#MemesonaItu Jadi Diri Sendiri dan Ga Pusingin Omongan Orang Lain

by Wina Antonia / 10 April 2017

“A, ada korek ?”

Itu kalimat yang pertama kali gue denger pas gue pergi main sama temen-temen gue ke daerah Bukit Bintang di Bandung dengan rambut baru gue. A itu dari kata Aa dalam Bahasa Sunda. Yang artinya kalau di Bahasa Jawa tuh kaya Mas. Pas denger kalimat itu yang gue rasain jujur aja sih shock pastinya. Gue langsung mikir, “Sekaya cowo itukah gue sampe cowo aja nanya ada korek api buat ngrokok aja ke gue.” Padahal temen – temen cowo gue juga banyak yang lagi barengan sama gue.

Dari kecil emang itungannya gue tuh cewe yang tomboy. Panas-panasan, main basket udah kerjaan sehari-hari lah sampe SMA. Begitu masuk kuliah emang sih frekuensi main basket berkurang. Tapi bukan berarti tomboynya gue ilang. Gatau kenapa gue iseng aja pengen potong cepak rambut gue. Alesannya? Ya karena gue bosen sama rambut yang kemaren-kemaren. Pengen coba yang baru aja. Dan akhirnya keinginan potong rambut cepak itu bener-bener gue lakuin dan alhasil adalah dipanggil Aa itulah yang terjadi berikutnya.

Gue bisa dibilang jauh bangetlah dari definisi feminim. Ketika cewe-cewe lain demen make-up kemana-mana, gue udah merasa cukup selama muka gue bersih tanpa jerawat. Ketika cewe lain milih ngabisin waktu berjam-jam buat di salon, gue mah cukup keramas di rumah pake shampoo sama conditioner kalau lagi pengen ya pake masker rambut sama sesekali cat rambut sendirian. Ketika cewe lain milih olahraga di tempat-tempat gym atau yoga, pilates dkk, gue lebih suka lari-lari di lapangan basket ngejar-ngejar bola sampe keringet ga kekontrol. Yang paling bikin gue ga cewe banget menurut temen-temen gue sih ya kelakuan gue. Salah satunya adalah ketawa ngakak gue yang super ga kekontrol.

Gue juga orang yang easy going. Karena sifat gue ini ya otomatis bikin gue jadi punya banyak temen. Mau itu cowo atau cewe. Tapi ya karena gue tomboy jadinya gue ya banyak nyambung sama temen-temen cowo gue. Dan kalau udah nyambung alhasil jadinya deket banget. Banyak kritik-kritik yang dateng dari mereka. Mulai dari, gimana mau dapet cowo (a.k.a) kalau penampilan masih sama kaya cowo malahan lebih ganteng daripada cowo beneran, atau kapan mau dapet cowo kalau kelakuan masih kaya begitu, atau jangan terlalu deket kalau sama temen cowo ntar kalau ada cowo yang naksir sama lu keder duluan nyangkainnya lu udah punya pacar padahal mah jomblo akut tapi dengan temen cowo yang terlalu deket dan super bejibun.

Buat gue udah biasa banget denger kritik-kritik mereka yang kaya gitu. Dulu awal-awal denger mereka kritik gitu kadang gue suka kepikiran. Tapi makin kesini gue mikir, buat apa juga gue terlalu mikirin yang orang-orang bilang tentang gue. Bukan berarti gue keras kepala dan ga mau dengerin apa kata temen-temen gue. Karena sejujurnya yang dibilang sama temen-temen gue juga ga salah.

Emang gue cewe yang tomboy, tapi gue rasa ga ada yang salah dengan menjadi tomboy selama gue bisa jadi diri sendiri dan nyaman dengan gaya gue, apa yang gue lakuin dan selama kelakuan gue ga ngerugiin orang lain. Lagian kan bukan berarti karena gue tomboy gue gabisa dandan jadi cewe beneran. Setomboy-tomboynya gue ya gue tetep senenglah kalau dandan cantik dan bisa pake kebaya yang cewe banget di hari wisuda gue, atau pake dress yang lucu-lucu dan elegan buat dateng ke pesta atau ngumpul sama temen-temen gue. Tapi emang kejadian-kejadian tersebut jarang terjadi karena emang gue lebih nyaman dengan gaya gue yang sekarang, yang kemana-mana pake kaos, celana jeans, sneakers, ransel karena menurut gue itu ga ribet dan simple.

Jadi buat kalian cewe-cewe tomboy di luar sana, yang banyak menerima komentar-komentar dari temen-temen maupun sering disangkain cowo saking ga ada cewe-cewenya sama sekali, atau yang sering dibilang lebih ganteng daripada cowo beneran. Jangan khawatir! Jangan ubah diri lu di saat lu belum siap. Jangan ubah diri lu cuma karena cape dengerin komentar dan kritik dari orang-orang di luar sana. Pede aja sama diri lu sendiri. Tetap bersikap positif di mana pun kalian berada. Sikap positif itu yang bikin orang-orang betah di samping kalian. Inget ! Ga masalah jadi tomboy selama lu ga ngerugiin orang mana pun di dunia ini !

Masalah kapan dapet jodoh kalau tomboy terus. Hhmmm ini pertanyaan yang biasa banget. Dan gue juga akan jawab dengan jawaban yang standar banget. Akan ada saatnya dimana lu bakal dapet cowo yang emang ga masalah kalau lu tomboy, ga masalah kalau lu lebih maco dari dia, dan ga masalah kalau lu lebih cakep daripada dia. Cowo yang kaya gitu yang emang nerima lu apa adanya, mau lu tiba-tiba jadi feminim atau mau lu tomboy terus tapi dia tetep sayang sama lu ya berarti itu jodoh lu.

Hidup cuma sebentar guys! Dibawa enjoy aja! Masih banyak di luar sana yang masih harus dipusingin dan lebih penting dibanding omongan-omongan orang tentang diri lu. Jangan lupa untuk jadi diri sendiri dan nyaman sama diri sendiri, karena orang lain ga bakal nyaman di deket kita ketika kita sendiri gabisa nyaman sama diri kita sendiri. Dengan nyaman sama diri sendiri dan sikap-sikap positif yang kita lakuin pesona udah ga usah dicari-cari lagi tapi bakal keluar dengan sendirinya.