#MEMESONAITU MENJADI WANITA AUTENTIK

by Siswati / 09 April 2017

Tawanan Ego

bae_suzy)_1032727429
Beauty is pain .Istilah ini muncul dalam versi lain kisah Cinderella ketika saudari tiri Cinderella melakukan berbagai hal agar kakinya muat memakai sepatu kaca Cinderella. Bahkan memotong beberapa jari kakinya sekalipun . Dan begitu pula realita yang terjadi pada wanita modern abad ini .

” Lalu bagaimana pendapatmu tentang orang yang menjadi tawanan egonya ?”
( Al-Qur’an)

Setiap orang ingin terlahir cantik.Dilahirkan dengan wajah dan tubuh yang bukan dirinya. Setiap wanita pernah berandai – andai “seandainya aku secantik  dan memesona seperti dia.Dan boom!  operasi plastik ( plastic surgery) menjadi tren kecantikan untuk menghilangkan  ketidak sempurnaan. Padahal meskipun dibius pasien masih bisa merasakan tajamnya pisau bedah menyayat wajah demi kesempurnaan semu. That’s why i agree .Beauty is pain.
Maxwell Maltz, dokter bedah ternama yang menulis buku  Psycho Cybetnetics, mengatakan bahwa pisau bedah bukanlah apa-apa karena tidak memberikan perubahan dalam pengertian yang sebenarnya.Lalu untuk apa menodai wajah dan dada dengan silikon? Untuk apa memiliki mata lebar yang akan membentuk senyum ketika kamu tersenyum kalau itu buatan dokter bedah ? Untuk apa memiliki hidung mancung dan dagu V tirus kalau itu buatan dokter bedah ?
Mengapa  berubah menjadi orang yang berbeda untuk membuat orang terpesona lalu memujimu . Bukankah tidak ada kecantikan yang abadi.

”  Pujianmu adalah sebuah pedang yang dikalungkan di leher temanmu.” ( Muhammad SAW)

Sama halnya dengan penulisan huruf jawa (hanacaraka) , jika huruf dipangku maka menjadi huruf mati.Kedua ungkapan ini mengungkapkan bahwa sanjungan sangat berbahaya .Jika pedang bisa menggorok leher maka pujian bisa menggorok hati dan efeknya mematikan.
Jadi apakah kita harus senang mendapatkan pujian ? Padahal pujian bisa menikam hati.Dan dengan merubah keaslian diri kita berarti kita telah menjadi manusia palsu bukan lagi manusia autentik. Istilah filsafat  ini diperkenalkan oleh Martin Hadeggar
#Memesonaitu bukan soal bagaimana visualmu tapi bagaimana hatimu . Percuma cantik kalau hatinya tidak . Mungkin di play Store bertebaran aplikasi edit kamera yang bisa mempercantik foto penggunanya atau yang paling sering kita dengar ataupun gunakan Potoshop .Tapi percayalah tidak ada program aplikasi apapun di dunia ini yang bisa mempercantik attitude.

Hargai diri sendiri , Itulah dirimu yang Autentik .Jangan berubah hanya karena kamu merasa tidak sempurna karena memang pemilik kesempurnaan hanya Tuhan .Lihatlah seberapa besar kesakitan yang harus diperoleh manusia untuk menjadi apa yang ego inginkan dan seberapa besar anugerah yang diberikan Tuhan dalam bentuk kesehatan dan kehidupan yang lebih layak, justru sering kali kita abaikan .

Membebaskan Jiwa

 

Bagaimana Shakespeare begitu tersohor dengan Romeo dan Julliet yang kisahnya terasa hidup di dunia nyata .Davinchi dengan lukisan Monalisa yang masih misterius .Gustavel Eiffel dengan menara eiffel yang begitu memesona orang – orang di seluruh dunia .
Lalu J.K.Rowling  dengan kisah penyihirnya yang dulu ia tulis dalam lembaran tissue bekas . Kini berhasil membius dunia dan menjadikannya sebagai penulis besar . seorang milyuner! Miliaran orang mencintai kisah Harry Potter.Mereka rela antri dari subuh demi kisah yang sebelumnya di tolak oleh 13 penerbit lebih . Ratusan juta dollar lahir dari buku serta filmnya yang mendunia. Dan, semua kehebatan ini hanya berasal dari kata-kata sederhana yang ditulis dengan passion.

tumblr_nu26rmCbGj1ueex58o1_500
Dan jadilah seperti yang kamu impiakan. Hidup dalam passion tanpa mengcopy ataupun menduplikat orang lain. Suka menulis ? lakukanlah. Suka memakai high heels ? pakailah. Bebaskan jiwamu. Tidak ada orang lain sebaik kamu yang bisa menjadi dirimu. Karena kamu yang asli . Bisa di copy tetapi tidak bisa diduplikat

” … dia yang ketila menangis mirip awan gemawan, ketika bersabar mirip gunung-gunung, ketika bersujud mirip air, ketika merendah mirip kotoran di jalanan.”

( Jalaludin Rumi )

#Memesonaitu Tidak butuh wajah cantik bak barbie. Ataupun tubuh molek layaknya model victoria secret .Tapi Hati yang bersih dimana terdapat tingkah laku yang baik . #Memesonaitu cukup menjadi dirimu yang Autentik .Dimana kamu menggunakan caramu sendiri untuk membuat dunia terpesona.