#MemesonaItu Bangga Menjadi Diri Sendiri

by Lucky Caesar Direstiyani / 08 April 2017

Setiap orang terlahir dengan keunikan masing-masing. Bayi kembar pun terlahir dengan sidik jari yang berbeda, tidak pernah ada yang benar-benar sama. Seperti halnya pesona diri, setiap diri kita memiliki pesona dengan versi masing-masing. Maka jelas setiap dari kita itu memesona. 

Memesona itu tidak melulu memiliki paras yang cantik, tubuh yang langsing namun istimewanya memesona itu bisa cantik dari hati, baiknya dalam bersikap, lembutnya tutur kata, berani mengambil sikap, tangguh dan mandiri, ataupun menjadi sabar dan bijaksana. Yap, memesona itu bangga menjadi diri sendiri, menjadi kamu yang unik dan istimewa. Menjadi kamu yang bijaksana menyikapi hidup dengan tetap bahagia menjadi diri sendiri, tidak perlu berubah menjadi orang lain.


Terlalu sering dan banyak orang yang nyinyir, komentar ini itu sehingga tidak sedikit dari kita yang merasa kecil hati, merasa tidak berharga, merasa rendah diri, dan merasa bukan apa-apa. Saya sangat sering merasa begitu. Komentar orang lain memang kadang perlu, tapi kalau kelewat batas bahkan sampai memberikan komentar pada hal-hal baik sekalipun, tinggalkan orang ini. Jelas dia bukan orang baik. Kamu berhak bahagia, bersama orang-orang negative seperti mereka hanya menyisakan luka. 

#Memesonaitu bangga menjadi diri sendiri dengan setiap keunikan dan keistimewaan yang dimiliki. 

Setiap orang terlahir punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bangga menjadi diri sendiri sebagai tanda syukur, bahwa kekurangan bukanlah menjadi masalah namun menjadi tantangan agar bisa menggunakan kelebihan mengatasi kekurangan yang dimiliki. Bangga menjadi diri sendiri menjadi bukti ketangguhan dalam menghadapi hidup, karena tidak selamanya apa yang dimiliki oleh orang lain selalu lebih baik ataupun lebih buruk dari apa yang kita miliki. Intinya, bahagia dan bersyukur atas apa yang dimiliki. 

Bangga menjadi diri sendiri pun sebagai bukti optimisme bahwa kita bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain. Menumbuhkan rasa percaya diri untuk meraih mimpi-mimpi yang dimiliki. Banyak hal baik yang bisa dilakukan, banyak mimpi yang ingin diraih. Bangga menjadi diri sendiri memberikan kekuatan pada saya untuk tetap tangguh dalam menaklukkan setiap mimpi yang saya miliki. 

Banyak hal yang membuat bangga menjadi diri sendiri. Menjadi unik itu istimewa. Terlalu biasa jika memilih mengikuti tren yang ada, memuja-muja orang lain namun tidak pernah bangga dengan diri sendiri. Begitu memesonanya seseorang yang melihat dirinya dengan keunikan dan keistimewaan yang dimiliki sehingga bangga menjadi diri sendiri. 

#Memesonaitu bangga menjadi diri sendiri dengan terus berkarya mengembangkan potensi diri.

Terlahir unik dengan keistimewaan masing-masing dilengkapi dengan potensi diri yang jelas berbeda masing-masing orang. Agak berdosa rasanya ketika keistimewaan yang ada hanya dibiarkan begitu saja tanpa dibarengi dengan semangat berkarya serta terus mengembangkan potensi diri. Sejak kecil, saya terlalu mudah penasaran dengan potensi yang saya miliki. 

Hal ini membuat saya begitu semangat mengikuti kompetisi sebagai tolak ukur apakah saya sudah dengan baik mengembangkan apa yang saya miliki atau belum. Mulai dari dunia jurnalistik, dunia fotografi hingga dunia penelitian. Saya sudah mencobanya satu per-satu. 

Jatuh bangun, menang kalah dan semua asam manis selama perjuangan sering membuat saya tersenyum sendiri saat mengenangnya. Tidak ada yang lebih berharga dari setiap pengalaman hidup yang telah dilalui. Saya lebih sering jatuh, namun saya selalu berhasil bangun kembali dan mendapatkan apa yang ingin saya miliki. 


Terus semangat berkarya dan mengembangkan
potensi diri ????

Jalan menuju ke sana tidaklah semulus dan selancar melewati jalan tol pada tengah malam, melainkan jalan penuh liku, penuh batu, penuh perjuangan dan penuh doa setiap detiknya. Rela mengorbankan waktu tidur untuk melakukan penelitian, rela mengurangi waktu main untuk mengikuti pelatihan, rela membaca tumpukan buku tebal dan selalu update pengetahuan baru serta banyak kerelaan lainnya yang membuahkan kenangan manis di akhir perjalanan.

Hal ini bisa saya capai dengan kekuatan bangga menjadi diri sendiri. Meyakinkan diri bahwa pada setiap mimpi, pasti ada jalan untuk meraihnya asal terus berkarya, terus bekerja cerdas dan tangguh menghadapi setiap kegagalan yang terjadi. 

#Memesonaitu bangga menjadi diri sendiri dengan berbagi bahagia bersama orang lain.

Melihat orang lain bahagia, secara tidak langsung bisa memberikan magnet untuk juga merasakan kebahagiaan mereka. Begitu halnya saya, begitu bahagia bisa berbagi bahagia dengan orang lain. Karena apa yang kamu dapatkan adalah apa yang kamu berikan. 

Statement tersebut melekat kuat pada ingatan. Kalau ingin bahagia, maka bahagiakan orang lain. Insya Allah bahagianya akan menular pada diri kamu. Seperti halnya kalau ingin dapat baik maka lakukan dan sebar kebaikan. Hidup ini perihal sebab akibat, apa yang kamu tanam maka itulah yang kamu tuai. Mustahil sekali menanam kesemek, tapi menginginkan buah strawberry.


Menjadi volunteer di Gerakan Cendekia Membumi (Sumber foto)

Bangga menjadi diri sendiri menjadikan saya ingin bisa berbagi kebermanfaatan atas apa yang saya miliki. Hal ini memberikan ketenangan batin tersendiri. Mengikuti beberapa komunitas non-profit atau sukarela memberikan pelajaran tersendiri bagi saya. Karena untuk berbagi, tidak perlu meunggu kaya, tidak perlu menjadi cerdas dulu ataupun tidak perlu menjadi manusia super. Sederhananya berbagi ini didasari oleh ketulusan hati berbagi bahagia, meringankan beban yang lain ataupun berbagi kebermanfaatan atas apa yang dimiliki. Sebaik-baiknya insan adalah yang bermanfaat bagi sekitar. 

#Memesonaitu bangga menjadi diri sendiri dengan menjadi bijaksana dalam setiap ujian yang ada agar lebih baik ke depannya. Setiap orang pasti punya versi masing-masing sebagai perwujudan dari rasa bangga jadi diri sendiri. Last but not least, keep being yourself and loving who you are. You are incredible more than you think. Tetap dan selalu bangga jadi diri sendiri karena kamu terlahir unik dan istimewa.