MemesonaItu cantik,berakhlaq baik, pintar dan punya keahlian

by Yuli Ratna Ningsih IIDN / 08 April 2017

MemesonaItu Cantik, Berakhlaq Baik, Pintar dan Punya Keahlian

Oleh: Yuli Ratna Ningsih IIDN


1.     #Memesona itu cantik

    Sangat mudah bagi setiap orang untuk memandang segala sesuatu dan kemudian berkata cantik atau tidak. Setiap benda yang kita lihat pasti akan membuat sebuah penilaian, sehingga muncullah berbagai pujian atau mungkin cibiran. Saat melihat bunga yang bermekaran berwarna-warni maka sudah pasti ada takjub sehingga kita berkata “ Subhanallah.. indah sekali..” atau “ cantik sekali bunga ini..”. Begitu juga kala melihat wajah seorang wanita cantik pastinya muncul berbagai pujian yang menyenangkan, “subhanallah cantiknya…” atau “wow.. cantik sekali..” Semua yang tampak dari fisik sangat mudah diamati sehingga banyak orang yang terpesona saat melihatnya.

    Tapi benarkah seperti itu cantik yang memesona itu?...

Memesona itu jika seseorang bisa menjaga kecantikan lahir dan batinnya. Istilah kerennya outer dan inner beauty harus ada pada diri seseorang yang memesona. Apa yang harus dilakukan agar cantik memesona?..

Jaga dan rawatlah ”outer beauty”

    Outer beauty lebih dikenal dengan kecantikan fisik yang pada hakikatnya adalah sebuah anugerah Tuhan. Allah SWT. menciptakan manusia dengan sempurna dan keistimewaan masing-masing. Allah menciptakan manusia dengan seindah-indahnya. Sebagaimana dalam surat Attin (95:4) yang artinya “ sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang seindah-indahnya”.

    Penampilan fisik sangat erat dengan rasa percaya diri. Saat kita berpenampilan rapi, bersih dan cantik pasti akan lebih baik daripada kucel dan kotor. Alangkah baiknya jika kita selalu tampil cantik. Apalagi saat kita harus berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi ataupun saat menghadiri berbagai acara. Bayangkan saja,  seandainya kita harus melakukan presentasi didepan public dan kita belum mandi atau  baju kotor. Sudah tentu rasa percaya diri akan turun saat menghadapi ada banyak mata yang melihat ke arah kita.

    Sebenarnya secara fisik kita sudah indah.. sudah cantik.. namun agar tetap terjaga kecantikan itu maka perlu dilakukan perawatan secara fisik agar tetap bugar dan cantik. Apa yang harus dilakukan?..

Olah raga

    Melakukan berbagai exercise, seperti erobik, yoga dan olah raga lainnya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Setiap latihan yang dilakukan secara rutin dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Olah raga juga dapat menjaga kesehatan dan keindahan kulit, sehingga kita akan tetap cantik.

Mengatur pola makan

    Makan teratur dengan gizi seimbang sangat baik untuk kesehatan kita. Konsumsi berbagai makanan sebaiknya sesuai dengan kalori yang dibutuhkan tubuh. Menghindari makanan instan atau cepat saji sangat baik dalam menjaga kesehatan. Protein yang cukup sangat baik untuk pertumbuhan dan pergantian sel-sel tubuh yang telah rusak dan mati. Sayur dan buah yang cukup jangan dilupakan agar kulit tetap cantik dan berat badan selalu ideal. Makanan berkalsium cukup seperti susu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang untuk bekal di usia senja.

Hindari Rokok dan Alkohol

    Jangan merokok atau berhentilah merokok kerana merokok hanya membuat kulit anda menjadi tidak segar selain memancing sakit jantung dan paru-paru.

Hindari alkohol kerana jumlah yang berlebihan akan merusak sel-sel, gen dan mendorong terjadinnya radang hati serta mencepatkan kerapuhan tulang.

Tidur yang cukup

    Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan kita sebab ketika tidur itulah tubuh akan berkerja memperbaiki sel-sel selain merehatkan jantung. Dengan tidur cukup kita terhindar dari rasa kantuk dan lelah saat belajar dan bekerja, Sehingga kita dapat hidup lebih cerdas sepanjang hari.  Jika anda mengalami kesulitan tidur malam, apakata… coba minum segelas susu terlebih dahulu sebelum masuk tidur.

Merawat wajah dan tubuh

    Membersihkan tubuh dengan mandi minimal 2 kali sehari wajib dilakukan agar kesehatan dan kecantikan terjaga. Selain itu juga menggunakan perawatan wajah secara teratur sebaiknya dilakukan agar tetap cantik. Misalnya rutinkan menggunakan sunblock di saat terkena paparan matahari. Namun perlu diingat juga, menjadi cantik bukan suatu obsesi sehingga kita akan melakukan berbagai cara apalagi dapat membahayakan kesehatan kita. Misalkan suntik silicon di hidung agar mancung, atau operasi plastic agar berwajah seperti Barbie. Hehe…

    Jadi apakah itu harus cantik secara fisik itu #memesona? Pastinya… karena kita adalah manusia yang sudah diciptakan dengan seindah-indahnya oleh Allah SWT, maka… syukuri dengan selalu merawat dan menjaga “outer beauty”. Namun apakah cukup hanya dengan kecantikan fisik saja?... Tentunya tidak… karena apalah arti kecantikan fisik jika kita tidak punya kepribadian yang baik atau “inner beauty”.

Perhatikan  Kecantikan batin atau “inner beauty”

    "Inner beauty" merupakan pancaran kecantikan dari dalam diri seseorang. Pancaran kuat inilah yang menyebabkan seseorang tampil begitu memesona.  Kecantikan dari dalam inilah kecantikan yang hakiki. Kecantikan batin ini akan muncul dengan adanya ketulusan hati, rasa ikhlas, rasa syukur kasih sayang dan sikap positif inilahyang memancarkan aura positif yang tidak kalah dengan kecantikan fisik.

