#MemesonaItu Artinya Berani

by Annafi Kirana / 09 April 2017

Setiap ada kata Memesona yang tercetak di berbagai artikel pasti akan ada sosok wanita yang anggun dan cantik.  Kamu juga berpikir begitu kan? Tidak salah kok. Tapi sebenarnya #memesona itu bukan hanya dilihat dari tampilan fisik saja. Apakah jika mempunyai wajah cantik bisa disebut memesona? Tidak juga karena aku sendiri sering terpesona dengan orang dengan wajah biasa-biasa saja tapi tampilannya enak dilihat. Terus kalau badan yang langsing tinggi itu kah yang memesona? Tidak juga, aku sering melihat orang yang pendek atau gemuk tetap tampil memesona. Atau orang yang bergaya trendi dan kekinian itu yang disebut memesona? Bukan juga, buktinya banyak orang yang kutemui dengan pakaian sederhana tapi tetap memesona. 

Hmm, lalu apa ya memesona itu? Menurutku #MemesonaItu jika kita berani. Tunggu, berani di sini bukan berarti melabrak mantan atau ikut acara uji nyali, ya. Berani yang kumaksud adalah berani move on dari kegagalan, kesalahan dan rasa takut. Wanita yang memiliki keinginan dan kegigihan besar untuk merubah atau mencapai target  hidupnya menjadi lebih baik itu sangat memesona untukku.
 
Tak jarang kalau menonton atau membaca kisah dengan genre drama pasti banyak yang mengisahkan sosok wanita yang terlihat lemah atau menunggu pertolongan protagonis laki-laki. Tapi kalau terus-terusan menunggu bantuan dalam rasa takut atau ragu.. Kapan bisa membuat perubahan?

Banyak stereotype negatif tentang perempuan misalnya hanya ingin dimengerti dan tak mau mengerti, tak mau mengalah atau tidak mau mengakui kesalahannya. Tentu tidak semua perempuan seperti itu. Dan aku yakin untuk menjadi sosok yang memesona membutuhkan proses yang panjang. 
 
 #MemesonaItu berani bangkit dari kegagalan. Bayangkan kamu gagal masuk ke perguruan tinggi impian, sedih dan marah pasti bercampur jadi satu lalu kamu kesal dan menyalahkan diri sendiri. Menangis tidak salah dan dibolehkan tapi perlu diingat, menangisi kegagalan takkan mengubah apapun. Ada saat di mana kamu akan jenuh dengan rasa sedih dan ingin melakukan sesuatu, saat kamu mengambil keputusan untuk menerima kegagalan dan bangkit untuk berusaha, percayalah kamu terlihat sangat memesona juga membanggakan.

#MemesonaItu berani mengakui kesalahan. Mau mengakui keteledoran membuatmu menjadi sosok yang memesona. Kadang kita suka sulit mengaku kesalahan yang sudah menjadi bubur. Atau tidak bisa menjalankan kegiatan karena pikiran terganggu akan kesalahan masa lalu yang masih menempel di kepala. Berdamai dengan menerima kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki atau tidak mengulanginya lagi akan membuat auramu sangat memesona karena keberanian itu.

Kalau mengingat sewaktu masih kecil yang sering bersembunyi di belakang ayah atau ibu pasti membuatmu tersenyum dan menggelengkan kepala. Kehidupan terus berjalan dan mau tidak mau kamu harus melangkah sendiri tanpa ada pelindung seperti orangtua. Membuat kesalahan adalah bagian dari proses belajar dan semua orang pernah membuat kesalahan. Jadi salah mengambil tindakan itu manusiawi tapi jangan lama-lama larut.

#MemesonaItu berani keluar dari zona aman. Banyak kutipan yang mengatakan "Kesuksesan ada di luar zona aman" dan keluar dari zona itu bukan hal yang mudah. Biasanya ada bibi yang membuatkan hidangan sehari-hari, suatu saat ketika kamu berkeluarga mau tidak mau kamu harus bisa membuat hidangan sederhana. Takut percikan minyak, tidak suka tangan lengket dan bau bawang adalah alasan yang membuatmu enggan untuk memulai. 

Dengan mengubah pemikiran "Kesalahan adalah langkah mendekati keberhasilan" aku yakin rasa takut itu akan berkurang seiring waktu. Dalam bermacam-macam artikel banyak yang menuliskan bahwa wanita yang memiliki passion tinggi akan tujuan akan terlihat dua kali lebih menarik bagi laki-laki lho. Memiliki passion dan berani keluar dari zona nyaman membuatmu sangat memesona! 

#MemesonaItu berani, itu pendapatku ya. Kalau menurutmu sosok yang memesona itu seperti apa?