Makin Memesona Saat Hamil

by Zahra Firdausiah / 08 April 2017

Sewaktu masih single, saya termasuk tipe perempuan yang cuek sekali sama penampilan. Atribut make up seperti eye shadowmascaraeyeliner atau blush on tergolong jarang mampir di muka saya. Paling mentok pakai pelembab wajah dan lip gloss. Entahlah, menurut saya ribet aja pakai make up. Yang setipe sama saya ngacung, dong! Hehehe.

Apalagi, pekerjaan saya yang dulu menuntut saya untuk terus mobile. Keliling cari berita dari satu tempat ke tempat lain, berjibaku dengan panas, belum lagi kejar-kejaran sama narasumber yang kadang susah ditemui. Bisa dibayangkan dong kalau saya pakai make up? Yang ada luntur di mana-mana. Hehehe.

Dan lagi, saya termasuk perempuan yang malas merawat diri, termasuk bagian wajah. Hahaha. Jangan ditiru, ya! Kalau sudah capek bekerja, setiba di rumah yang ada tinggal tepar. Boro-boro deh bersihin muka. “Ih jorok banget, sih! Bersihin muka dulu sana biar nggak kusam!” tegur adik saya yang lebih expert dalam bidang per-make up-an.

Pun ketika saya sudah menikah. Dandan dengan make up bisa dihitung dengan jari. Kalau nggak kepepet ke acara tertentu seperti kondangan atau reunian sama temen-temen, lagi-lagi palingan saya cuman pakai pelembab wajah dan bibir.

Beruntungnya, suami nggak masalah soal ini. Dia juga termasuk pasangan yang nggak menuntut supaya istrinya dandan habis-habisan macam Dian Sastro atau mbak Andien Aisyah. Baginya, tampil bersih dan rapi saja sudah cukup. Saya bersyukur dalam hati. ????

Perubahan sedikit terlihat saat tahu bahwa saya hamil. Tanda dua strip di testpack membuat saya senang dan suami kegirangan. Tujuh bulan setelah menikah akhirnya kami dikaruniai seorang calon bayi.

Sejak saat itu saya rajin browsing segala hal soal kehamilan. Mulai dari perubahan tubuh sang ibu hamil, olahraga yang cocok, hingga tips bagaimana merawat diri saat hamil. YA! TIPS MERAWAT DIRI! Hal yang sangat jarang saya lakukan saat masih single.  

Kata orang, perempuan saat hamil semakin memancarkan pesonanya. Meski perubahan fisik menjadikan bobotnya bertambah dua kali lipat, tapi saya setuju dengan pernyataan bahwa #MemesonaItu saat perempuan sedang hamil!

Coba saja lihat para mamah-mamah muda di televisi yang sedang hamil. Sebut saja Atiqah Hasiholan, Nia Ramadhani atau diva Andien yang baru saja melahirkan. Aura mereka memancarkan nilai positif yang membuat terlihat makin cantik dan glowing . Yaiyalah mereka kan artis!

Eits, tapi saya merasakan perubahan itu lho. Sejak hamil, saya jadi rajin merawat diri. Misalnya, bagian seperti membersihkan wajah yang dulu amat jarang saya lakukan. Entahlah, seperti ada sugesti dalam diri bahwa saya ingin tampil lebih bersih dan cantik. Bahkan, sejak hamil keinginan untuk berdandan semakin kuat.

Saya jadi suka memoleskan lipstick saat saya akan melakukan aktivitas keluar rumah. Bahkan, hanya sekadar jogging di stadion! Hahaha. Suami saya sempat kaget dan jelas geleng-geleng kepala. Adik saya juga mengakui kalau saya makin tampak memesona saat hamil. “Wajahmu kelihatan tambah cerah pas hamil,” katanya. Senang dong dibilang begitu.

Bagi saya, #MemesonaItu saat kita tetap percaya diri dengan perubahan fisik meskipun saat kita hamil. Bobot yang bertambah, kaki bengkak atau bahkan terkadang mengalami stretchmark bukan hal yang patut kita sesali.

Sepatutnya kita bangga dan bersyukur, karena sudah dikaruniai oleh Allah seorang mahkluk kecil di dalam tubuh kita. Masih banyak lho, di luar sana pasangan yang mendambakan buah hati bertahun-tahun tapi belum juga dikaruniai anak. Lantas, bagaimanakah agar tetap #Memesona saat kita hamil?

  1. Rajin Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan di sini nggak hanya lingkungan, tapi juga termasuk seluruh anggota tubuh kita, ya. Sejak hamil saya jadi rajin bersihkan wajah dan bagian-bagian tertentu seperti payudara.  

Saya juga kerap mengoleskan minyak zaitun di area wajah dan perut. Buat apa? Konon, minyak zaitun dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. Nah, siapa tahu ya buibu dengan cara ini kulit semakin glowing dan mengurangi stretchmark. Saya merasakannya sih, kulit saya jadi lebih lembab.

  1. Rajin Olahraga

Waktu single saya jarang banget olahraga. Eh, pas hamil saya tahu ternyata olahraga itu jadi makin penting! Selain menyehatkan, olahraga juga memudahkan nanti saat proses melahirkan (katanya). Yaaa… minimal jalan kaki lah. Tapi bener sih, sejak rajin olahraga pas hamil, saya merasa badan lebih segar, pikiran juga lebih fresh. Dan, cocok banget buat bumil yang gampang ngantuk. Hehehe.

  1. Makan-makanan bergizi

Kalau ini sudah nggak diragukan lagi, pasti buibu sudah sadar pentingnya menjaga nutrisi saat hamil. Secara kan kita memberikan makan untuk calon jabang bayi supaya terus sehat dan tumbuh sempurna. Jadi, pas hamil saya menghindari sekali yang namanya fast food, junk food dan food-food yang nggak penting lainnya. Kalau pengen banget pun jangan sering-sering. Tentunya dengan diimbangi banyak buah, sayur, dan air mineral.

  1. Selalu Positive Thinking

Secara psikologis, perempuan hamil lebih peka dan sensitif. Baik secara fisik dan juga mental. Nah, nggak heran kalau perempuan hamil lebih emosional dan gampang baper. Ya, kaaaan? Maka, penting sekali menjaga pikiran agar selalu positif. Kalau saya rajin-rajin baca Al-Qur’an dan dzikir. Beneran membuat saya tenteram dan adem.

Menjaga mood agar tetap baik bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain baca Al-Qur’an, kadang-kadang saya juga suka nonton film atau video-video lucu. Biar nggak baper mulu. Atau, menulis di blog juga menjadi terapi stres buat saya. Daan, yang paling penting selalu berprasangka baik sama orang-orang bahkan sama Tuhan. Karena, katanya sih akan memengaruhi ke bayinya.

Jadi, jangan malu dengan perubahan fisik saat kita hamil. Sebab, pancaran #MemesonaItu akan semakin terlihat saat kita hamil dengan damai, bahagia, dan penuh cinta. Semangat buat para bumil di seluruh dunia! Terus pancarkan pesonamu! ????