    Ada berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan kecantikan batin kita. Berbagai kegiatan ibadah yang dilakukan seseorang akan meningkatkan iman dan ketaqwaan. Menerima segala hal dalam kehidupan kita secara ikhlas merupakan bentuk rasa syukur yang dapat menjauhkan kita dari sifat negatif dan menumbuhkan sikap positif. Syukur atas segala yang kita alami dan miliki dapat menjauhkan diri dari rasa putus asa. Rasa kasih sayang yang tulus pada orang-orang disekitar kita dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga memunculkan semangat. Meningkatkan kebijaksanaan atas berbagai masalah kehidupan akan mengurangi rasa cemas dan takut sehingga menumbuhkan keyakinan diri untuk menyelesaikan masalah.

    Memupuk kecerdasan berpikir dengan pendidikan dan belajar juga dapat menumbuhkan  rasa percaya diri sehingga kita dapat mudah dalam bergaul di masyarakat. Sifat-sifat positif inilah yang sangat diperlukan untuk meningkatkan inner beauty setiap orang. Kecantikan fisik tanpa kecantikan batin seperti buah ranum yang tidak manis rasanya atau bahkan busuk didalam.

Jadi… #memesonaitu harus cantik lahir dan batin.

2.    # Memesona itu berakhlaq baik

    Jiwa yang memesona tidak harus berwajah cantik tapi pasti berakhlaq baik. Siapa saja akan bahagia dan damai bersama mereka yang berakhlaq baik. Setiap kesejukkan akan terpancar dari tatapan mata dan tutur kata yang damai. Sikap baik pasti didasari jiwa yang baik. Untuk menjaga agar kita tetap berakhlaq baik  sebaiknya berusaha menjaga ibadah kepaada Tuhan dan menjaga setiap hubungan dengan orang baik. Amal ibadah adalah benteng kebaikan karena disana kita punya aturan benar dan salah yang hakiki sebagai kontrol perbuatan kita.     Menjaga hubungan sosial dengan orang berakhlaq baik juga dapat meningkatkan akhlaq yang baik. Karena kahidupan sosial atau bermasyarakat dapat mempengarui sikap seseorang meski ini tidak secara menyeluruh.  Namun bukan berarti pilih-pilih dalam bergaul. Namun orang baik akan membuat kita belajar berbuat baik. Dengan demikian sebisa mungkin kita dapat mengajak orang lain berbuat baik juga. Akhlaq yang baik akan menimbulkan rasa kasih dari masyarakat. Setiap orang yang berakhlaq baik pasti banyak dirindukan orang kehadirannya. Nahh! Bukankah wajah cantik akan lebih #memesona jika berakhlak baik?...

3.     #Memesona itu Pintar

    Pendidikan yang baik dapat membuat orang menjadi pintar. Tapi keinginan untuk belajar dari dalam hati kitalah yang justru membuat kita pintar. Karena belajar tidak harus duduk di bangku sekolah resmi saja, tapi juga dapat dilakukan dimana saja kita mau. Belajar bukan hanya mengerjakan soal-soal latihan atau membaca buku-buku tebal tapi mendengarkan berbagai cerita dan pengalaman hidup seseorang juga disebut belajar. Serap berbagai ilmu yang ada sebisa mungkin baik itu dari lingkungan, sekolah resmi, atau media informasi disekitar kita.

    Hidup dengan wawasan luas pasti lebih menyenangkan. Karena kita dapat bergaul dengan siapa saja tanpa rasa malu dan minder. Lantas … Menjadi pintar adalah target. Bagaimana pendapat anda??? Bukankah orang pintar itu #memesona? Apalah arti sebuah kecantikan jika kita tidak pintar dan berpengetahuan sempit? Maka dari itu jangan pernah berhenti belajar karena untuk menjadi pintar kita harus belajar. Untuk bisa #memesona kita harus pintar.

4.     #Memesona itu  punya keahlian

    Skill atau keterampilan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dibidang tertentu. Dengan keahlian kita dapat menciptakan usaha atau suatu pekerjaan untuk diri kita sendiri atau bersama orang lain. Punya pekerjaan  akan membuat kitalebih berarti karena dapat lebih bermanfaat bagi keluarga atau orang lain.  Skill dapat membuat kita menjadi lebih mandiri, kita dapat menghasilkan nilai finansial yang dapat meningkatkan kesejahteraan kita.

    Setiap orang pasti punya keahlian yang bisa dikembangkan. Semua itu dapat diawali dari hobi yang ditekuni sehingga menjadi keterampilan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Maka dari itu.. ayo kita tingkatkan berbagai keahlian sesuai dengan hobi masing-masing, kita bisa memasak, menulis, menjahit, berkebun, dan lain sebagainya.

    Dengan keahlian, kita dapat lebih meningkatkan kebermanfaatan diri untuk kita sendiri atau orang lain. Bukankah sangat membanggakan menjadi pribadi berkeahlian yang dapat meningkatkan kualitas hidup secara pribadi dan masyarakat?

Jadi… tekuni keahlian dan tingkatkan kualitas diri agar dapat hidup lebih bermanfaat bagi diri pribadi dan bagi orang lain. Jadi… memesona bukan saat kita punya keahlian?...

#Memesonaitu tidak Cuma berwajah cantik, bertubuh ideal tapi juga harus berakhlaq baik, pintar dan punya keahlian…

Semoga bermanfaat…

Wassalam,

Yuli Ratna Ningsih is a teaher, wife and happy mother

#memesonaitu…