#MemesonaItu Berani Melangkah dan Bangkit dari Zona Nyaman

by Putri Oktaviani / 10 April 2017

Perempuan yang #MemesonaItu, buatku adalah yang berani punya mimpi dan harapan tetapi tidak diam saja. Jadi, tidak hanya sekedar bermimpi dan berharap, menurutku, setiap perempuan harus memiliki tujuan dan melakukan upaya untuk meraihnya. Tidak jarang aku dengar teman-teman maupun sesama perempuan memiliki cita-cita yang tinggi, namun terbentur dengan beragam faktor. Kesulitan tersebut tidak hanya datang dari luar seperti desakkan ekonomi maupun lingkungan yang kurang mendukung, juga dari dalam diri sendiri. Yap, betul. Diri sendiri. Teman sekaligus musuh terbesar kita adalah diri sendiri. Kenapa? Karena diri sendiri-lah yang menentukan arah kemana pikiran, hati, serta kaki melangkah. 


Setiap perempuan punya keunikannya masing-masing. Anggapan tersebut terkesan klise, namun buatku, ini benar adanya. Aku pun menyadari bahwa tidak ada perempuan terlahir dengan karakter yang sama, semua punya jalan pikiran nya masing-masing. Aku sendiri pun merasa, bahwa keunikan tersebut tidak boleh disamakan, diseragamkan, ataupun mendapat pengekangan, karena bisa menghambat proses metamorfosa seorang perempuan untuk menjadi lebih hebat.


Sebagai perempuan, banyak sekali pihak-pihak yang terkesan 'memanjakan', seperti dengan anggapan "perempuan lebih baik dirumah saja" atau "perempuan harusnya lebih jago urusan rumah tangga dibanding terjun ke publik". Tapi please stop untuk beranggapan demikian, dan jangan pernah terlena dengan anggapan tersebut. Kalau bisa jago urusan rumah tangga dan bisa jadi hebat di bidang yang lain, kenapa tidak?. Sebagai perempuan, kita semua punya kekuatan dan kelebihan yang harus diasah dan diberdayakan. Perempuan akan semakin terlihat #MemesonaItu ketika ia bisa melampaui batas yang selama ini dipikirkan atas dirinya. Akan sangat disayangkan, ketika zaman semakin maju, namun perempuan masih dalam kekangan bahwa ia harus membatasi diri dalam peran domestik, dan menjadi tidak terpikir untuk mengembangkan diri. 


Beranikan diri dan bangkitlah dari zona nyaman!. Ya, hal ini merupakan kunci untuk mengukur seberapa pantas perempuan dapat mengeksplorasi dirinya. Akupun membuktikan sendiri, bahwa kepercayaan diriku semakin meningkat, ketika aku bisa membuktikan bahwa aku bisa. Ketika aku percaya aku bisa, maka semangat itu yang akan menuntun pada hasil akhir. Entah hasil yang diinginkan atau tidak, yang jelas, diri sendiri jadi tahu, sudah sejauh mana usaha yang dilakukan. 


Pengalamanku adalah di masa kuliah ini, buatku ini adalah masa yang tepat untuk menempa diri. Aku pun berusaha untuk tidak hanya mengisi kegiatan dengan berkuliah, aku kemudian bergabung dalam organisasi badan legislatif di kampus, hingga dipercaya menjadi ketua divisi. Ketika aku merasa lelah dengan yang kujalani, akupun teringat bahwa bukankah ini yang aku inginkan dan harus menjadi tanggung jawabku?. Aku buktikan dengan etos kerja yang baik, ketika hasilnya seperti yang aku inginkan, aku merasa bahwa aku berhasil melampaui yang mungkin saja orang lain pikirkan tentang diriku. Ketika apa yang kulakukan dapat membuat suatu pembuktian yang baik, saat itu aku merasa memesona.


Pembuktianku tidak hanya sampai disitu, menurut ku, aku harus memiliki prestasi yang lebih. Aku buktikan bahwa aku bisa berada di forum internasional. Aku tidak hanya bertekad, aku berjuang sangat keras. Aku bersyukur, bahwa doa dan usahaku berhasil, aku bisa berangkat ke Jepang untuk ikut dalam konferensi internasional, aku buktikan aku keluar dari zona nyamanku. Aku percaya, ketika aku bangkit untuk berusaha hasilnya akan membanggakan. Senang rasanya bisa membuktikan ke diri sendiri, keluarga, teman, dan orang lain bahwa aku bukan anak manja yang hanya bisa menunggu keajaiban. Aku berusaha untuk menjadikan diriku memesona.


Dari pengalamanku, aku berharap setiap perempuan memiliki tekad kuat untuk bisa bangkit dari zona nyamannya, dan #MemesonaItu tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi sekaligus bagi orang lain. Aku sadar bahwa aku bukan orang yang sempurna, tetapi setidaknya, aku bisa merasa memesona karena aku punya keberanian untuk bangkit dan berusaha menjadi perempuan yang mandiri. Percayalah, setiap diri perempuan itu memesona, tergantung dari bagaimana ia berani melangkah dan membuktikannya. Buatlah mereka di luar sana menyadari, bahwa #MemesonaItu tidak hanya paras yang cantik, tapi juga hati yang baik dan pribadi yang cerdas. Jadi, ayo bangkit dari 'zona nyaman'-mu! :).