperan menjadi istri rumah tangga untuk Panda

Menjadi pasangan sejak pacaran sampai akhirnya berumah tangga, adalah hal seru menjadi fase lanjutan dari Manda sebagai seorang wanita. Menikah selama 9 tahun tentunya bukan lagi waktu yang sebentar menjadi pasangan. Bagi yang sudah lama mengenal Manda Panda, pasti mengetahui bahwa Panda Manda saling mengenal sejak kelas 5 SD dan lalu menjadi teman dekat sejak duduk di bangku SMA. Aaah, nostalgia SMA memang benar adanya.

Nostalgia SMA kita, Indah lucu banyak cerita, 
Masa-masa remaja ceria, Masa paling indah.

...  
(penggalan lirik lagu : Nostalgia SMA)

Duh duh, malah nyanyi niii... ya, menyanyi itu membuat hati riang dan bahagia. Tak jarang menyanyikan bait lagu romantis bisa mengingatkan pada kenangan manis di masa lalu yang membuat pipi merona. Menjadi #memesonaitu menyanyikan bait-bait lagu kehidupan dengan riang dengan pasangan.




Sebagai istri rumah tangga, #memesonaitu jika bisa mendukung Panda dalam doa, menemani dan menyiapkan kebutuhannya.


Memasak adalah me time bagi Manda, tak jarang menyertakan #dapurmanda untuk hasil karya penuh cinta yang berhasil Manda buat untuk Panda. Saya bukan orang yang jago memasak, tapi cita rasa dan proses memasak yang penuh cinta membuat masakan yang Manda masak selalu pas di lidah Panda. Ehmm, sebenarnya nilai selalu itu pernah gagal 1-2 kali dari 50 masakan yang pernah Manda buat. Hihihi. Mungkin bagi istri rumah tangga yang tidak suka memasak, hal lain masih bisa dilakukan sebagai me time-nya istri rumah tangga. Dan melakukan hal-hal yang kita sukai membuat kita tampil memesona.





#Memesonaitu tahu hal yang membahagiakan di sekitarnya sehingga membuat orang lain pun merasakan kebahagiaan yang kita rasakan.

Melewatkan saat-saat bersama menjadi Manda dan Panda sangat berwarna. Melewati hobi wisata dan makan adalah hal yang terbiasa kita lakukan sejak kita bersama. Tak heran jika blog www.tamasyaku.com menjadi diary dunia maya kami berdua.


#Memesonaitu bisa berbagi banyak hal yg kita alami, baik pengalaman baik atau buruk, sehingga org bisa ikut merasakan senangnya tapi juga tidak perlu merasakan pengalaman buruknya. Oleh karenanya, traveling membuat Manda dan Panda merasa bisa berbagi untuk bisa menjadi memesona.

#Memesonaitu menjadi working at home sebagai bentuk aktualisasi diri.

Berbekal gelar M.Si. untuk menjadi tiket menikah, membuat Manda merasa menjadi anak perempuan yang beruntung memiliki orang tua yang membekali anak perempuannya dengan ilmu. Entah nantinya anak perempuan itu akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, harapannya, bekal ilmu yang diperoleh bisa menjadikannya istri dan ibu yang bisa mencerahkan dan bermanfaat untuk sekitarnya.


Perjalanan waktu memberikan hal yang tidak terduga dalam kehidupan karir Manda. Pilihan menjadi pendamping bagi Panda dan keputusan untuk tidak terlalu capek dan terbebani dengan rutinitas, membuat Manda akhirnya memilih menjadi working at home Manda.

Bersyukur memiliki suami yang mengijinkan istrinya untuk tetap berkembang dengan hal-hal yang menjadi kesukaannya. Buat Panda, selama itu positif dan nyaman untuk Manda, maka lampu hijau akan selalu menyala dan mengantongi restu suami untuk melakukan aktivitas yang dibayar. 

Bukankah bekerja adalah melakukan hobi yang dibayar?

#Memesonaitu tahu bagaimana melakukan pekerjaan yang menyenangkan dan menyamankan, serta tidak menyalahi kodrat sebagai istri dalam keluarganya.



Pilihan sebagai working at home sudah cukup bagi Manda untuk menghabiskan waktu luang selama Panda ke kantor. Membagi waktu sebagai anak, istri, blogger, mompreneur minimarket dan  leader untuk tim bisnis produk skincare membuat hari-hari Manda menjadi penuh warna. Memanfaatkan teknologi internet dan smartphone untuk bisa bekerja secara cerdas melalui gadget. 


Bersyukur memiliki teman-teman sevisi dan sepemahaman untuk berkembang bersama adalah kunci membangun kebersamaan dalam sebuah TEAM, Together Everyone can Achieve More.

#Memesonaitu berbagi banyak peran untuk sekitarnya tanpa harus menyalahi kodrat sebagai seorang wanita.

Wanita boleh memiliki segudang prestasi, namun tidak boleh melupakan asalnya, karena seorang Hawa tercipta dari tulang rusuk nabi Adam. Di luar aktivitas bersama orang tua dan mertua, aktivitas bersama Panda, dan jadwal di luar sebagai working at home Manda, Manda pun melakukan aktivitas yang seru bagian dari kepercayaan yang diberikan Panda. Seperti melakukan servis berkala pada kendaraan yang Manda pakai sehari-hari.


Cara Panda menjaga Manda adalah dengan memberikan kepercayaan untuk Manda melakukan hal-hal yang mampu Manda kerjakan. Walaupun sepele seperti mengganti gas dan membalik galon, kedua hal tersebut tidak pernah Panda ijinkan untuk Manda melakukannya di rumah.

#Memesonaitu menjadi makhluk sosial di sekitar tempat tinggal kita dan berbaur dengan masyarat sekitar.

Menjadi seorang istri dan memilih tinggal jauh dari orang tua dan mertua adalah hal yang memang sudah menjadi konsekuensi kami berdua sejak memutuskan untuk menikah. Membaur dengan masyarakat, mau tidak mau harus berbagi peran sebagai makhluk sosial di sekitar rumah tinggal kita.


Tetangga adalah keluarga terdekat kita, tak heran jika berada di saat genting, yang memberikan bantuan pertama kali adalah tetangga. Kegiatan bersama dengan tetangga satu RT menjadi rutinitas Manda sebagai bagian dari masyarakat, seperti : PKK RT, PKK RW, kajian Khoirunnisa’, kegiatan sosial di RT dan turut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh RT dan RW.


Hari-hari yang Manda lewati sampai hari ini penuh warna seperti pelangi. Terkadang sehabis panas terik, turun hujan rintik dan suatu waktu ada angin kencang bertiup. Kadang hujan lebat disertai petir yang lalu mereda dan digantikan pelangi dan senja yang indah. Semburat mentari berwarna keemasan saat pagi memulai hari dan ditutup warna jingga saat senja mengantarkan matahari pulang ke peraduannya.

Demikian hidup yang dialami Manda, berganti dan berwarna-warni hingga menemukan arti dari #memesonaitu membagi banyak peran dalam kehidupan. Selagi masih diberi waktu untuk berbuat banyak kebaikan, akan Manda manfaatkan untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaan untuk orang-orang tersayang dan dekat dengan hari-hari Manda.


#Memesonaitu bisa bahagia dengan menjadi diri sendiri.