#MemesonaItu Menarik dan Mengagumkan

by Rismawati Hutauruk / 09 April 2017

Menjadi pribadi yang menarik dan mengagumkan di mata sendiri menurut saya sama pentingnya dengan di mata orang lain. Sebelum membuat orang lain tertarik dan kagum dengan pribadi kita, tidak ada salahnya membuat diri sendiri terpesona terlebih dahulu. Menjadi pribadi yang menarik dan mengagumkan butuh usaha dan keberanian.

Untuk menjadi menarik kita perlu punya wawasan yang luas. Di era teknologi canggih saat ini wawasan ada dalam genggaman kita. Kita Cuma butuh meluangkan waktu untuk membaca artikel-artikel di website terpercaya atau pada buku digital di ponsel, tab atau gadget lainnya. Dengan wawasan dan pengetahuan yang luas akan sangat membantu kita dalam berinteraksi di manapun kita berada. Kita juga jadi bisa tahu berbagai perspektif untuk setiap topik yang sedang kita baca. Dengan wawasan dan pengetahuan yang kita punya, kita jadi tidak mudah menjadi korban berita palsu atau hoax dan tidak mudah tersulut emosi saat ada yang mencoba memprovokasi. Kita bisa bertukar pendapat, cerita dan pengalaman dengan orang lain dan menghargai jika ternyata pendapat kita tidak sama. Jika kita memiliki kualitas ini, orang asing akan dengan mudah menjadi teman kita.

Pribadi yang #memesonaItu mengagumkan. Orang yang mengagumkan adalah pribadi yang berani. Berani membuat keputusan dan bertangungjawab dengan keputusan yang diambil. Berani meninggalkan zona nyaman demi menjadi pribadi yang berintegritas dan berkualitas. Berani berbahagia dan mencintai diri sendiri sehingga mampu merangkul setiap kelebihan dan kelemahan sendiri dan tidak berusaha menyenangkan semua orang. Berani membantu sesama dan totalitas dalam mengerjakan yang sudah dimulai.

Hal-hal yang menurut saya dapat dilakukan untuk menjadi pribadi yang memesona:

1.       Menambah dan memperbarui wawasan dengan membaca buku-buku fiksi dan nonfiksi, artikel-artikel dan berita terbaru dan tidak pelit membagikan atau bertukar pengetahuan dengan orang lain. Dengan wawasan yang kita punya akan mendukung rasa percaya diri kita untuk menyampaikan pemikiran kita dan memulai persahabatan dengan siapapun. Wawasan yang luas akan mendukung kita menjadi sosok yang berpikiran terbuka.

2.       Ikut organisasi di bidang yang disukai atau organisasi di bidang pelayanan masyarakat. Dengan ikut organisasi kita akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter dan pengalaman hidup yang akan membuat kita lebih paham dan menghargai mengenai perbedaan pendapat dan sifat. Punya hubungan yang baik dengan sesama selain akan membuat hidup kita lebih bermakna bukan tidak memungkinkan akan mendatangkan inspirasi bagi pribadi kita.

3.       Peduli penampilan. Memastikan diri rapi atau setidaknya tidak bau badan tidak hanya akan membuat diri sendiri nyaman tapi juga orang di sekitar kita. Meski terlihat sepele, penampilan merupakan faktor yang mendukung seseorang terlihat memesona atau tidak. Tidak ada salahnya jika kita menyiapkan sisir dan parfum dengan aroma yang tidak menyengat dalam tas kita sebagai persiapan jika mendadak kita perlu bertemu dengan teman, rekan kerja, atau nasabah.

4.       Melakukan apa yang disukai (hobi) dengan serius. Jika hobi dilakukan dengan serius bukan tidak memungkinkan akan mendatangkan rezeki kepada kita. Jika hobi kita misalnya bermain musik, menulis, berolahraga, jalan-jalan atau hobi lainnya kita bisa berbagi apa yang kita sukai, tips dan trik terkait hobi kita tersebut lewat berbagai sosial media atau lewat komunitas. Banyak yang akan melihat, membaca dan bukan tidak mungkin membuat orang lain terinspirasi dan turut senang dengan apa yang kita kerjakan.

5.       Melihat hal positif dalam setiap hal yang  dialami. Perjalanan hidup tidak selalu sesuai rencana dan keinginan kita. Sikap postif sangat diperlukan saat apa yang kita rencanakan, impikan dan harapkan tidak sesuai kenyataan. Sadar bahwa selalu ada yang patut disyukuri di tengah kesulitan yang sedang kita hadapin akan membuat kita lebih kuat dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan atau kegagalan.

6.       Evaluasi dan diskusi baik dengan diri sendiri atau dengan sahabat atau keluarga atau sosok yang kita percaya. Mengevaluasi diri itu perlu untuk mengingatkan kita kemajuan yang sudah kita capai terkait rencana atau bahkan impian-impian kita. Dengan evaluasi akan membuat pribadi kita berkembang dan menantang sejauh mana kemampuan kita, apa yang masih perlu dilakukan untuk mencapai apa yang menjadi target kita. Berdiskusi juga diperlukan untuk membantu kita tetap tahu apa yang kita inginkan, hal apa yang kita butuhkan dan apa yang membuat kita bahagia.

7.       Konsisten. Ada banyak cara untuk menjadi pribadi yang memesona dan menurut saya konsisten terhadap apa yang sedang kita kerjakan, upayakan dan perjuangkan (tanpa kehilangan jati diri) adalah salah satu hal yang terpenting.