#MemesonaItu Kita dan Cerita 12 Tahun Lamanya

by Mita Adindayu / 09 April 2017

Setelah pergi liburan ke Lombok bareng sahabat lama seperti yang aku ceritakan di blog, bikin aku sadar kalau temenan selama 12 tahun yang berujung beda kota, jarang ketemu, dan cuma berhubungan lewat chat nggak bikin kita pecah gitu aja.

Gara-gara nggak punya pacar nih, suka baper kalau lagi ingat teman. Sekali-sekali puitis dikit nggak apa-apalah.

Masa-masa sekolah bukan cuma tentang ujian, tapi juga persahabatan. Nggak ada hubungan darah, tapi saling perhatian.

Dipersatukan oleh semua kesibukan jaman SMP, mulai dari OSIS, pramuka, dan basket. Masuk ke SMA yang berbeda-beda pun nggak bikin kita udahan, bahkan semakin erat sampai sekarang. Mulai dari jaman cupu pakai seragam sekolah, sampai sekarang salah satu dari kita udah punya dua buntut. Mulai dari yang udah happy punya HP yang kameranya 2 MP, sampai sekarang yang jamannya kamera bisa muter 360 derajat. Mulai dari berat badan yang masih 50 kg, sampai sekarang... ah sudahlah.

Punya teman lain dari beda tempat dan masa bikin aku sadar, teman-teman dari Chugil (jangan ditanya artinya apa, malu) ini ternyata kokoh juga. Kalau yang lain perlahan mudah 'bercerai-berai' karena setitik masalah, tapi enggak untuk Chugil. Masalah tentu ada, tapi masing-masing dari kita berusaha menyelesaikan sampai tuntas dan bersih. Teman yang lain, yang nggak ikutan dalam masalah, juga ngerti tempatnya masing-masing. Kalau masih belum perlu ikut campur, ya kita kasih ruang untuk mereka untuk menyelesaikan dulu masalahnya, kalau udah keliatan parah, baru deh kita ikut nimbrung cari penyelesaiannya.

Jaman-jaman cupu waktu SMP :')

Meski waktu sudah berjalan selama 12 tahun di antara kita, tapi aku sama sekali nggak melihat perbedaan dari masing-masing orang. Entah dari dulu 'personil' Chugil ini sudah lebih bersikap dewasa, atau sampai sekarang kita masih belum cukup dewasa. Bukan cuma sifat da sikap saja, tapi juga cara pandang dan menanggapi suatu hal, kecuali berpenampilan. Maklum ya, kalau cewek biasanya semakin bertambah umur semakin menyadari kalau dirinya cantik. Personil Chugil yang tadinya tomboy banget, sekarang barangnya lucu-lucu dan suka pakai warna pink. Gemas!

Ini waktu seragam sekolah mulai beda. Anak SMA jaman dulu belum kenal lipstik, kucel banget!


Waktu menginjak masa pertengahan kuliah dan mulai susah kumpul lengkap. Di sini kita sudah terlihat lebih anggun ya.

12 tahun bersahabat, melewati masa-masa SMP, SMA, kuliah, sampai bekerja, tapi yang dibahas selalu masa-masa SMP waktu kita setiap hari bisa ketemu di kantin, pulang sekolah bareng, main sampai sore, nunggu dijemput orang tua, dan ikutan lomba-lomba di sekolah. Nggak terasa, itu terjadi sekitar 10-12 tahun yang lalu. Sekarang, bukan cuma nunggu waktu istirahat aja untuk ketemu, tapi juga cuti kerja, ketemu dimana, masih benturan dengan acara keluarga, dan lain sebagainya yang bikin kita masih susah kumpul lengkap lagi.

Mengikuti perjalanan masing-masing selama 12 tahun ini rasanya ikut bangga kalau salah satu dari kita mencapai kesuksesan, dan ikut sedih waktu salah satu dari kita berduka.

Makin lama, anggotanya makin bertambah nih.

Kita sudah paham benar sifat satu sama lain. Kadang juga sebal sama salah satu dari kita, tapi kita juga paham kalau itu memang sifatnya, jadi bukannya marah berlebihan, kita malah bilang "Yaah, memang dia sifatnya begitu kan, udah nanti dibilangin aja".

#MemesonaItu kita, saling memahami satu sama lain.

#MemesonaItu kita, tetep nyempetin meramaikan group chat di sela-sela kesibukan meski cuma obrolan nggak jelas.

#MemesonaItu kita, sembilan orang yang jarang ketemu lengkap, tapi tetep menjaga dan mendukung satu sama lain. Mulai dari jaman SMP, hingga sekarang, 12 tahun lamanya (dan terus berlanjut).

Meski sudah punya teman-teman baru, aku sadar nggak akan bisa se-memesona ini kalau tanpa mereka. Aku butuh mereka.

Sedikit curhat tentang sahabat, karena #MemesonaItu bukan tentang diri kita sendiri, tapi juga orang lain di sekitar yang membuat kita jadi lebih kuat. Nah, kalau menurut kamu, #MemesonaItu apa?