#MemesonaItu Menjadi Pribadi Autentik

by Friska Silvia / 08 April 2017
Apa memesona itu?


Saat mendengar pertanyaan ini, yang terlintas di otak saya adalah sebuah adegan film. Dalam adegan tersebut, sesorang yang memesona biasa akan berjalan melewati sekumpulan orang yang sedang melakukan berbagai pekerjaan. Kemudian orang-orang tersebut akan berhenti dari segala pekerjaan yang sedang mereka lakukan. Seolah dunia mereka teralih, mereka hanya akan memperhatikan orang (memesona) yang sedang lewat. Kemana orang itu pergi, mata orang-orang sekitar akan mengikuti orang tersebut dengan tatapan kagum.



Menurut saya, adegan tersebut mampu memberi gambaran seperti apa orang yang memesona. Orang yang sangat menarik, orang yang membuat semua mata tertuju padanya, orang yang dikagumi. Kata memesona tidak dapat digunakan untuk mendeskripsikan semua orang. Kata ini digunakan untuk menunjuk segelintir orang yang menonjol. Mereja menonjol karena mereka berbeda. Orang-orang yang berbeda ini merupakan orang-orang yang mampu menunjukkan autentisitasnya. Dengan kata lain, memesona itu menjadi  autentik.

Autentik sendiri memiliki arti asli, bukan merupakan salinan. Dalam hal kepribadian artinya orang ini merupakan seorang trendsetter dan bukan follower. Orang ini memiliki tekad kuat untuk menjadi dirinya sendiri dan berani menunjukkan siapa dirinya. Inspirasi saya mengenai tipe orang seperti ini datang dari salah satu perancang busana yang termasuk 100 orang berpengaruh di abad 20 versi majalah Time. Orang tersebut adalah pendiri Chanel yaitu Coco Chanel.

Coco Chanel lahir dalam sebuah keluarga yang tidak berada. Masa kecilnya dipenuhi kesulitan. Di umurnya yang ke-12, ibunya meninggal dan ia ditelantarkan oleh ayahnya. Tapi Coco Chanel memiliki tekad yang kuat untuk keluar dari keterpurukannya. Ia tidak hanya pasrah dengan fakta kehidupannya. Ia memimpikan sebuah hidup yang jauh lebih baik dan ia berusaha mewujudkannya.
Usahanya untuk mewujudkan mimpinya tersebut tidak langsung berhasil. Ia harus mengalami rangkaian kegagalan. Walaupun demikian, Coco Chanel berani membuat berbagai gebrakan, terutama dalam hal cara berpakaian bagi seorang wanita. Jalan pikirannya yang berbeda dengan nilai-nilai yang berlaku masa itu mungkin membuatnya dicap aneh. Tetapi Coco Chanel tidak lantas menyerah. Ia terus bekerja dan berkarya walaupun surut dari perhatian orang-orang saat itu.

Setelah melakukan berbagai usaha, apa yang ia lakukan mulai membuahkan hasil. Orang-orang mulai memperhatikannya dan mengikuti gayanya. Coco Chanel berubah dari seorang gadis kecil yang ditelantarkan, menjadi seorang tokoh internasional yang sangat berpengaruh. Ia berhasil menarik perhatian orang-orang. Ia berhasil menggerakkan mata orang-orang agar tertuju padanya. Kisahnya menjadi inspirasi yang ditulis dalam buku dan difilmkan. Bahkan hingga kini brand Chanel masih bertahan dan dikagumi orang karena kemewahan dan desainnya yang timeless.

Coco Chanel (sumber: google)

Belajar dari hal tersebut saya setuju dengan kutipan perkataan Coco Chanel yang berbunyi, “in order to be irreplaceable, one must always be different (untuk menjadi seseorang yang tidak tergantikan, orang tersebut harus selalu berbeda).” Menjadi pribadi yang berbeda dimulai dengan sifat kritis terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Orang yang demikian memiliki pendirian tentang apa yang ingin ia lakukan dalam hidupnya. Walaupun situasi dan lingkungan yang ia hadapi tidak sesuai yang ia harapkan, orang dengan kualitas seperti ini tidak akan menyerah apalagi pasrah. Ia justru akan bergerak melawan arus.


Orang lain awalnya mungkin akan memandang dengan aneh. Tetapi sejarah tidak pernah salah mencatat bahwa orang-orang yang berani menunjukkan autentisitas dirinya inilah yang berhasil menjadi trendsetter dan  mengubah dunia. Coco Chanel hanya merupakan salah satu contoh dari sekian banyak orang seperti ini. Hanya mereka yang autentik yang dapat menjadi pusat perhatian. Hanya mereka yang autentik yang menginspirasi dan dapat membuat orang  lain berkata, “saya ingin jadi seperti itu.” Hanya mereka yang memiliki kepribadian autentik yang masuk dalam kriteria #MemesonaItu .