#MemesonaItu Saat Kita Mampu Menjadi Nahkoda bagi Diri Kita Sendri

by dyah susanti / 07 April 2017

Dilahirkan sebagai seorang wanita merupakan suatu hal yang begitu luar biasa bagi kita semua. Wanita  adalah seindah-indahnya perhiasan di dunia ini. Tumbuh dan berkembang sebagai seorang individu dengan hati yang lembut, jiwa yang teduh, paras nan cantik dan naluri menjadi seorang ibu adalah ciri kita sebagai “wanita” yang menakjubkan. Tuhan begitu perkasa menciptakan keindahan seorang wanita. Tidak ada satupun dalam diri seorang wanita yang-tidak-bermakna, hanya keindahan dan kesempurnaan yang terlihat dari diri setiap wanita.


Namun, seringkali kita merasa tidak bangga, merasa rendah hati dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang diri kita miliki sebagai “wanita”. Setiap wanita memiliki keindahannya masing-masing. Keindahan yang unik, menarik dan memesona bagi setiap mata yang melihat. Jangan pernah merasa khawatir dengan setiap sudut dirimu yang selalu kau rasa kurang baik, kurang menarik ataupun kurang sempurna, karena menjadi wanita yang memesona itu bukan semata kecantikan jasmani yang hanya terlihat saat mata memandang, tapi wanita yang memesona itu adalah wanita yang mampu, mampu menjadi pengendali dirinya, pemimpin jiwanya dan petunjuk bagi hidupnya kelak.


Aku bersyukur terlahir menjadi seorang wanita yang sempurna. Bukan… bukan karena aku cantik bak selebriti, bukan karena tubuhku yang aduhai bak supermodel dunia, tapi karena aku mampu menjadi diriku sendiri, menjadi nahkoda bagi hidupku, menjadi pemimpin bagi jiwaku. Definisi memesona bagiku adalah kita “wanita” yang mau meniti jalan setapak demi setapak untuk menjadi sesorang wanita yang berguna. Seperti yang kusibukkan selama 20 tahun ini, berusaha belajar dengan giat dan menggali setiap potensi diri yang kumiliki, hingga aku bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik.


Mempesona itu juga saat kita, dengan segala kemampuan kita mampu membuat orang-orang yang kita sayangi tersenyum bangga karena hasil kerja keras kita serta kemampuan yang kita miliki dapat bermanfaat bagi orang lain. Kemudian bagaimana caranya agar mulai dari sekarang kita bisa memesona dengan menjadi nahkoda bagi diri kita sendiri ?


1.    Bersyukur


Segala hal yang telah susah payah kita kerjakan dan upayakan hanya akan menjadi sia-sia jika hati kecil kita masih mengeluh dengan berbagai kekurangan yang ada dalam diri kita sendiri. Bersyukur adalah kuci utama bagi kita untuk bisa menghargai setiap usaha dan kerja keras yang telah kita lalui. Jadi, ayo coba berdamai dan bersyukur dengan diri sendiri, karena saat kita mau bersyukur kita sudah menghargai diri kita dan akan menjadi diri kita sendiri.


2.    Do it!

Yaa… do it! Malas-malasan, mengeluh, leha-leha hanya akan menghambat kita untuk meng-aktualisasikan diri kita. Bagaimana mungkin potensi yang diberi Tuhan akan tiba-tiba datang kalau yang kita lakukan hanya bermalas-malasan tanpa melakukan sesuatu?

Ayo cobalah! Lakukan setiap hal yang menarik bagimu, tentunya hal yang positif yang jika kamu kembangkan bisa menjadi potensi yang berguna bagi hidupmu kelak. Menulis, menyanyi, melukis, drama, apapun itu… tidak melulu soal potensi akademik yang akan menguras pikiran, kegiatan-kegiatan yang didominasi otak kanan adalah potensi yang menyenangkan menurutku untuk menjadi wanita yang lebih memesona!


3    Menjadi Wanita yang Berpengaruh


Menjadi suatu kebanggaan tersendiri jika apa yang telah kita lakukan bisa berpengaruh baik bagi diri kita atau lingkungan kita, optimis jika setiap perubahan atau kemajuan kecil yang berani kita lakukan menuju ke arah lebih baik akan bisa mempengaruhi orang lain dan menjadi suatu perubahan besar.

Seperti pengalamanku yang berusaha untuk membuat suatu perubahan dengan berusaha untuk mewujudkan suatu hal yang berguna bagi teman-teman sejawatku dan kampusku, meski harus bekerja lebih keras serta menyita lebih banyak waktu dan energi, namun menjadi suatu kebanggaan bagi diri sendiri saat berbagai pujian dan gemuruh tepuk tangan bergema sebagai tanda apresiasi bagi usaha kita.


4.      4. Jaga kesehatan!

Kesehatan disini adalah kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani meliputi jasmani diri kita agar terhindar dari segala penyakit serta menjaga tampilan diri kita agar selalu terlihat fit and fresh, tak bisa dipungkiri jika tampilan fisik akan meningkatkan kepercayaan diri kita dalam menjalankan setiap aktivitas. Sementara kesehatan rohani adalah berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan sosial kita, kepribadian kita serta hubungan kita dengan Tuhan kita. Menjaga kesehatan adalah syarat mutlak bagi kita untuk tetap memesona, karena segala hal yang coba kita lakukan tidak akan maksimal jika diri kita sendiri tidak dalam kondisi yang maksimal.


5.      5. Produktif

Ketika kita sudah mulai bisa menahkodai diri kita, cobalah untuk terus berjalan maju. Namun dalam setiap pejalanan yang kita tempuh tentu tidak lepas dengan berbagai hambatan dan rintangan, bisa jadi kita kehilangan kendali dan terombang-ambing dengan arus negativ yang ada dilingkungan kita, atau bahkan arus negatif yang datang dari dalam diri kita, salah satunya rasa malas yang tak henti-hentinya datang menerpa seperti badai besar ditengah lautan. Oleh karena itu, kita harus tetap berlatih, berusaha dan jangan pernah berhenti menggali potensi diri. Produktif adalah kuncinya. Jangan pernah lengah!


Semangat kita ibarat api yang berkobar, sebagai wanita yang memesona kita harus memiliki semngat itu. Semangat untuk menjadi individu yang cerdas, berprestasi dan berpotensi karena ada tugas besar yang bagi kita “wanita” kelak. Tugas besar menjadi ibu dari anak-anak kita. Kita harus bersyukur terlahir menjadi seorang wanita di era modern ini, karena kesempatan terbuka lebar bagi kita untuk maju, berkembang dan menjadi luar biasa. Menjadi wanita tidak selalu soal tampil cantik dan memikat setiap mata  memandang, tapi menjadi wanita yang #MemesonaItu adalah menjadi wanita yang mampu menjadi nahkoda bagi hidupnya sehingga dirinya menjadi wanita yang berprestasi, tangguh dan bisa membuat orang disekitarnya tersenyum bangga!

#MemesonaItu Kamu, wanita !