#Memesona itu Just BE Your Self

by Selviana agustine / 09 April 2017


Suatu hari aku pernah berpikir tentang sebuah pesona. Aku berkata dalam hati "apakah pesona itu hanya dimiliki oleh orang-orang cantik saja?. Dan untuk beberap saat pertanyaan itu belum terjawab, hingga pada suatu hari akau melihat dua orang yang sedang duduk tak jauh dari tempat dudukku. Sejenak aku terdiam mengamati mereka. Setelah ku amati beberapa saat mereka cukup berbeda, baik dari segi paras maupun kepribadian. Yang satu cantik parasnya sedangkan kecantikannya mengalahkan kepribadiannya dan yang satu lagi kebalikan dari yang berparas cantik tadi. Perlahan otakku masih terus berpikir apa arti cantik yang sesungguhnya melalui kejadian yang kutemui tadi. Sampai pada akhirnya akupun menemukan jawaban atas pertanyaanku dari kejadian tadi.


            Memesona, bagiku memesona itu ialah cukup hanya menjadi dirimu sendiri tanpa harus menjadi diri orang lain. Memesona itu berani menampilkan dirimu apa adanya tanpa harus menampilkan diri orang lain. bagiku memesona itu bukan sekedar menjadi cantik. Bagiku memesona yang sesungguhnya ialah menampilkan kepribadian yang berbudi luhur dari dalam dirimu tanpa harus membuat pesona dari luar dirimu. Jika orang beranggapan memesona itu ialah sebuah kecantikan, maka aku tidak sependapat dengan mereka. Bagiku memesona itu cukup menampilkan kepribadian baikmu daripada kamu harus menampilkan pesonamu melalui kecantikan yang kamu buat-buat. Pesona itu bukan mereka yang beranggapan bahwa mengumbar-umbarkan aurat atau kecantikan mereka dengan berlebihan, mereka dapat dikatakan telah memesona. Padahal sesungguhnya itu bukanlah sebuah pesona


Bagiku pesona yang berasal dari diri sendiri melalui akhlak yang baik akan dengan sendirinya memancarkan pesonanya. Bagiku pesona yang dipancarkan oleh akhlak yang baik tidak akan membuat kita bosan untuk memandang dia yang mempunyai pesona itu. Namun sebaliknya, dia yang hanya mempunyai pesona yang dia buat dari luar dirinya hanya akan menjadi pesona sesaat yang hanya akan singgah di pandangan mata.


Memesona dengan akhlak yang baik tidak semudah membuat pesona yang hanya berhiaskan make up dan sejenisnya. Tetapi, pesona itu membutuhkan proses panjang sehingga ia menjadi pesona yang tidak mudah redup dan bosan dipandang oleh mata. Pesona yang akan memancarkan pesona baik kepada mereka yang mendekatinya. Pesona yang mampu membuat orang terdiam kaku ketika melihatnya. Pesona yang mampu membuat semua mata tak bisa terkedip dibuat olehnya. Yang ketika pesona itu pergi dia akan tetap meberikan bekas bagi mereka yang memandangnya.


 Dan bagiku, memesona yang sesungguhnya ialah kecantikan yang kamu tampilkan apa adanya, kecantikan yang keluar secara natural dari dalam dirimu. Kecantikan yang dapat memberikan kecantikan kepada sesamanya. Kecantikan yang mengajak sesamanya kepada kebaikan. Bukan kecantikan kamu percantik dengan make up. Bukan kecantikan yang harus kamu cari melalui website kecantikan. Bukan kecantikan yang kamu buat sehingga orang lain terpesona dengan kecantikanmu. Bukan kecantikan yang menghasilkan pesona yang membuat kamu lupa dengan dirimu sendiri. Dan bukan kecantikan yang sampai mengabaikanmu terhadap sekelilingmu. Bagiku, kecantikan itu ialah kecantikan yang keluar dari dalam dirimu tanpa manipulasi apapun, kecantikan yang kamu keluarkan apa adanya bukan kecantikan kamu keluarkan ada apanya. Bukan kecantikan yang akan memberiakn pesonanya sesaat kemudian pergi tanpa memberikan bekas sedikitpun. Dan itulah #memesona menurutku, bagaimana menurutmu?