#MemesonaItu Menerima Segala Kekurangan dan Menjadikannya Motivasi dan Kekuatan Untuk Menggapai Semua Impian, Angan, serta Harapan

by LUH GEDE MAHARANI RIKADEWI / 09 April 2017


Setiap perempuan memiliki definisi tersendiri mengenai perempuan memesona. Bagi saya, perempuan memesona adalah perempuan yang mampu menerima segala kekurangan yang dimilikinya dan menjadikan kekurangan tersebut sebagai motivasi dan kekuatan untuk menggapai setiap mimpi.


Saya sendiri terlahir dengan kondisi fisik yang membuat saya menjadi bahan ejekan teman-teman. Semasa duduk di bangku TK dan SD, banyak siswa membully saya hanya karena rambut saya keriting. Saya harus menghadapi ejekan demi ejekan yang datang tidak hanya dari teman seangkatan tapi juga kakak kelas dan adik kelas. Bahkan sebagaian dari mereka seolah tidak cukup membully saya secara vebal. Beberapa siswa tidak segan menggunakan kekerasan fisik terhadap saya. Saya hanya terdiam dan menangis menerima perlakuan tidak menyenangkan dari mereka. Berada di lingkungan seperti itu membuat saya tumbuh menjadi pribadi yang pemalu, pendiam, dan tidak percaya diri.


Bisa dibilang, masa SMA merupakan titik balik dalam kehidupan saya. Memasuki tahun kedua, saya memutuskan untuk memilih program bahasa di sekolah. Keputusan tersebut bertentangan dengan keinginan orang tua dan teman-teman yang menghendaki saya masuk program IPA. Namun, karena keinginan untuk kelak bisa menjadi pengajar Bahasa Inggris begitu besar, saya mantap mengikuti kata hati untuk memilih kelas bahasa. Di kelas inilah saya bertemu dengan teman-teman terbaik dalam hidup. Saya tidak khawatir terhadap pembullyan lagi sebab mereka menerima saya apa adanya. Saya pun belajar untuk mencintai diri saya dan menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Saya menyadari bahwa rambut keriting saya bukanlah hal yang memalukan, melainkan merupakan keunikan yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta dan sudah sepatutnya saya syukuri. Saya yakin bahwa Tuhan memiliki maksud dan tujuan dibalik pemberian rambut saya.


Pengalaman tersebut menyadarkan saya bahwa sejatinya setiap kekurangan yang dimiliki oleh manusia merupakan salah satu cara Yang Maha Kuasa agar manusia belajar. Pertama, dari kekurangan manusia belajar untuk bersyukur. Rasa syukur merupakan kunci kebahagiaan jiwa karena kita akan lebih bisa melihat segala kelebihan yang dianugrahkan oleh Tuhan, tidak hanya meratapi dan menyesali kekurangan yang kita miliki. Dengan rasa syukur kita akan terbebas dari keinginan menjadi sempurna sebab pada hakikatnya tidak ada manusia yang sempurna.


Kedua, kekurangan mengajarkan manusia untuk menghargai dan mencintai diri sendiri. Dengan mensyukuri segala yang kita miliki, kita belajar untuk mencintai diri kita apa adanya dan tidak membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dari mencintai diri kita, kita bisa menghargai apa yang diberikan Tuhan sebab apapun pemberian-Nya merupakan titipan yang harus kita jaga dan pertanggungjawabkan.


Ketiga, kekurangan mengajarkan kita untuk menghargai orang lain. Menyadari bahwa setiap individu pasti mempunyai kekurangan kita tidak akan seenaknya menghakimi orang lain Seperti pepatah yang mengatakan Don’t Judge The Book By Its Cover, dibalik setiap kekurangan pasti ada kelebihan yang tersembunyi.


Keempat, kekurangan membuat manusia belajar untuk menjadi pribadi yang kuat dan percaya diri. Dari rasa syukur dan cinta terhadap diri sendiri, kita akan lebih fokus pada sisi positif yang ada pada diri kita sehingga menjadikan kita pribadi yang kuat dan percaya diri serta tidak mudah jatuh oleh penilaian orang lain.


Kelima, di samping menjadi pribadi yang kuat dan percaya diri, kekurangan juga menempa kita untuk menjadi sosok yang pemberani, berani bermimpi dan berani mengikuti mimpi. Tanpa mimpi mustahil kehidupan yang lebih baik akan terwujud karena mimpi yang besar merupakan awal dari sesuatu yang besar. Kekurangan bisa menjadi motivasi yang mendorong setiap insan mendobrak batasan-batasan yang ada dalam hidup untuk menggapai setiap angan dan harapan.


Berhenti meratapi atau menyesali kekurangan adalah salah satu syarat untuk menjadi pribadi yang memesona. Yakinlah, Tuhan mempunyai tujuan dibalik setiap kekurangan yang kita miliki, salah satunya untuk mengajarkan kita menjadi pribadi yang penuh syukur, kuat, percaya diri, dan berani. Jiwa yang penuh syukur, kuat, percaya diri, dan berani membuat kita lebih tangguh dalam menjalani hidup. Jadi, jangan biarkan kekurangan menghalangi langkah kita, khususnya kaum perempuan, untuk menggapai impian. Jadilah perempuan memesona yang penuh percaya diri dan gapailah semua impian, angan, dan harapan.